Manisan Mangga

resep manisan mangga

Kalau mangga muda atau mengkal memang enaknya diolah jadi manisan mangga saja deh, iseng sih beli mangga di penjual buah, mata berkeliling menyapu deretan buah di penjual buah langganan. Ahai lihat mangga muda yang kelihatan ranum begini jadi lapar mata juga. Padahal terus terang saya paling tidak tahan makan mangga asam begini.

Kalau merujak, mangga muda biasanya akan saya santap terakhir dan kalau merasa tidak tahan makan tidak akan saya makan. Makan mangga muda memang membuat mata merem melek, hmmm salut saya dengan orang yang bisa makan mangga muda begini. 

Beberapa wanita yang mengandung di awal kehamilan, biasanya suka mengidam mangga muda, ada teman cerita bagaimana dia suka sekali dengan mangga muda di masa mengidam, he he he itu tidak berlaku buat saya. Ternyata baru saya sadari kalau dulu itu saya keranjingan anggur, bukan mangga muda. Setiap hari beli anggur dan lihat anggur hijau duh rasanya ngiler sekali. 

Nah mangga yang saya gunakan kali ini memang mangga yang mengkal tetapi warna dagingnya kuning, mangganya masih keras dan sama sekali tidak empuk kalau kita tekan. Jadi jangan tertipu dengan warnanya yang kuning, duh rasanya asem selangit. Sudah dijadikan manisan saja masih ada rasa asem-asemnya, ya walaupun tidak terlalu tajam sudah terbantu dengan larutan gula.

mangga untuk manisan



cara membuat manisan mangga

Walaupun sudah dijadikan manisan begini, mangga ini tetap kriuk-kriuk lho, jadi tidak perlu penambahan kapur sirih lagi. Tetapi saya tidak tahu jenis mangga apa nih, rata-rata di penjual buah di pasar, mangga buat rujak dan manisan, hanya ini saja jenisnya.

Untuk membuatnya menjadi manisan sangat mudah sekali prosesnya dan tidak butuh bahan yang banyak, waktu mengolah yang singkat dan mudah...mau coba? ini dia resepnya ya...silakan..

Manisan Mangga

Bahan :
  • 6 buah mangga mengkal
  • 500 ml air
  • 1/2 cup gula pasir
  • 3 buah jeruk limau/calamansi

Cara membuat :
  1. Kupas mangga, cuci bersih dan potong sesuai selera
  2. Campur gula dan air lalu masak hingga mendidih
  3. Sesaat sebelum diangkat masukkan perasan air jeruk limau, aduk rata
  4. Tuangkan ke dalam mangkuk berisi irisan mangga, aduk rata
  5. Diamkan hingga dingin, masukkan ke dalam kulkas
  6. Santap ketika sudah dingin, semakin lama di kulkas semakin enak

Okey deh semoga resep manisan mangga yang sangat sederhana dan mudah ini bisa tetap bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera ya...

NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. Hmmm langsung celeguk-celeguk nih mba liat manisan seger gitu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. he eh mba Lys..kalau lihat mangga apalagi manisan mangga ya mesti gitu ya..sudah kebayang asem seger gitu ya..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.