Resep Ayam Geprek ala Monic



ayam geprek khas Jogja

Nah hari ini sedang semangat masak, jadi ceritanya hari ini buat ayam geprek sambal korek. Ayamnya ayam goreng tepung yang dicampur oatmeal, jadi lebih berasa kriuknya. Membuatnya juga sangat praktis, hanya menggunakan dada ayam tanpa tulang dan kulit lalu balur dengan tepung bumbu instan kobe rasa bawang yang dicampur oatmeal instan.

Untuk sambalnya hanya sambal korek, yaitu sambal cabai rawit merah dan bawang putih yang diulek kasar dan diberi sedikit garam. Dulu pernah buat sambal korek dan sebelumnya juga sudah cukup sering buat sambal korek, sambal yang cukup sederhana tetapi pedas mantap. Ada juga yang saya buat versi pakai tomat, nah makan dengan ayam goreng maknyuss rasanya, silakan klik link ayam goreng presto dan sambal korek.

Atau malah sambal korek dengan campuran pete, nah kalau berminat silakan klik link ayam bakar madu dan sambal korek pete. Yang ini tidak kalah enaknya...

Okey deh, lanjut tentang ayam geprek ini ya, nah saya sih sebetulnya tidak tahu lho kalau ada yang namanya ayam geprek ini. Ternyata ayam geprek ini sudah cukup populer di daerah Jogjakarta. Ayam yang diulek bersamaan dengan cabai dan bawang putih sehingga ayamnya remuk.

Nah ceritanya sejak baca postingan mas Anis Hidayah tentang wisata kulinernya menikmati ayam geprek, hmmm sukses buat ngiler. Jadi resep kali ini saya eksekusi karena memang terprovokasi melihat tampilan ayam geprek yang ada di blognya mas Anis. Mas Anis ini sering sekali wisata kuliner dan daerahnya tentu saja di Jogja, bagi yang butuh info kulineran di Jogja silakan meluncur ke blognya mas Anis ya, ini dia blognya : Anis Hidayah.

Lanjut lagi, nah yang saya buat ini idenya dari postingan mas Anis - ayam geprek bu Rum, yang katanya mas Anis nih harga ayam geprek bu Rum ini harga mahasiswa. Hmmmm dengan penjelasan dari mas Anis, cukup simpel, jadilah saya membuat ayam geprek sendiri, secara cari di mana ayam geprek di Batam. 

Mas Anis, terima kasih ya inspirasi ayam gepreknya, maknyuss tenan rasanya, dan yang pasti pedasnya nampol, secara saya gunakan 20 butir cabai rawit merah. Hmmm kebayang donk mas Anis yang makan sampai 30 butir cabai rawitnya, duh...ini saja sudah hua hua... ditambah lagi minum air yang cukup banyak...pedas sekali... Dan sepertinya masih ada lagi yang saya mau contek ide masakannya. Sudah di angan-angan neh.

Okey deh, dari deskripsi mas Anis, akhirnya saya buat ayam geprek ini menggunakan ayam goreng tepung yang saya buat ala saya. Hmmm ayamnya sih bisa ayam goreng tepung, atau ayam goreng biasa ya, sesuai selera saja. 
resep ayam tepung geprek

Nah karena saya sudah kebelet makan ayam geprek ini, makanya saya buat yang praktis yang cepat matang sehingga cepat bisa disantap, he he he... Jadinya ayam yang saya gunakan adalah bagian dada yang tanpa tulang dan kulit yang dipotong agak tipis dan tidak begitu besar, tanpa diberi bumbu apapun secara tepung yang saya gunakan adalah tepung bumbu instan.

Yang mau sedikit repot, bisa kok buat ayam goreng tepung krispi ala KFC, silakan meluncur ke link ayam goreng tepung krispi ya, atau malah punya resep adalan ayam goreng tepung sendiri, silakan gunakan resep andalan ya....

Sippp lanjut ke resep...silakan...

Ayam Geprek

Bahan ayam goreng tepung :
  • 250 gr dada ayam tanpa tulang dan kulit
  • 1 buah jeruk nipis ukuran kecil
  • 100 gr tepung bumbu instan (saya pakai tepung kobe rasa bawang)
  • 4 sendok makan oatmeal instan
  • 300 ml air es untuk celupan
  • minyak untuk menggoreng

Bahan sambal korek :
  • 20 butir cabai rawit merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1/4 sendok teh garam

Cara membuat :
  1. Bersihkan dada ayam, potong tipis dan lebar sesuai selera, kucuri dengan air jeruk nipis, diamkan selama kurang lebih 10 menit, bilas
  2. Di mangkuk, campur tepung bumbu dan oatmeal instan, aduk rata, lalu ambil satu potongan dada ayam, lumuri dengan tepung sambil ditekan perlahan supaya tepung menempel, celupkan ke dalam air es secara cepat, kemudian balur lagi dengan tepung sambil ditekan perlahan, celupkan lagi ke air es dan balur dengan tepung lagi sambil ditekan sehingga tepungnya keriting (proses celup air es 2x)
  3. Lakukan untuk beberapa potong sesuai dengan kapasitas penggorengan
  4. Goreng dalam minyak yang cukup banyak yang sudah dipanaskan sebelumnya, goreng hingga garing dan kuning kecoklatan, balik dan goreng sisi satunya hingga garing kuning kecoklatan
  5. Angkat dan tiriskan, lakukan sampai habis

Penyelesaian :
Ulek cabai rawit dan bawang putih serta garam tidak begitu halus, lalu ambil potongan ayam tepung, geprek atau ulek hingga hancur, sajikan dengan nasi hangat dan lalapan

resep ayam geprek Jogja ala Monic

Nah mudah sekali kan ternyata resep ayam geprek khas Jogjakarta ini, semoga bermanfaat ya, yang mau menikmati sensasi ayam pedas begini, silakan eksekusi resepnya, semoga sesuai dengan selera ya....

Selamat mencoba...


NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. Wualah mbak, mbak,,, lah aku cuman iseng aja loh mbak Monica postingnya. Sepertinya masakan Ayam Geprek Mbak Monica ini jauh lebih kriuk - kriuk dan lezat. Nggak bisa membayangkan, secara selain ayam gepreknya, timun, daun kemangi dan selada ya mbak itu? yang digunakan semuanya seger - seger. Lah aku malah lihat ini, lebih menarik punya mbak,,, Tapi josss loh mbak, sederhana bahannya tapi wuenak. Nieh kalau masih ada, bisa kayaknya mbak di kirim ke Jogja, hehehe. sini - sini :-) , Tapi ini ya mbak Monica, kok kalau makan kebanyakan cabai juga malah kurang menikmati dan kriyuk - kriyuknya berkurang. Apa benar ya jumlah cabai mempengaruhi kriyuk - kriyuknya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakakak...iseng mas tapi berhasil buat ngiler, tapi untung mudah ditiru masakan ayam geprek ini, lah kalau gudeg, susah euy...belum bisa buat, hanya bisa beli dulu, he he he...
      Iya mas Anis, itu selada, wes pokoknya mantep deh rasanya, iya mas kadang kalau terlalu pedas malah rasa yang lain hilang, tapi buat penyuka pedas, ya sensasi pedasnya itu yang enak ha ha ha.. lah kalau kebanyakan cabai ya kalah donk mas kriuk-kriuknya sama cabainya, hmmm lebih enak sih kalau mau dapetin kriuk-kriuknya ya cabainya dikurangi..

      Delete
  2. Resep AZ Resep Ayam Geprek, Delicious !!! :D, Terimakasih sudah berbagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama resep AZ... terima kasih sudah berkunjung...

      Delete
  3. mbak monic, itu sambale mentahan aja ya... atau setelah diuleh kasar dikucur minyak goreng panas ??? thanks, ya !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, itu sambale mentahan aja, tapi kalau suka boleh kok setelah diulek kucuri dengan minyak goreng panas.. biar ga terlalu langu sambalnya..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.