Kulit Pangsit Homemade



pangsit goreng dengan kulit pangsit homemade

Mumpung alat gilingan mie masih belum disimpan, jadi manfaatkan mood mengolah makanan dengan alat giling mie. Setelah mencoba membuat mie telur homemade, nah saatnya mencoba membuat kulit pangsit sendiri.

Kalau kulit pangsit di Batam ini agak susah ditemui, dan selama ini belum pernah saya membeli kulit pangsit di Batam, belum pernah ketemu. Jadi kalau ada gorengan yang menggunakan kulit pangsit, ganti kulitnya dengan kulit popiah atau spring roll pastry yang sangat mudah ditemui di sini.

Mulailah cari-cari resep kulit pangsit homemade yang sekiranya mudah dibuat, akhirnya saya pilih resep kulit pangsit homemade dari blognya mba Yuyu - dapoer Yuyu. Terima kasih resep kulit pangsitnya mba Yuyu. 

Membuat kulit pangsit tidaklah semudah membuat mie telur, itu menurut saya ya, karena memang adonan lebih lengket dan entahlah mungkin karena saya memang sedang tidak begitu bersemangat, jadinya menurut saya lebih sulit.

Dan mungkin karena saya membuat kulit pangsit ini 2x dari takaran yang saya buat untuk mie telur, jelas mabuk saya dengan kebosanan menggiling adonan hingga menjadi lembaran kulit pangsit yang diinginkan. Oh iya, mungkin karena membutuhkan lembaran yang cukup lebar, jadinya lembaran yang kecil dan tidak masuk ukuran tidak bisa digunakan, jadi harus digiling lagi.

Adonan kulit pangsit ini cukup lengket, jadi butuh ditaburi tepung berkali-kali, nah dengan begitu aman deh. Masih seperti biasa, saya gunakan takaran cup ya, secara saya lebih suka menggunakan cup dan sendok ukur kalau bisa, menurut saya lebih mudah. Yang tidak ada cup dan sendok ukur silakan gunakan takaran gram ya.

Nah kulit pangsit ini akhirnya saya olah menjadi pangsit goreng dengan isian ayam dan udang, dan sisanya hanya digoreng biasa saja menjadi kerupuk pangsit. Untuk kerupuk pangsit, masing-masing lembar saya bagi 4 diagonak sehingga didapatkan bentuk segitiga kecil. Dan ternyata Sophie lebih doyan kerupuk pangsit ini daripada yang dengan isian.

Sampai malam begini, dia masih minta kerupuk ini, "minta kupuk triangle, please ibu..." he he he..dengan manisnya dia minta kerupuk pangsit lagi. Tidak tahu kalau emaknya sampai keblenger membuat kulit pangsit. Jadi saya bilang nanti ya kapan-kapan lagi ya buatnya.

Karena saya cukup kewalahan membuat kulit pangsit ini, jadi foto prosesnya seadanya saja ya, mana mendung tadi, jadi fotonya agak-agak deh...halah....bilang saja memang jepret-jepretnya tidak fokus, tangan bergetar, he he he...

Okey deh, langsung ke resep sekarang ya...ini dia....

Kulit Pangsit Homemade

Bahan :
  • 250 gr tepung terigu (saya gunakan 2 1/2 cup tepung terigu protein sedang, segitiga biru)
  • 50 gr tepung tapioka (saya gunakan 1/2 cup tepung sagu tani)
  • 1 sendok teh garam halus (saya gunakan 1 1/2 sendok teh garam halus)
  • 150 ml air mendidih (saya gunakan 1 1/2 cup air mendidih)
  • tepung tapioka atau sagu tani untuk taburan

Cara membuat :
  1. Di mangkuk, campur tepung terigu, tepung tapioka/sagu tani, garam, aduk rata, tuangkan air mendidih, aduk cepat dengan sendok kayu asal rata, tutup mangkuk dengan plastik wrap, diamkan selama kurang lebih 20 menit
  2. Uleni hingga kalis, sambil ditaburi tepung, ambil secukupnya adonan, giling dengan penggiling mie, dimulai dari ukuran besar (alat penggiling saya no.9) lakukan 2x, setelah itu kecilkan menjadi no.7, lakukan 2x, terakhir di no.5, lakukan juga 2x, sambil ditaburi tepung di setiap proses penggilingan
  3. Potong-potong lembaran adonan ukuran kurang lebih 10x10cm, sisihkan dan jangan lupa permukaan ditaburi tepung
    cara membuat kulit pangsit
  4. Lakukan sampai adonan habis, kulit pangsit siap digunakan


resep kulit pangsit homemade

Nah semoga resep kulit pangsit homemade ini bisa bermanfaat ya, jika tertarik silakan mencoba ya, semoga sesuai dengan selera...

Selamat mencoba.....


NewerStories OlderStories Home

10 comments:

  1. Ngak bersemangat aja tp hasil nya mantap haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha..bisa aja mas Cumi...tapi gitu mas, kalau ga bersemangat jadinya lebih sulit rasanya...dan pastinya membosankan, he he he..

      Delete
  2. Rajin pisan euy mba Monica ini :) nyomot pangsitnya ya mba ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Lys, ga tau neh jadi rajin, karena lihatin itu si alat penggiling mie masih di dapur kali ya, coba kalau sudah masuk box lagi, entah kapan mau coba buat..
      silakan dicomot gambarnya mba, he he he...

      Delete
  3. ternyata bahannya mudah didapat yaaa. tapi masalahnya sy blm punya gilingan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba bahannya mudah banget mba, n ga banyak lagi...hanya butuh alat itu aja sih..tapi kalau rajin ya giling manual mba pake rolling pin atau botol, tapi kayaknya lebih repot mba...he he he..

      Delete
  4. Saya baru bikin sekali,mbak Monic.Capek juga ya apalagi kalo sendiri hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Yuyu...capek juga apalagi kalau buatnya banyak...
      Btw terima kasih ya resepnya..

      Delete
  5. Mbak, tepung apa yg digunakan utk menaburi adonan saat diuleni? Tepung terigu kah atau tepung tapioka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo...
      untuk semua taburan digunakan tepung tapioka atau sagu tani ya... semoga membantu...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.