Kangkung Belacan dengan Teri & Tahu Pong

resep kangkung belacan teri

Kangkung terasi atau kangkung belacan begini memang enak sekali deh, walaupun menu sederhana dengan resep sangat mudah, tetapi tetap ya membuat selera makan berlipat, he he he... Nah apalagi kalau dibuat pedas dan dicampur teri dan tahu pong. Bagi saya yang penyuka tahu dan teri, duh...sepiring nasi hangat porsi besar lewat mang... tanpa perlu tambahan lauk pauk lain lagi.

Kadang saya suka ngiler dengan menu di kedai nasi campur yang ada tumis kangkung yang warnanya kemerahan, duh walaupun cuma kangkung rasanya kok belum puas kalau tidak memasukkan kangkung tersebut ke samping nasi pilihan, he he he..

Sudah beberapa hari lalu ingin makan kangkung belacan atau terasi ini, nah akhirnya beli deh satu ikat kangkung, tetapi sampai rumah malah malas melanda, akhirnya ngendon dulu di kulkas, baru hari ini deh memaksakan diri mengolah kangkungnya, di mana kondisi kangkung tidak sebagus ketika beli, jadi dipilih-pilih daun yang bagus, alhasil tidak banyak yang didapat.

Tadinya mau ke pasar lagi, ai ai..masa ke pasar beli kangkung saja, sudahlah tidak masalah pakai yang ini saja walaupun sedikit, tidak masalah lah...

Kangkung belacan ini memang jenis masakan yang cukup populer ya, pas memang rasanya menyandingkan kangkung dengan belacan. Nah sebenarnya suka-suka sih mau pakai bumbu apa, selama ada belacannya ya tetap namanya kangkung belacan.

Kalau saya sih selain kangkung belacan versi merah, saya suka juga membuatnya hanya dengan bumbu bawang putih, cabai rawit hijau dan tentunya belacan. Duh rasanya yang ini juga tidak kalah enak, apalagi kalau dibuat super pedas.

Wah kalau ingat kangkung belacan yang versi ini, bisa lihat di kangkung belacan, dulu waktu belum menikah, saya pernah masak kangkung belacan ini dengan cabai rawit hijau yang aduhai, nah kebetulan ada adik rekan kerja saya, 2 orang waktu itu, suka sekali main ke rumah.

Yang kecil waktu itu usia 3 tahun, hmmm karena sibuk ya, saya biarkan saja mereka main, ealah ketika saya sedang menumis bumbu yang pedas tentu saja, eh si kecil ini tiba-tiba ada di samping saya, karena kaget, entah bagaimana itu bumbu mencelat, terpercik ke mata si kecil. 

Duh meraunglah si kecil ini, bingung saya, cepat-cepat matikan kompor dan langsung ambil dia bawa ke kamar mandi, bilas wajahnya, dan matanya...tetapi tetap menangis deh dia....haduh kasihan sekali deh...tetapi akhirnya karena cepat dibilas kali ya, tidak berapa lama kemudian dia berhenti menangis, dan untungnya matanya tidak kenapa-kenapa.

Lha kalau emaknya dan rekan kerja saya ini tahu bisa berabe donk saya, he he he...untunglah nih si kecil memang tahan banting, jadi tidak lama dia menangis, dah akhirnya dia ceria kembali. Dan saya tanya matanya bagaimana, dia bilang sudah tidak sakit lagi, ah lega...

Wanti-wanti mereka berdua jangan ke dapur dulu, pesan ke si kakak main di depan saja dulu, buru-buru deh saya melanjutkan tumisan kangkung belacan saya, cepat-cepat dan waspada kalau mereka ke dapur lagi. Akhirnya selesai juga kangkung belacan bertragedi itu.

Okey deh sekarang kita lihat resep kangkung belacan/ kangkung terasi dengan teri dan tahu pong ini ya, ini dia..silakan...

Kangkung Belacan dengan Teri & Tahu Pong

Bahan :
  • 1 ikat kangkung, petiki, cuci bersih
  • 50 gr teri, goreng garing
  • 6 buah tahu pong, bagi 4 masing-masing
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/2 sendok makan saus tiram 
  • 1 buah tomat ukuran kecil, iris kasar
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu halus :
  • 5 buah cabai merah keriting
  • 8 butir cabai rawit merah
  • 4 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 buah tomat ukuran kecil
  • 2 sachet terasi

 Cara membuat :
  1. Tumis bumbu halus hingga harum, tidak langu dan kering, masukkan tahu dan tomat, aduk rata
  2. Tambahkan kangkung, aduk, beri garam dan saus tiram, aduk rata
  3. Masak hingga kangkung layu tetapi masih kriuk, cicipi rasanya
  4. Sesaat sebelum diangkat masukkan teri goreng, sisakan sedikit untuk taburan
  5. Siap dinikmati dengan nasi hangat

resep kangkung terasi tahu teri
kangkung belacang / kangkung terasi

Nah semoga resep kali ini, resep kangkung terasi dengan teri dan tahu pong bisa bermanfaat ya, siapa tahu mau mencoba resep ini juga... kalau begitu semoga cocok ya...
silakan mencoba...happy cooking....
NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. emhh dari penampakannya udah sedap nian ini teh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. he eh teh asli sedap ini, apalagi rasa terasinya itu mantap, he he he

      Delete
  2. makan bareng nasi anget wuiihhh....paling sedep deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju mba, nasi anget yang banyakan, ha ha ha...

      Delete
  3. Wah selain kangkung di jadikan Plecing kangkung, ada juga tow kangkung terasi/belacan. Enak menggoda kelihatannya, tapi bikin ngantuk nggak yaw? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Anis, kangkung belacan merupakan olahan kangkung lainnya yang nikmat..
      terima kasih ya sudah berkunjung...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.