Bingka Ubi Kayu (Bingka Singkong)



resep bingka ubi kayu

Saya sedang lapar mata ketika ke pasar kaget, jadilah saya beli singkong sampai 3 kg. Tadinya ke pasar kaget sih rencana beli mainan Sophie. Ternyata karena memang siang hari saya ke sana, kios mainan tutup. Saya pikir karena kios mainan ini tempatnya fix bukan hamparan terpal jadi kemungkinan siang buka juga.

Eh malah penjual singkong yang ada. Dan banyak sekali singkong yang dijual. Jadi saya mampir deh, walaupun Sophie protes tidak boleh beli singkong, beli mainan saja. Ternyata singkong yang dijual ada 2 harga, yang ukuran besar dijual 4 ribu rupiah perkilo, sedangkan ukuran kecil 3 ribu rupiah perkilo. 

Tadinya saya beli yang ukuran besar 2 kg, ternyata si ibu yang jual murah hati, ternyata singkong yang saya pilih lebih dari 2kg. Eh, kemudian saya lirik lagi singkong ukuran kecil, ternyata kondisinya masih kelihatan bagus, akhirnya saya beli juga 1 kg, dan ternyata lebih juga dari 1kg. Wah jadi banyak nih singkong saya.

Memang sih sudah saya niatkan kalau punya singkong, mau dibuat jadi bingka singkong atau bingka ubi kayu, singkong keju atau puhung keju dan tape singkong (lagi). Tetapi saya masih maju mundur membuat bingka, secara memanggangnya cukup lama, 1 jam - 1.5 jam. Kalau memanggang lama begini gas saya cepat habis, he he he....perhitungan.

Tetapi akhirnya saya coba cari resep yang sekiranya waktu panggangnya bisa dikurangi, ahai ketemu dengan resep bingka ubi kayu ini di blognya Kak Amie - Amie's Little Kitchen. Ternyata resep ini agak berbeda, adonan bingka dimasak dulu di atas kompor sampai mengental baru kemudian dituang ke loyang dan dipanggang. Lumayanlah walaupun hanya dengan 45 menit, cukup berarti.

Secara oven saya besar, dan kalau memanggang sedikit sayang gasnya. Gas yang dibutuhkan tetap banyak. Jadi kalau memanggang cukup lama, jarum indikator regulator akan bergerak cukup banyak, he he he... Terima kasih sudah berkongsi resepi bingka ubi kayu ini kak Amie.

Dari resep kak Amie, saya buat hanya setengahnya saja, dan jadinya juga banyak ternyata. Tetapi hasilnya tidaklah tinggi karena saya gunakan loyang persegi 20x20cm. Untuk resep asli menggunakan loyang bundar 9 inch atau setara dengan loyang diameter 22cm.

Oh iya, untuk menghaluskan singkongnya saya gunakan blender saja dengan sedikit air (sama dengan resep kak Amie dan sama dengan yang saya lakukan ketika membuat lapek ubi), jadinya tekstur bingkanya lebih halus dan lembut.Yang tidak malas dan punya parutan halus untuk memarut singkong, bolehlah singkongnya diparut saja.

Tekstur bingka singkong kayu ini mirip dengan tekstur bika ambon, lembut kenyal-kenyal dan cara mengeluarkannya dari loyang cukup geserkan tusuk sate di setiap tepi loyang supaya bingkanya tidak lagi lengket di loyang. Lalu perlahan ambil salah satu tepinya dan mulai diangkat bingkanya sampai semua sisi dan semua bagian terlepas dari loyang. Baru kemudian letakkan di piring.

Itu yang saya lakukan ya, karena bingka yang saya buat sedikit lengket di loyang, nah entalah kalau sebenarnya bingka itu mudah sekali dikeluarkan dari loyang.

Okey deh berikut ini resep yang saya buat ya...silakan...

Bingka Singkong atau Ubi Kayu

Bahan :
  • 2 1/2 cup singkong parut (dari kurang lebih 1kg singkong)
  • 3 butir telur ukuran sedang, kocok lepas
  • 3/4 cup gula pasir (menurut saya manisnya pas, tidak terlalu manis)
  • 200 ml santan instan 
  • 2 sendok makan margarin, lelehkan
  • 1/2 sendok teh garam

Cara membuat :
  1. Siapkan loyang diameter 20cm atau 20x20cm, olesi dengan margarin, sisihkan
  2. Parut singkong atau haluskan singkong dengan blender dengan menggunakan sedikit air, peras lalu saring airnya, ketika sudah ada endapan, buang airnya dan ambil endapan pati singkongnya, campur dengan singkong halus, sisihkan
  3. Di mangkuk ukuran cukup besar campur semua bahan, aduk rata dengan balloon whisk
  4. Masak adonan dengan api kecil dengan panci atau teflon hingga menjadi adonan yang kental dan mulai berubah warna sambil terus diaduk
  5. Sementara itu panaskan oven, set di suhu 175 derajat celcius, tuangkan adonan ke dalam loyang, ratakan permukaannya
    cara membuat bingka ubi kayu
  6. Panggang selama kurang lebih 45 menit sampai permukaan atas kecoklatan, tes tusuk
  7. Keluarkan dari oven dan dinginkan selama kurang lebih 2 jam
  8. Keluarkan dari loyang dan potong-potong dengan pisau tajam

resepi bingka ubi kayu

Nah semoga resep bingka singkong atau bingka ubi kayu ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera ya....

Selamat mencoba.....


NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.