Mie Tarempa & Luti Gendang



luti gendang tarempa
luti gendang (roti goreng isi abon ikan pedas manis)

mie goreng tarempa anambas batam
mie tarempa dengan acar cabai rawit

Jadi ceritanya kali ini edisi menikmati kuliner Batam, dan kali ini diposting juga di blog, secara mie tarempa dan luti gendang ini cukup terkenal ternyata, he he he....kenapa saya baru coba ya...

Saya penasaran dengan nama mie tarempa dan luti gendang ini sudah cukup lama, sejak lihat postingan info kuliner ini di blognya mba Vika Lyn - Lynn's Kitchen yang membahas tentang kedai kopi Anambas dengan menu mie tarempa dan luti gendang. Letak kedai kopi ini di Sungai Panas, pernah lewat tetapi belum pernah mampir, jadi masih di angan-angan saja.

rm mie tarempa batam
RM Mie Tarempa Batam

Ketika melihat tayangan chef Ririn Marinka waktu kulineran di Batam, wah jadi makin penasaran deh buat menikmati rasa kuliner mie tarempa ini. 
Dan ketika makan mie tarempa di RM Mie Tarempa, ternyata tidak jauh dari situ, selang beberapa ruko, ada juga rumah makan mie tarempa. Sempat bingung memilih yang mana, akhirnya pilih yang lebih ramai saja, yaitu RM Mie Tarempa ini.

Kami bertiga, begitu datang sempat takut tidak kebagian tempat duduk karena memang terlihat ramai, tetapi untung masih ada tempat tersisa. Pertama datang ke sini, jadi sempat bingung, kita pesan ke meja kasir atau didatangi oleh pelayan. Saya tanya pelayan, tanya menu, biasanya ada buku menu atau lembaran menu, ternyata tidak ada, menu hanya yang tertera di tembok.

Okey deh, akhirnya saya duduk dan pelayan mendatangi kami, mulai deh yang pasti pesan mie goreng tarempa, lalu nasi dagang, gado-gado tarempa, ayam goreng serta luti gendang. Saya pesan luti gendang 3 buah tetapi pelayannya bilang, nanti diantar kok luti gendangnya. Jadi luti gendang ini walaupun tidak dipesan selalu disajikan bersama dengan epok-epok yang kalau kata saya sih kulitnya pastel tetapi isinya isi epok-epok.
mie tarempa goreng
mie tarempa goreng IDR 13.000

nasi dagang
nasi dagang IDR 3.000

gado gado tarempa
gado-gado tarempa IDR 13.000

nasi ayam goreng tarempa
nasi ayam goreng IDR 13.000

Tidak lama menunggu, pesanan segera datang, mulai deh aksi saya jeprat jepret. Jadi puas-puaskan foto-foto baru menikmati makanan yang kami pesan. Hmmm secara garis besar memang enak, porsinya juga tidak besar. Nah ternyata nasi dagang itu imut sekali, tadinya saya pesan 1 saja, dan ternyata nasi dagang itu selalu disajikan 3 bungkus perporsi.

Jadi saya coba sedikit nasi dagangnya, sisanya bapaknya Sophie yang makan, setelah makan dia berceletuk, baru kali ini dia makan nasi langsung 3 bungkus, he he he...ya wajar, porsinya imut sekali, 1 bungkus mana cukup. Komentarnya adalah enak nasinya, kari ikannya juga, mirip dengan masakan padang juga katanya. 

Lalu mie tarempa sendiri, rasanya menurut saya tidak begitu tajam, mild saja, tetapi mienya enak lembut. Khasnya mie tarempa goreng ini ada potongan ikan, yang saya dengar-dengar ikan tuna. Potongannya kecil-kecil sekali, jadi tidak begitu berasa menurut saya. Yang saya suka, ada acar cabai rawit yang bisa dengan sepuasnya saya tambahkan. Hmmmm nanti saya coba deh buat mie tarempa ini berbekal resep ala chef Ririn Marinka. Karena sudah menikmati rasa asli mie tarempa jadi bisa mengira-ngira juga resepnya dan bisa membandingkan rasanya.

Untuk luti gendang, rasa rotinya renyah di luar dan lembut di dalam, dengan bentuk yang mungil serta isian abon ikan pedas manis yang cukup banyak. Menurut saya lebih dominan manisnya ketimbang pedasnya. Kalau dibandingkan dengan panada sih sepertinya beda ya rasanya, hmmmm semoga nanti saya bisa mengira-ngira resepnya.

Gado-gadonya lumayan, kuahnya cukup kental, enak juga. Untuk ayam gorengnya lumayan juga, not bad. Tetapi sambalnya menurut saya terlalu manis, jadi ini bukan sambal favorit saya. Hmmmmm jadi kesan saya secara keseluruhan enak makanan yang kami pesan, hanya untuk saya sedikit terlalu manis. Selera boleh beda kan ya.....

Selain menu yang kami pesan, ada juga menu asam pedas ikan, ikan sambal tauco, ada ngo hiang ikan, lempa (bentuknya dibungkus daun pisang, mirip otak-otak), ada sate tarempa juga yang mirip sate madura karena berkuah kacang tetapi lebih merah, dan masih banyak lagi menu lainnya.

contoh menu rm mie tarempa
Yang mau mencicipi kuliner yang cukup terkenal di Batam ini silakan datang ke RM Mie Tarempa ini ya.....atau mie tarempa di lokasi yang lain di kota Batam....selamat mencoba...

Resep tiruan mie tarempa sudah ada ya, yang mau coba buat sendiri, silakan klik link resep mie tarempa dengan homemade egg noodles.

Atau jika tertarik ada resep luti gendang ala Monic yang tak kalah sedapnya, silakan klik link resep luti gendang ala Monic.

Alamat RM Mie Tarempa
Blok D, Ruko Royal Sincom, Jl. Laksamana Bintan, Kota Batam, Kepulauan Riau


NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. Hayoo mba monic, akhirnya nyoba mie tarempa jg
    saya uda dari beberapa minggu pengen mie tarempa, tapi blom sempat kesana.. hiksss
    ditunggu resep nya, biar bisa bikin sendiri di rumah kalo lagi pengen
    hahahahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. he eh nih mba Vika, akhirnya setelah sekian lama, nyobain juga nih mie tarempa yang cukup fenomenal....
      wakakakkkkk iya penasaran neh mau nyoba sendiri buatnya, untung sempat catet bahan-bahan si chef...moga2 mirip ya rasanya.... ditunggu resepnya...entah kapan itu ya, he he he....

      Delete
  2. Beberapa kali lihat acara AFC (asian food chanel) yang hostnya chef Marinka, mie tarempa ini top banget di Batam. Mie tambah ikan tuna? Semakain penasaran. Buat sendiri mbak Mon...ntar saya nyontel resepnya...boleh ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, karena lihat tayangan chef Marinka jadi saya ngiler nyobain mie tarempa ini... memang hits mie tarempa ini di Batam....
      he he he iya, sudah mau buat sendiri mie tarempa ini, tapi belum tahu kapan, mood belum datang....ha ha ha....
      okey mba semoga mood datang secepatnya jadi bisa buat mie tarempa ini....

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.