Ayam Goreng Tepung Krispi Saus Asam Manis



ayam goreng krispi asam manis

Beberapa waktu yang lalu beli nasi bungkus di warung makan prasmanan, nah ada lauk ayam goreng tepung krispi saus asam manis, hmmm karena dada ayam yang digunakan, jadi walaupun ambil ayamnya sedikit tetap saja mahal. Satu porsi nasi dihargai sebesar 20 ribu rupiah. What...lebih mahal daripada sebungkus nasi padang lengkap dengan sambal, sayur dan kuah-kuahnya.

Nah karena tidak puas ya, sudah mahal sedikit pulak, akhirnya coba buat sendiri deh, secara memang ayam goreng tepung atau ikan goreng tepung saus asam manis memang makanan favorit saya juga.  Pernah buat juga sebelumnya di ayam goreng tepung saus asam manis. Jadi dengan modal resep ayam goreng tepung krispi lebih tepatnya popcorn chicken krispi yang pernah saya buat dan saus asam manis yang juga sering saya buat....tada jadilah masakan ini.

Jadinya banyak, karena saya memang sengaja masak agak banyak supaya puas, dan akhirnya malah kebelenger sendiri makan makanan ini.Untuk sausnya sendiri selain nanas dan wortel, saya tambahkan juga timun, secara dapat ide dari ayam goreng tepung beli itu, ada timun juga dan enak juga rasanya.

Okey deh daripada kelamaan, berikut resepnya ya.... oh iya yang saya tulis hanya sausnya saja ya, untuk resep ayam goreng tepung krispinya, silakan lihat di popcorn chicken krispi ya.....

Untuk sausnya sendiri, mirip-mirip dengan steak tempe saus asam manis, kalau mau lihat bisa klik di steak tempe saus asam manis.


Saus Asam Manis

Bahan :
  • 5 siung bawang putih, memarkan lalu cincang
  • 1 buah bawang bombay ukuran sedang, potong kotak ukuran sedang
  • 1 buah wortel ukuran kecil, potong memanjang
  • 1/2 buah nanas ukuran sedang, potong sesuai selera
  • 1 buah timun ukuran sedang, buang biji dan potong memanjang
  • 6 sendok makan saus tomat
  • 2 sendok makan saus sambal
  • 150 ml air
  • 2 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok makan tepung maizena larutkan dengan sedikit air
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat :
  1. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum, tambahkan wortel, masak hingga wortel mulai lunak
  2. Tambahkan potongan nanas dan timun, aduk rata, masak sebentar hingga nanas dan timun kelihatan mulai sedikit layu
  3. Masukkan saus tomat dan saus sambal, beri garam, merica dan gula pasir, aduk rata
  4. Tuangkan air, masak hingga mendidih, lalu tuangkan larutan maizena, aduk rata dan biarkan mengental, cicipi rasanya
  5. Angkat dan sajikan dengan potongan ayam goreng tepung krispi

resep ayam tepung saus asam manis


Semoga resep ayam goreng tepung krispi dengan saus asam manis ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera....


Selamat mencoba...

Uppsss..fotonya buram....harap maklumkan ya...






NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. nah kalo ini sering bikin dirumahku mbak....hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. He he he..sedap donk mba sering bikin...enak ya mba ayam goreng pakai saus begini...

      Delete
  2. Aku suka nya kalo ayam goreng tepung gini, ngak usah di bumbuin lagi hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi hi hi iya mas Cumi, kalau ayam tepung gini memang enak gitu aja sih...makan pake nasi anget dan kasih saus sambal....

      Delete
  3. Weleh..bikin ngences mbak. Kalo kebelenger kirim ke sebrang lautan aja mbak, biar tak tunggu he..he...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakak...iya mba seandainya bisa kirim ke seberang lautan... asli ini mba kebanyakan buatnya he he he

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.