Pempek Adaan Ikan Belanak

resep pempek adaan ikan belanak
Wuih, jadi juga pempek adaan ikan belanak ini, tadi sempat ragu mau coba buat pempek ini dari ikan belanak, secara belum pernah makan dan belum pernah masak ikan belanak sama sekali. Padahal ada juga stok ikan tenggiri tetapi penasaran dengan ucapan penjual tentang ikan belanak ini.

Nah ceritanya tadi pagi iseng ke pasar agak jauhan dari rumah, nah memang di pasar ini, ikan yang dijual kualitasnya lebih bagus dari pada ikan di pasar dekat rumah, tentu dengan harga yang lebih mahal, tetapi memang ada harga ada barang ya...dan yang saya suka di pasar ini (sebutannya pasar Penuin) jenis ikannya beragam, bisa lihat beraneka ikan aneh yang belum pernah saya tahu dan belum pernah saya masak. Selain itu di pasar ini, kalau kita membeli ikan, penjualnya pasti akan membersihkan ikan itu dengan sangat bersih dan tidak asal-asalan.

Penjual akan tanya bagaimana ikan mau dipotong setelah dibersihkan, hmmm benar-benar pelayanan yang memuaskan menurut saya, yang saya tidak temui di pasar-pasar lain. Nah jadinya lapar mata terhadap ikan, semua rasanya ingin dibeli. Tapi yang standar dibeli biasanya ikan tongkol putih dan ikan tenggiri. Eh ketika beli ikan tenggiri penjualnya menawari saya ikan belanak. Hmmm memang pernah lihat ikan ini di tv, acaranya Taste with Jason-axian. 

Penjualnya langsung promosi, enak lho ikan belanak ini, dagingnya manis gurih..saya tanya enaknya dimasak apa, dia bilang enak tuh dimasak asam pedas...hmmm boleh juga, jadi tadi beli ikannya 2 ekor ukuran lumayan besar. Dan ternyata mahal juga lho harganya, 60 ribu rupiah per kg. Kalau tenggiri harganya 80 ribu per kilo.  Waduh kenapa mahal semua ya ikan-ikan ini. Eh ketika sedang menunggu ikannya dibersihkan penjual satunya menunjukkan saya ikan kerapu merah, dan dia bilang kalau harganya sekilo 300 ribu. Ha...saya melongo..semahal itukah ikan kerapu merah itu? 
Kembali lagi sih penjual promo tentang ikan kerapu merah ini, enak lho ikan ini (dalam hati saya, ya iyalah enak, harganya saja 300rb), nah jadi dia timbang satu ekor ikan kerapunya, 1 ekor 500gr, dia bilang jadi 1 ekor ini 150 ribu. He he he...lantas saya tanya, dimasak apa tuh ikannya? penjualnya bilang biasanya dimasak steam, ini enak sekali kalau disteam. Dan ini bisa buat anak cerdas lho, makanya ada saja orang yang cari, begitu katanya.

Ya memang ikan kerapu ini pastinya susah ditangkap dan jarang kali ya makanya harganya bisa gila-gila-an menurut saya. Ingat dulu teman saya orang Chinese Melayu bilang kalau dia cari ikan karang ya mesti di pasar Penuin ini. Hmmm dulu bingung, apaan tuh ikan karang? oalah..ternyata ikan karang itu ikan yang hidupnya di karang-karang laut begitu, ya salah satunya ikan kerapu ini.
Nah di penjual ikan sebelah ada juga yang jual ikan hiu, bapaknya Sophie sempat foto ikan hiunya, nah ketika saya minta dia tolong foto ikan belanak, saya pikir sudah bagus ya hasilnya, tetapi, alamak ketika saya lihat tadi, saya protes kok tidak jelas sih gambarnya... Hmmm memang tidak jelas ya, tetapi kalau saya bilang ikan belanak itu mirip-mirip ikan bandeng, tetapi dagingnya putih mirip kakap dan ketika dibuat pempek adaan begini ya enak juga kok...penasaran mencoba memasak ikan belanak asam pedas. Padahal asam pedas ikan tongkol sudah juara menurut saya, he he he...
contoh ikan belanak
ikan belanak
ikan kerapu merah
ikan kerapu merah
ikan hiu batam
ikan hiu
Oh iya, untuk resep pempek adaan ini, saya gunakan resep milik mba Nova- dapurbunda - resep pempek adaan khas Palembang. Dan ternyata saya baru tahu kalau mba Nova ini juga berdomisili di Batam, wah ketemu lagi deh food blogger asal Batam, yippii...terima kasih resepnya ya mba...

Dari segi penampilan memang pempek adaan yang saya buat tidak bisa bulat-bulat cantik ya, beda teknik, beda hasil, kalau menggunakan scoop es krim seperti yang dilakukan mba Nova, hasilnya lebih bulat, atau jika mau seperti membuat bakso, adonan dikepalkan dan dikeluarkan dari antara ibu jari dan telunjuk. Tetapi saya hanya menggunakan 2 buah sendok, memang tidak bulat bagus, tetapi lumayanlah kalau untuk konsumsi sendiri, he he he..

Resep ini agak beda-beda tipis dengan resep pempek adaan udang yang penah saya buat, namun hasilnya lembut di dalam dan garing di luar, hmmm lumayan untuk pempek adaan buatan sendiri. Yang mau coba resepnya, ini dia ya....saya gunakan setengah resep di bawah ini. 

Pempek Adaan khas Palembang
Bahan :
  • 500 gr daging ikan giling, bisa kakap/tenggiri/gabus (saya gunakan ikan belanak, ambil dagingnya dan haluskan dengan chopper)
  • 350 ml santan dingin (saya gunakan santan instan 65ml+air hingga menjadi 150ml)
  • 250 gr tepung sagu tani
  • 1 butir telur (saya gunakan 1 butir telur karena santan saya pakai hanya 150ml)
  • 50 gr bawang merah, iris halus
  • 2 sendok makan bawang goreng
  • 1 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • minyak goreng secukupnya 

Cara membuat :
  1. Campur daging ikan giling dengan santan, aduk rata dengan tangan (saya gunakan sendok saja)
  2. Masukkan telur, garam dan merica bubuk, aduk rata kembali
  3. Tambahkan tepung sagu tani, bawang goreng dan bawang merah iris, aduk rata
  4. Cicipi rasanya dengan menggoreng sedikit adonan
  5. Bentuk bulat adonan bisa dengan scoop es krim, metode membuat bakso atau gunakan 2 buah sendok seperti yang saya lakukan
    resep pempek ikan belanak
    adonan pempek adaan
  6. Goreng dalam minyak yang cukup banyak yang sudah dipanaskan sebelumnya, gunakan api sedang, goreng hingga garing, kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan
  7. Sajikan dengan cuko

Untuk membuat cuko, saya gunakan resep cuko yang biasa saya buat, bisa lihat di resep pempek godo-godo khas Palembang, hanya kali ini dengan sedikit modifikasi, bawang putih saya tambahkan, cabai rawit yang saya gunakan adalah cabai rawit merah. Dan tetap ya, gula merahnya gula merah biasa, bukan gula aren ataupun gula batok khas Palembang yang bisa membuat cuko pempek menjadi pekat.

pempek adaan ikan belanak
pempek adaan
Nah semoga resep pempek adaan khas Palembang dengan ikan belanak ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera ya....






NewerStories OlderStories Home

10 comments:

  1. slruuphhh....bikin ngiler. Pempek gitu loh

    ReplyDelete
    Replies
    1. he eh mba...pempek selalu buat ngiler ya...apalagi kalau makannya dengan cuko yang pedas mantap...he he he

      Delete
  2. Mba Mon, kebetulan minggu lalu nyoba beli ikan belanak dan kebetulan lg pgn mpek2 adaan. Mau tanya mba, ikan belanak bnyk duri ya? Sulit ya ngambil daging filletnya klo bnyk duri. Separo resep jadi bnyk ga ya mba? Thanks *hera

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga banyak duri kok ikan belanak mba Hera, ngambil filletnya juga gampang
      Dia ada duri di bagian tengah aja setelah difillet, kayak ikan tongkol dan ikan peda gitu sama, di tengahnya harus dicabutin durinya, ga banyak kok durinya, tenang aja...
      separo resep lumayan banyak kok, cukup kenyanglah he he he...

      Delete
  3. Mba, sedep yg versi ikan belanak atau versi mpek2 udang nih mba? Hihi msh blm dieksekusi nih. Ada resep cuko yg mantap ga mba? Thanks mba Mon..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dr tekstur sih lebih enak adaan ikan belanak, yg adaan udang sedikit lebih kenyal... kalau rasa sih sama enaknya, he2..eits tapi itu selera lho ya..
      kalau resep cuko mantap itu tergantung gula merahnya...pk gula merah batok atau pk gula aren, hasilnya beda dengan gula merah biasa
      gitu mba Hera...tapi memang resep cuko juga cocok2an euy...kudu coba beberapa n pasnya dimn.. tapi menurutku ya itu..tetep beda gula merah beda rasa...

      Delete
  4. Mbaa... aku bikin dan sukses gagal kynya hahaa.. dimakannya gmn gt ya.. spt mkn wingko babat 😂 apa salah di tepung sagunya ya. Klo boleh tau mba Mon pk merk apa ya? Aku pk tapioka merk merbabu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakakak..masa kyk wingko babat...hmmmm kenapa ya...sagu tani merbabu harusnya sih bagus, oh mungkin terlalu lama mengaduknya, wah hrsnya sih teksturnya kyk pempek adaan mba Hera...
      oh iya maaf ya lama reply, ini koneksi internet rada2 neh...

      Delete
  5. Udh 3x bikin mpek2 gagal teruss nih hiks hikss.. bingung salah dimana ya 😭 pdhl ikannya trasa bgt dimulut. Tp ko ya rasanya aneh dan ga enk gt ga kenyal2 dan spt adonan kurang matang. Sampe sebagian adonan aku coba kukus dulu baru goreng. Tp ya ttp lembek2 gmn gt...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau aku mba sudah entah berapa kali buat pempek gagal, padahal sudah plek ikut resep...nah memang sih buat pempek itu gampang2 susah...
      atau mba Hera cari resep pempek yang pake biang tepung terigu, nah menurutku pempek ini lebih mirip teksturnya dengan yang dijual di palembang
      dulu aku pernah eksperimen, sampai dapet komposisi yang menurutku pas, ealah apes catet di hp, hpnya rusak ga bs buka lg tuh catetan..mau coba lagi buat tapi belum mood juga...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.