Asam Pedas Ikan Kakap Kecombrang



resep asam pedas kakap kecombrang

Asam pedas lagi, yeay...kali ini saya buat asam pedas ikan kakap dengan kecombrang/honje/kincung. Wuih rasanya, boleh tahan, he he he....mantap disantap dengan sepiring nasi putih hangat..sepiring???

Kalau bicara asam pedas, memang masakan ini sih rasanya mirip pindang juga, hanya menurut saya lebih kaya rasa. Apalagi dengan penambahan kincung dan daun kemangi. Pokoknya segar sekali deh rasanya. Pernah saya buat asam pedas ikan tongkol ketika saya di Palembang, nah komentar adik saya, mirip pindang ya rasanya, dan memang mirip sih...

Kecombrang sendiri banyak namanya, ada yang bilang kincung, nah kalau di Batam biasanya memang sebutannya kincung. Ada lagi nama lainnya yaitu bunga kantan, atau juga honje, dan juga kecicang kalau di Bali. Nah rasanya menurut saya unik, ada rasa asam sedikit dan baunya khas dan kalau dimasak kok jadi enak ya...eits tapi belum tentu semua orang suka kecombrang...tapi saya suka, diolah jadi sambal saja sudah enak, lalu pernah saya buat juga tumisan pedas ayam cincang dengan kecombrang, lalu dituangkan ke atas kangkung dan tauge rebus, duh enak...

Selain ikan, ayam, daging sapi dan telur juga enak dijadikan asam pedas, jadi di blog saya ini, sudah beberapa resep asam pedas yang saya tampilkan, secara memang masakan asam pedas begini favorit saya, segar, pedas dan gurih.

Jadi kalau memasak asam pedas, suka-suka saya juga sih, terkadang untuk asamnya saya gunakan asam kandis, atau asam jawa, terkadang pakai terasi, kadang juga tidak, tetapi kalau untuk trio daun (daun kunyit, daun salam dan daun jeruk) selalu saya usahakan pakai.  Untuk cabainya sendiri, terkadang saya gunakan cabai merah kering juga dan terkadang tidak. Dan kalau melihat bahan-bahannya memang tidaklah begitu sederhana, lumayan banyak bahan yang digunakan, tetapi percayalah kalau rasanya memang mantap, ahaiii...seperti jualan produk neh saya...

Oh iya seperti biasa, saya kalau masak begini tanpa gula ya, jadi yang terbiasa masak dengan gula untuk menyeimbangkan rasa, silakan tambahkan gulanya sesuai selera, bagi pemula yang bingung berapa takaran gula, bisa coba tambahkan 1/2 sendok teh dulu, baru disesuaikan dengan rasanya.   

Okey deh berikut resep asam pedas ikan kakap kecombrang ini ya...silakan.. (resep ini mirip dengan resep asam pedas ayam, silakan cek linknya kalau berminat melihat resepnya)

Asam Pedas Ikan Kakap Kecombrang

Bahan :
  • 1kg ikan kakap putih, potong-potong
  • 1 buah jeruk nipis ukuran besar
  • 2 buah tomat ukuran sedang, potong 6 masing-masing
  • 2 genggam daun kemangi
  • 20 butir cabai rawit merah utuh
  • 2 buah kecombrang/kincung/honje, belah 4 memanjang
  • 3 butir asam kandis
  • 1 batang serai, ambil bagian putihnya dan memarkan
  • 3 lembar daun salam
  • 5 lembar daun jeruk, sobek-sobek
  • 1 lembar daun kunyit, sobek-sobek
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis
  • 800 ml air

Bumbu halus :
  • 8 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 3 cm kunyit
  • 2 cm jahe
  • 2 cm lengkuas
  • 10 buah cabai merah keriting

Cara membuat :
  1. Lumuri potongan ikan dengan air jeruk nipis, diamkan selama kurang lebih 15 menit, bilas
  2. Tumis daun jeruk, daun salam, daun kunyit dan serai hingga harum dan daun berubah warna lalu masukkan bumbu halus, tumis hingga matang dan bumbu tidak langu
  3. Masukkan potongan ikan dan asam kandis, tambahkan air serta cabai rawit, masak hingga kuah mendidih dan ikan matang
  4. Masukkan tomat, kecombrang dan garam, aduk rata, masak hingga tomat mulai lunak, cicipi rasanya
  5. Sesaat sebelum diangkat masukkan daun kemangi
  6. Angkat dan siap dihidangkan

resep asam pedas ikan honje

Nah semoga resep asam pedas ikan kakap kecombrang ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera...


Selamat mencoba...







NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. Belum pernah nyoba sieh mbak,,, tapi kalau pindang udah bolak - balik,,, berarti nggak pakai santan kelapa ya? terus kuahnya berarti pakai bumbu dan air bening mbak ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuih kalau sudah nyobain pasti suka deh mas, he he he... apalagi kalau pedes, doyan kan...
      he eh..kalau asam pedas ga pake santan...kuahnya ya bumbu dan air saja, trus karena pakai ikan jadinya kuahnya kaldu ikan berbumbu..

      Delete
  2. asem pedes. Udah deh bikin ngeces habis. nasi sebakul bakalan habis ini mah hihi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he...bener mba Rina, asem pedas gini memang suka ngabisin nasi...ga berasa aja..ealah kok enak..nambah ah...ha ha ha...

      Delete
  3. waduh, melihat gambarnya saja sudah bikin ngiler. klo di Pontianak ini jadi salah satu menu andalan suku melayu tapi tanpa kecombrang

    ReplyDelete
    Replies
    1. He he he terima kasih mas Dodon...
      oh iya ya, kayaknya kalau sudah ada melayunya, makanannya mirip-mirip ya... di sini asam pedas juga jadi menu andalan loh mas, kalau ada resto-resto seafood gitu, ada aja menu asam pedasnya
      malah ada resto yang terkenal hanya menu asam pedasnya saja...

      terima kasih sudah mampir ya mas..
      wah liputan kuliner mas Dodon di Pontianak sukses buat ngiler, nyam2...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.