Bolu Jerman Pisang dalam Cup


resep bolu jerman pisang

Jiah karena suka dengan tekstur bolu jerman, maka saya coba juga nih buat bolu jerman tetapi menggunakan pisang, setelah sebelumnya membuat bolu jerman versi marmer. 

Sebenarnya nih ragu-ragu juga mau posting resep bolu jerman pisang ini, karena duh gambarnya tidak okey sama sekali. Tidak fokus gambarnya, secara memang saya ini tidak bisa dikatakan ahli dalam memotret. Jadi walaupun tidak okey, yang penting rasanya okey, he he he... jadi dengan pertimbangan ini, maka akhirnya tayang juga...ha ha ha..

Masih tanpa menggunakan emulsifier, jadi bolu jerman pisang ini memang tidak begitu mengembang sekali, cenderung padat, tetapi masih lembut. Oh iya yang ini saya coba tidak menggunakan loyang jadi ini bolu jerman versi cup cake.

Nah waktu menuangkan adonan ke paper cup, saya ragu-ragu juga nih isinya seberapa penuh, nah supaya aman ya saya tetap isi 3/4 bagian saja. Ternyata memang tidak mengembang sekali bolu jerman ini. Tetapi jangan kuatir bagi yang mencoba, bolu ini tetap lembut.

Untuk pisangnya sendiri bisa gunakan pisang apa saja yang termasuk pisang yang bisa dimakan langsung begitu saja ya, bukan pisang yang biasanya diolah dulu. Bisa gunakan pisang ambon, pisang barangan, cavendish, ataupun pisang uli. Nah seperti biasa pisang yang saya gunakan adalah pisang barangan, pisang yang sangat umum dan banyak dijual di Batam.

Kalau bicara bolu jerman, ternyata bolu ini cukup populer ya, pasti sudah banyak yang mencoba dan ternyata suka dengan teksturnya. Hmmm walaupun membuat bolu jerman ini membutuhkan mixer, ya sepadanlah dengan hasilnya ya. Terima kasih nih buat mba Eba Chan yang sudah sharing resep ini, ternyata resep bolu jerman mba Eba Chan booming ya.

Untuk bolu jerman ini sih resep asli menggunakan emulsifier, bagi yang terbiasa dan tidak masalah menggunakan emulsifier, silakan digunakan ya. Tetapi kalau saya boleh katakan tanpa emulsifier tekstur bolu jerman tetap lembut. Okey kembali kepada selera masing-masing.

Oh iya satu lagi, resep bolu jerman ini sebenarnya kurang kokoh, jadi ketika matang, bolu akan sedikit kempis, nah kalau hal ini memang dikarenakan penggunaan tepung yang kurang sedikit lagi. Kalau mau lebih kokoh, bisa tambahkan tepungnya sedikit lagi. Di resep digunakan 60gr, bisa tambahkan menjadi 75 - 80 gr.

Okey deh berikut resepnya ya... hanya modifikasi dari resep bolu jerman versi marmer

Bolu Jerman Pisang

Bahan :
  • 6 kuning telur
  • 3 putih telur
  • 100 gr mentega/margarin cair (saya gunakan margarin)
  • 100 gr gula pasir 
  • 60 gr tepung terigu / 1/2 cup (saya gunakan yang protein sedang/segitiga biru)
  • 35 gr tepung maizena / 1/2 cup (saya gunakan 60 gr maizena)
  • 25 gr susu bubuk (saya tidak pakai, maizena saya tambahkan)
  • 1/2 sendok teh emulsifier (saya skip)
  • 1/2 sendok teh vanilla (saya gunakan pasta vanila)
  • 2 sendok makan air (saya skip)
  • 1/2 cup pisang yang sudah dilumatkan (3 buah pisang barangan)

Cara membuat :
  1. Siapkan paper cup
  2. Masukkan semua bahan kecuali margarin cair dan pisang ke dalam mangkuk kocok, lalu kocok adonan hingga mengembang dan kental selama lebih kurang 20 menit, 10 menit pertama kocok dengan mixer kecepatan tinggi lalu 10 menit berikutnya gunakan kecepatan sedang (waktu ini adalah patokan saja, tergantung mixer masing-masing)
  3. Matikan mixer, masukkan margarin/mentega cair ke dalam adonan, aduk dengan cara aduk balik (supaya tidak lama mengaduk maka ambil sedikit adonan kurang lebih 2 sendok sayur, campurkan dulu adonan dengan margarin/mentega cair, nah begitu sudah tercampur rata, baru masukkan kembali ke dalam mangkuk berisi adonan, aduk rata kembali)
  4. Masukkan pisang, aduk rata,
  5. Tuangkan adonan ke dalam paper cup, isi 3/4 cup saja jika menggunakan emulsifier, isi sampai hampir penuh jika skip emulsifier.
  6. Tata paper cup di loyang, panggang selama kurang lebih 20-25 menit dengan suhu 175 derajat celcius di oven yang sudah dipanaskan sebelumnya (saya panggang dengan suhu 200 derajat celcius selama 5 menit pertama kemudian saya turunkan suhunya menjadi 175 derajat celcius)
  7. Test tusuk adonan, jika sudah matang segera keluarkan adonan dari oven supaya tidak overbaked sehingga cake menjadi kering
  8. Dinginkan lalu sajikan

bolu pisang jerman



tekstur bolu jerman

Semoga resep bolu jerman pisang dalam cup ini bisa tetap bermanfaat ya, silakan mencoba, semoga cocok dengan resep ini ya...

Terima kasih karena sudah berkunjung ke sini....
Selamat mencoba...

NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. Belum pernah buat bolu jerman pake pisang. Pasti lebih enak yo mbak...cari pisang ahh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Lenny, lebih enak deh kalau bolu jerman pake pisang...
      selamat mencoba mba....

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.