Homemade Mie Telur



resep mie telur homemade

Akhirnya saya buat juga nih yang namanya mie telur, dari semalam sudah coba cari-cari resep yang sekiranya mudah untuk dilaksanakan. Nah saya berniat sekali buat mie telur homemade ini karena saya sudah tidak sabar lagi mencoba resep yang namanya mie tarempa.

Menurut yang saya tahu, mie yang digunakan di resep mie tarempa di RM Mie Tarempa adalah mie homemade, mie yang kenyal, lembut dan tidak berasa berpengawet. Selain itu ukurannya juga lebih besar dari ukuran mie basah kebanyakan yang dijual di pasar.

Karena ingin mendapatkan rasa yang paling tidak mendekati rasa mie tarempa, maka mie telurnya saya buat sendiri deh. Memang ada sih mie lebar begini yang bentuknya kering, seperti mie yang saya gunakan pada resep pad thai. Mie yang ukurannya lebar.

Nah setelah saya coba buat mie telur sendiri, ternyata mie yang saya buat karena menggunakan alat pembuat mie atau ampia, mienya lebih lebar dari mie tarempa yang dijual di RM Mie Tarempa. Jadi perkiraan saya, mie tersebut dibuat tidak menggunakan alat pembuat mie, he he he CMIIW....

Dan akhirnya saya memutuskan menggunakan resep mie telur homemade milik mba Diah Didi - membuat mie telur sendiri - Diah Didi's Kitchen. Matur suwun sanget nggih mba resep mie telurnya, enak banget, lembut kenyal dan empuk, cocok buat mie tarempa deh.

Oh iya teringat saya, beberapa hari yang lalu ada yang komen di postingan saya, di resep ayam goreng kunyit. Nah komennya anonymous, jadi saya tidak tahu yang komen siapa ya...nah katanya kok mba Monic tidak kasih backlink ke blognya Mba Didi? padahal kan mba Monic pesan begitu ke pembaca. 

Halah sempat syok, baca komen ini pas di jalan lagi, tetapi tidak bisa segera dibalas, tab saya suka bermasalah kalau balas-balas komen blog. Haiyyaaa....saya sempat bingung benar tidak ya saya lupa kasih backlink, ah tidak mungkin, secara mba Didi juga komen di sana. Jadi saya klik kata-kata yang sekiranya backlink ke blog Mba Didi, dan ternyata benar, saya klik dan langsung menuju ke blog mba Didi.

Ah lega, paling tidak saya tidak lupa, ini hanya kesalahan template yang tidak memberi tanda beda warna, beda ukuran ataupun beda bentuk, jadi sama saja dengan kata-kata lain yang tidak mengandung link. Link ini hanya bisa terlihat kalau kita mengarahkan kursor mouse ke kata-kata tersebut.

Ya memang salah saya juga sih, posting lama belum sempat saya perbaiki, sejak mengganti template terbaru, link yang ada baik itu link internal dan eksternal seakan lenyap karena tidak ada beda dengan kata-kata lain. Saya tidak segera memperbaikinya. 

Nah sebenarnya kalau menggunakan template dari blogger bisa langsung setting di advance setting untuk link ini, ternyata dengan template yang saya gunakan advance setting ini mati, tidak bisa digunakan. Jadi kesimpulan saya adalah harus mengedit kode HTML, yang setiap kali saya masuk ke format HTML ini membuat pusing kepala.

Saya pernah coba cari cara mengedit HTML ini untuk mengganti format link, tapi saya belum bisa menemukannya, jadi masih tertunda. Jadi sejak ganti template yang saya lakukan adalah memberi bold, italic dan underlined untuk setiap link yang ada. 

Kenapa saya tidak memberi beda warna? sudah saya lakukan, ternyata tidak berpengaruh, di setting blogger post memang berwarna, tetapi warna tidak muncul di blog, jadi satu-satunya cara ya memberi bold, italic dan underlined.

Jadi dengan SKS (sistem kebut sesorean), saya coba selesaikan editing link yang ada di setiap postingan lama yang belum diberi tanda. Lumayan dengan postingan 600 lebih, membuat jari tangan saya kaku karena klik mouse berkali-kali. Nah untungnya memang setiap link di blogger post saya berwarna biru, jadi dengan mudah saya tinggal kasih bold, italic dan underlined. 

Untungnya semua sudah ber- backlink, jadi saya tidak perlu lagi mencari sumber eksternal link, kebayang kalau dari awal saya tidak beri backlink ke sumber blog saya, betapa repotnya saya.

Dan dengan kesempatan ini saya berterima kasih kepada mba/mas yang sudi menulis komentar tersebut, coba kalau tidak ada komentar itu, bisa saja seterusnya saya santai dengan kesalahan template untuk link yang ada. Dan image pembaca juga bisa saja seperti itu kan, pesan saya yang minta disebutkan sumber dan beri backlink, tapi saya sendiri tidak beri backlink, jadi kesannya mau enak sendiri kan..... ah lega.....untunglah....karena dari awal saya sudah berkomitmen selalu sebut sumber dan beri backlink ke sumber resep kalau memang saya gunakan resep orang lain.

Beda kalau resep tersebut resep ibu saya, keluarga saya, resep suka-suka saya ataupun resep teman-teman saya ataupun resep dapat ide dari tayangan televisi, kalau yang ini hanya bisa sebutkan sumber tetapi tidak bisa backlink ya, he he he...

Okey deh panjang sekali curcol kali ini, kembali membahas mie telur ini ya. Ternyata membuat mie telur ini sangat mudah. Memang harus menggunakan ampia ini yang pertama membuat saya malas, selebihnya sangat mudah. Adonan mudah dibuat dan sebentar saja jadilah mie homemade ini.

Karena sudah lama alat pembuat mie ini tidak saya gunakan, maka untuk membersihkannya, cukup korbankan sedikit adonan, gilas adonan di area yang akan digunakan secara berkali-kali. Nah adonan korban ini akan kotor jadinya. Tidak masalah yang penting untuk adonan yang digunakan akan bersih dari kotoran tersisa di alat pembuat mie ini.

Yang tidak punya alat pembuat mie bisa gilas adonan dengan rolling pin ataupun botol sampai ketebalan yang diinginkan, lalu gulung dan iris dengan ketebalan yang diinginkan. Sambil taburi tepung ke permukaan adonan supaya tidak lengket.

Berikut langsung ke resepnya ya.....

Homemade Mie Telur

Bahan :
  • 250 gr tepung terigu protein tinggi
  • 50 gr tepung tapioka / sagu
  • 2 butir telur
  • 1 sendok teh garam
untuk taburan : 50 gr tepung terigu protein tinggi


Dari resep di atas, ini takaran yang saya gunakan :
  • 1 1/4 cup tepung terigu protein tinggi, cakra kembar
  • 1/4 cup tepung sagu tani
  • 2 butir telur ukuran kecil
  • 1/2 sendok teh garam
untuk taburan : 1/4 cup tepung sagu tani

Cara membuat :
  1. Di mangkuk, campur tepung terigu dan tepung sagu, beri garam, aduk rata, beri telur, kemudian aduk hingga bergumpal (saya aduk hingga bisa dibulatkan)
  2. Diamkan selama 15 menit, uleni hingga rata dan kalis (saya uleni kurang lebih selama 2 menit)
  3. Giling adonan di penggiling mie, yang pertama saya lakukan, ambil sedikit adonan dulu untuk membersihkan alat penggiling mie, di bagian penggiling lebar, kemudian di penggiling mie
  4. Ambil 1/3 adonan, giling dulu di penggiling yang rata, dengan ukuran paling besar, di penggiling mie saya no.9 (saya lakukan 2 kali), kemudian perkecil ukuran menjadi no.7, lakukan juga 2 kali, lalu terakhir di no.5, lakukan 2 kali.
  5. Setelah itu baru giling di penggiling mie, saya lakukan di penggiling mie lebar karena tujuan saya membuat mie tarempa (lakukan di penggiling mie kecil jika memang butuh mie kecil)
  6. Selama proses menggiling adonan, taburi adonan dengan tepung supaya adonan tidak lengket
homemade mie telur

Untuk merebus mie : didihkan 1000ml air, beri 1 sendok makan minyak goreng, rebus mie hingga matang, angkat dan tiriskan, siap digunakan menjadi olahan mie.


mie tarempa homemade egg noodles

Nah semoga resep homemade egg noodles ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok ya dengan selera.....

Selamat mencoba.....


NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.