Asinan Bengkuang (Bengkoang)

asinan bengkoang bengkuang

Nah kalau bicara asinan, maka asinan bengkuang ini memang mudah dibuat lho, dan bahannya sederhana saja. Pada dasarnya mirip ya dengan asinan bogor gedung dalam yang pernah saya posting sebelumnya. Tetap tidak pakai cuka, hanya pakai jeruk calamansi/jeruk limau saja. 

Cuaca panas begini memang enak menyantap yang segar-segar begini, simpan dulu di kulkas hingga dingin baru deh disantap. Nah untuk pengerjaannya, cabai yang sudah dihaluskan bersama air bisa disaring dulu kalau mau kuah asinannya bebas cabai seperti tampak pada gambar.

Sesuaikan jumlah cabai yang digunakan menurut selera masing-masing ya, kalau untuk takaran resep dan menurut selera saya, memang di awal tidak terlalu pedas, tetapi begitu sudah semalaman di kulkas kok rasanya makin pedas ya, mungkin karena sudah meresap pedasnya ya.

Ternyata menggunakan bengkoang saja, asinan ini cukup enak, apalagi memang bengkoang termasuk buah favorit saya kalau olahan buah seperti rujak dan asinan. Yang tertarik dengan asinan sayuran bisa juga kok, enak juga, segar, asam, manis, pedas.

Bagi yang belum tahu, ada nih asinan pepaya mengkal yang juga segar, asinan khas dari Manado yang disebut dengan gohu. Asinan ini juga segar lho apalagi ada aroma jahenya juga. Yang mau lihat resepnya ini dia ya, gohu-asinan pepaya khas Manado.

Okey deh berikut resep asinan bengkuang ini ya, silakan...

Asinan Bengkuang (Bengkoang)

Bahan :
  • 750 gr bengkuang
  • 500 ml air
  • 1/2 cup gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 5 buah cabai merah keriting
  • 3 butir cabai rawit merah
  • 3 buah jeruk limau/calamansi

Cara membuat :
  1. Kupas, cuci bersih dan potong bengkuang sesuai selera
  2. Haluskan cabai merah dan cabai rawit (saya gunakan blender dengan sedikit air)
  3. Masak air, gula dan cabai yang dihaluskan, masak hingga air mendidih dan gula larut
  4. Tambahkan garam, aduk rata, cicipi rasanya, jika suka manis bisa tambahkan lagi gula
  5. Sesaat sebelum diangkat, beri perasan air jeruk limau, aduk rata
  6. Tuangkan ke dalam mangkuk berisi potongan bengkuang, aduk rata, diamkan hingga dingin
  7. Masukkan ke dalam kulkas, sajikan dingin

Silakan mencoba resep asinan bengkuang/bengkoang ini ya, semoga cocok dengan selera ya...terima kasih atas kunjungan pembaca yang manis ke blog saya ini ...






NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. tetanggaku depan rumah jual asinan buah juga. Laris bukan kepalang. Cuma aku kurang demen. Lebih doyan asinan sayur. Tapi anakku doyan bingit. Aku juga lebih suka rujak buah hihi...entah ini seleraku yang lebih menyukai sambel rujak kali ya daripada kuah asinan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalau aku mah tos dengan anak mba Rina aja he he he...lebih suka kuah asinan dibanding sambel rujak, walaupun dua2nya suka
      kalau di Batam belum pernah lihat yang jual asinan ala-ala asinan bogor mba...
      pernah pikir mau jual asinan ha ha ha..tapi sudah keder duluan apa laku ya....

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.