Kangkung Belacan (Tumis Kangkung Terasi)

resep kangkung belacan
Kangkung Belacan
Kangkung belacan (tumis kangkung terasi) adalah salah satu sayuran favorit saya nih... Nah rasanya kalau kita tinggal di Indonesia pasti kenal ya dengan yang namanya belacan atau terasi. Sebenarnya saya kenal dengan istilah belacan sejak tinggal di Batam. Sebelumnya hanya tahu ya terasi..dan tentu saja calok..istilah terasi di Palembang dan kalau bahasa Inggrisnya Shrimp Paste.

Nah kalau di Palembang itu kalau dibilang yang terkenal ya terasi dari Bangka. Wuih pokoknya nih kalau terasi Bangka itu pastinya enak sekali. Ha ha ha tidak tahu juga ya..hanya saja nih ingat dulu Bapak saya kalau ada tugas ke Bangka pastinya selalu pulang dengan membawa terasi. Bentuknya kotak dengan ukuran kira-kira 20x10x4 cm (seingat saya). Ya pastinya tidak hanya 1 buah yang dibawa..bisa 5 - 10 buah. Seingat saya juga ini terasi teksturnya agak kasar..ya mungkin karena udangnya tidak begitu halus digiling ya.. mungkin supaya lebih enak kali ya.

Dulu waktu saya kecil belum ada terasi sachet seperti sekarang ini, baik yang merek paling terkenal misalnya ABC (favorit saya) atau juga Mamasuka, dll merk yang saya tidak ingat. Saya ingat sekali nih kalau di Palembang itu di pasar tradisionalnya ada khusus pedagang terasi. Nah terasi-terasi tersebut ditempatkan dalam kantong plastik ukuran besar dengan harga bervariasi. Kalau ada pembeli yang akan membeli ya tinggal seberapa banyak yang mau dibeli, baru deh dipotong kemudian ditimbang sesuai dengan keinginan pembeli. Tetapi nih waktu pulang ke Palembang beberapa minggu lalu, walaupun sempat ke pasar tradisional tetapi tidak sempat memperhatikan penjual terasi di sana.
Nah kembali ke kangkung belacan, di Batam menu kangkung belacan menjadi salah satu menu sayuran yang suka ada di resto-resto seafood, selain capcay pastinya. Walaupun sederhana tetapi dengan cita rasa terasi menjadikan kangkung belacan (tumis kangkung terasi) in tetap nikmat. Nah resep kangkung belacan kali ini berdasarkan kira-kira saja saya buat. Tetapi sudah sering sekali saya buat, jadi sampai hafal dengan resepnya. Ya iyalah..secara mudah sekali. 

Seperti biasa, cita rasa masakan saya yaitu pedas. Jadi di resep kangkung belacan saya ini saya gunakan cabai rawit yang lumayan banyak. Bumbu yang saya gunakan hanya bawang putih, cabai rawit, terasi, tomat dan garam. Jadi mudah sekali dibuat ya. Nah kadang-kadang saya mencampur kangkung juga dengan tauge. Hanya saja rasanya jadi sedikit berbeda, tetap saja yang tanpa campuran tauge menjadi favorit saya. Nah karena penggunaan terasi dan tomat maka menurut saya tidak perlu penambahan gula atau pun kaldu bubuk. Tetapi bagi yang merasa kurang tanpa bahan ini silakan tambahkan sesuai selera ya.

Ok deh, tanpa berlama-lama lagi berikut resepnya ya..

Kangkung Belacan (Tumis Kangkung Terasi)

Bahan :
  • 1 ikat kangkung (kira-kira kalau ditimbang berat 500 gr termasuk akar), kemudian dipetik
  • 6 siung bawang putih
  • 2 buah tomat ukuran sedang, masing-masing belah 8
  • 30 buah cabai rawit
  • 3 sachet terasi
  • garam secukupnya, sesuaikan dengan terasi yang sedikit asin
  • air secukupnya
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis
Cara membuat :
  1. Haluskan bawang putih, cabai rawit dan terasi (jika menggunakan batu gilingan haluskan ketiganya, tetapi jika menggunakan blender, terasi bisa tidak dihaluskan tetapi sekalian ditumis saja sambil dihancurkan dengan sutil)
  2. Tumis bumbu halus hingga harum
  3. Masukkan tomat, aduk hingga tomat agak hancur
  4. Masukkan kangkung, tumis hingga kangkung layu
  5. Tambahkan air dan garam
  6. Cicipi rasanya
  7. Angkat dan hidangkan

Nah mudah sekali kan membuat kangkung belacan (tumis kangkung terasi) ini...jadi dengan bahan-bahan yang sederhana dan pastinya murah kita akan mendapatkan hasil kangkung belacan yang lumayan banyak. Secara kan kalau memesan di restoran pasti 1 porsinya tidak begitu banyak.
Jadi selamat mencoba ya...semoga suka.....



NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.