Ikan Tongkol Rica-Rica



ikan tongkol rica rica

Buat ikan tongkol rica-rica ini sebenarnya tidak begitu direncanakan, tadinya beli bahan-bahan seperti ikan tongkol dan daun kemangi ini rencananya mau buat panada (roti goreng isi ikan tongkol khas Manado). Nah kambuh lagi malasnya, lain kali saja deh, pilih yang cepat saja, dimasak buat lauk saja neh bahan-bahannya.

Hari ini malas sekali masak yang ribet, biasanya kalau malas yang ribet-ribet kembali lagi masak aneka sambal, tadinya mau disambal saja nih ikan tongkolnya, tapi sudah berapa hari ini masak sambal terus, ya tahu, telur, ayam...cukup bosan.

Kalau di rumah saya di Palembang, menu sambal-sambalan memang menu yang paling sering dimasak oleh ibu saya. Jadi pernah karena bosan adik saya menyeletuk, semua dimasak sambal, hadeuh, membosankan. Tapi walaupun begitu namanya masakan ibu, walaupun hanya sambal-sambalan tetap enak rasanya. 

Dulu itu kalau kebetulan saya di rumah, entah itu sedang liburan sekolah, pulang sekolah lebih awal, nah kalau sudah membuat sambal-sambalan, biasanya cabai dan bawang serta tomat sudah diulek oleh ibu saya, nah kesempatan, saya suka sekali ambil bahan yang akan disambal lalu saya colekkan sambal yang masih mentah, woalah..ini kebiasaan saya dulu dan saya suka sekali melakukannya, saya suka rasa sambal mentah, aroma bawang merah dan bawang putih mentah yang diulek dengan cabai memberikan rasa yang enak di lidah saya.

Untungnya ibu saya tidak marah, paling dia akan berkata, sambalnya sudah dikasih garam tadi sedikit, asin tidak sambalnya? tapi saya tahu diri donk, tidak banyak kok yang saya colek, nanti habis lagi, tidak jadi masak sambal-sambalan, biasalah anak yang baik hati, huekkkk...

Oh iya kalau masakan rica-rica ala ibu saya, memang biasanya diberi kuah sedikit, nah memang yang berkuah sedikit ini malah yang saya suka. Jadi masalah berkuah dan tidak berkuah kembali kepada selera masing-masing ya.

Tadi itu ketika mulai mengeluarkan ikan dari freezer, sudah ada yang mendatangi saya, mengendus-endus. Biasa sudah lama tidak makan ikan, jadi beberapa potong sudah saya pisahkan untuk digoreng buat si kucing gendut Bedul. 

Wah ketika ikannya yang sudah digoreng sudah dingin, mulai mengeong minta ikan, jadi terus membuntuti saya nih kucing, begitu sudah diberi satu potong, wah lahap sekali dia makan, sudah lama tidak makan ikan ya dul..begitu sudah selesai mulai deh jilat-jilat ala kucing, puas sekali dia kelihatannya.

Kembali ke resep ini, nah untuk ikannya tidak saya goreng dulu, supaya kuahnya lebih berasa kaldu ikannya, jadi lebih enak rasa kuahnya. Kalau yang ini juga kembali ke selera masing-masing mau digoreng dulu atau langsung cemplung. 

Okey deh berikut resep ikan tongkol rica-rica ini ya, silakan... (resep kurang lebih sama dengan resep ayam rica-rica dan ayam bakar rica-rica yang pernah saya posting ya)

Ikan Tongkol Rica-Rica

Bahan :
  • 700 gr ikan tongkol, potong sesuai selera
  • 1 buah jeruk nipis ukuran besar
  • 1 buah tomat ukuran besar, bagi menjadi 8 bagian
  • 2 batang daun bawang, potong ukuran 2cm
  • 5 lembar daun jeruk, sobek-sobek
  • 1 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
  • 2 genggam daun kemangi
  • 1 sendok teh garam
  • 200 ml air
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu halus :
  • 10 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 12 buah cabai merah keriting
  • 2 cm jahe
  • 2 cm kunyit

Cara membuat :
  1. Cuci bersih ikan, kucuri dengan air jeruk nipis, diamkan selama kurang lebih 15 menit, bilas, sisihkan
  2. Panaskan minyak, masukkan daun jeruk dan serai, masak hingga berubah warna, tambahkan bumbu halus, dan tumis hingga matang dan mulai mengering, tidak langu lagi
  3. Masukkan potongan ikan, aduk rata dan masak hingga berubah warna, tambahkan air, beri garam, aduk rata, masak hingga kuah mendidih dan ikan matang
  4. Masukkan tomat dan daun bawang, masak hingga tomat layu, aduk rata, sesaat sebelum diangkat masukkan daun kemangi, masak hingga mulai layu, cicipi rasanya
  5. Angkat dan siap dihidangkan


resep tongkol rica rica manado

Nah semoga resep ikan tongkol rica-rica yang saya buat kali ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...



NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. Pokoknya walaupun sambal - sambalan yang masak ibu tetap enak ya mbak ya?
    Dari kecil sudah masak - masakan ibu mbak, jadi ya ibu selalu masak apa pasti tuh masakan pasti habis, hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mas.... memang masakan ibu the best ya...

      Delete
  2. Hi monica
    Wah ..wah ikan rica rica ni nampak berselera..akak pernah Cuba masak dulu
    Memang sedap sangat..buat akak lebih suka ikannya digoreng dulu..suka rasa ikan sedikit rangup..hehe..
    Lauk begini memang senang nak masak Kalau rasa malas nak masak lauk macam2..
    Simple yet menyelarakan...;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak, ikan rica rica ini memang enak rasanya, simple yet delicious..

      he eh kak kalau ikannya digoreng atau tidak memang sesuai selera, saya tidak goreng supaya lebih berasa kuahnya dan mengurangi gorengan juga (halah)he he he...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.