Kue Mangkok Tape Pandan (Mekar)



resep kue mangkok tape mekar

Iseng ah buat kue mangkok tape rasa pandan ini, mumpung sudah punya cetakan kue mangkok, yang saya beli beberapa bulan lalu. Nah baru 2 kali dipakai, sebelumnya buat kue gandus khas Palembang, hmmm lain kali ingin coba buat kue talam ataupun kue lumpang...tapi kapan????

Kue mangkok tape ini membuatnya tidaklah sulit dan tidaklah menggunakan bahan yang susah didapat, dan karena judulnya kue mangkok tape, tentu tape jadi bahan utama ya. Untuk tapenya sendiri kali ini saya beli saja, sudah 2 hari sih tapenya ngendon di kulkas. Tape buatan sendiri yang pernah saya posting sebelumnya di tape singkong homemade sudah lama sekali habis, dimakan begitu saja.

Resep ini saya gunakan resep dari dapur mayanya mba Rina Audie -kue mangkok tape- dapurmanis. Jadi ini itu aslinya resep Ibu Sisca Suwitomo, di acara Aroma, nah sedikit modifikasi dari mba Rina, gula merah diganti gula pasir. Dan sudah beberapa kali pakai resep ini kue mangkoknya mba Rina sukses mekar, upppsss penasaran kan jadinya ingin coba juga. Akhirnya tada.... berhasil....terima kasih mba Rina, terima kasih ibu Sisca.

Akhirnya saya coba buat juga deh, tetapi karena tidak mau buat terlalu banyak, saya buat 1/2 resep saja, dengan takaran tape saya tambahkan sedikit, supaya lebih berasa tapenya. Resep asli menggunakan 100 gr tape, nah 1/2 resep saya gunakan 60gr.  Lalu saya tambahkan sedikit pasta pandan. Selain itu sama plek resepnya. Dan dari 1/2 resep ini saya hasilkan 10 buah kue mangkok, karena memang cetakan kue mangkok saya kecil ya....

Untuk mengukus kue mangkok ini, gunakan api besar, lalu alasi tutup kukusan dengan serbet, dan yang tak kalah penting, isi cetakan kue mangkok sampai penuh. 
Eh ini ada lagi tips dari mba Rina, izin copy tipsnya ya mba.... cetakan tidak perlu dipanaskan - cetakan tidak perlu dioles minyak - aduk adonan sebelum dituang ke cetakan sampai buihnya hilang - tuang adonan ke cetakan sesaat sebelum dikukus, jangan biarkan adonan mengantri di cetakan karena adonan akan berbuih dan hasilnya tidak bisa mekar dengan cantik.

kue mangkok tape pandan mekar

Okey berikut resepnya ya, silakan..... *saya tuliskan resep full ya...

Kue Mangkok Tape Pandan

Bahan :
  • 250 ml air
  • 125 gr gula pasir
  • 125 gr tepung beras
  • 25 gr tepung terigu (saya gunakan tepung terigu segitiga biru)
  • 100 gr tape singkong matang dan empuk, buang serat tengahnya, haluskan dengan sendok
  • 1 sendok teh ragi instan
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1/4 sendok teh pasta pandan (saya tambahkan sendiri)

Cara membuat :
  1. Di panci, rebus air dan gula pasir sampai gula larut, tidak perlu mendidih, angkat, biarkan hangat
  2. Di mangkuk, campur tepung terigu, tepung beras dan tape singkong, tuang air gula, aduk rata hingga adonan menjadi adonan encer, lalu tambahkan pasta pandan, aduk hingga benar-benar tercampur rata
  3. Masukkan ragi instan, aduk hingga rata, tutup mangkuk dan diamkan selama kurang lebih 30 menit hingga adonan berbuih
  4. Panaskan kukusan hingga air mendidih dan bergolak, alasi tutup dengan serbet, siapkan cetakan cucing, biarkan kering
  5. Aduk adonan hingga hilang buihnya, masukkan baking powder, aduk rata
  6. Tuang adonan sampai penuh, tuang ke dalam cetakan sesuai dengan kapasitas kukusan
    cara buat kue mangkok tape
  7. kukus hingga matang selama kurang lebih 10 menit, keluarkan dari kukusan dan biarkan hangat baru lepaskan dari cetakan


resep kue mangkok mekar

Nah mudah sekali kan membuat kue mangkok tape pandan ini, silakan mencoba ya, semoga berhasil membuat kue mangkok yang mekar dan semoga cocok dengan selera...


Selamat mencoba....

 
NewerStories OlderStories Home

8 comments:

  1. Ngiler jadinya mbak,,, eh itu kue jelas wangi ya mbak? secara daun pandan kan wanginya menggoda, tapi bentuknya seperti pasta ya?. Menarik euw warna kuenya yang hijau. :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wangi pandannya tipis sih mas, soale hanya pakai pasta pandan, hmmm kalau pakai air pandan asli, duh pasti enak banget, pandannya berasa sekali...
      he eh mas, hijau gini agak gimana gitu ya mas, he he he...

      Delete
  2. Ah ini di gresik banyak kalo pagi2, biasa nya buat sarapan cuman akukurang suka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, kue ini juga ada di penjual kue pagi hari, hanya ga banyak sih kalau di sini... kenapa mas Cum kurang suka? karena mirip apem ya? eng ing eng.....

      Delete
  3. gampil yah resepnya. resepnya bu Sisca nih emang sakti mandraguna. dari sekian banyak review yang aku terima (di grup FB yang aku ikuti), 90% sukses, jika pake resep ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba gampil deh pokoknya dan yang suka itu rasanya enak dan mekar....he he he.... thanks ya mba sudah berbagi resep ini...

      Delete
  4. Hallo mbak monic, kalau tape ubinya di ganti pake tape nasi apakah bisa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Ida, wah sebelumnya saya minta maaf ya mba..baru bisa online sekarang, sepertinya bisa mba kalau pakai tape nasi tapi dengan catatan air tapenya ditiriskan dulu mba

      Semoga sukses ya..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.