Ayam Garam Masala & Sambal Matah



ayam garam masala sambal matah

Masakan ayam garam masala dan sambal matah ini saya buat masih dalam rangka mengurangi makanan gorengan. Nah dengan hanya menggunakan sedikit minyak zaitun, tada jadilah ayam yang lezat kaya bumbu, dan enak, juicy lalu ditambah sambal matah yang segar, sipppp.

Nah garam masala ini bagi yang belum tahu merupakan bumbu rempah khas India, jadi sangat umum digunakan pada masakan India. Bahan-bahan garam masala adalah ketumbar, cengkeh, kapulaga, jintan, adas, kayu manis, pekak, daun salam(bay leaves). Nah dari rempah-rempah inilah menjadi bumbu dasar garam masala atau bumbu kari India.

Dulu sekali pernah dengar istilah garam masala, nah karena pilon ya, jadi waktu itu pikiran saya, jenis garam yang bagaimana tuh garam masala, ada garam khusus dari India ya...he he he...ealah ternyata garam masala itu adalah bumbu racikan rempah-rempah.

Sebenarnya bisa buat sendiri garam masala ini, jadi cara membuat garam masala ini hanya dengan cara menyangrai semua rempah yang telah saya sebutkan di atas, lalu dinginkan dan haluskan dengan menggunakan blender bumbu kering. Simpan dalam wadah kedap udara, nah jadilah stok garam masala sendiri di dapur kita. Untuk takaran, sebagai sumber, ini saya copykan dari blognya Aarthi - yummy tummy ya : homemade garam masala powder. Kalau mau buat sedikit, kurangi saja takarannya ya...

Garam masala homemade 

Bahan :
  • 1/2 cup ketumbar butiran
  • 1/2 cup adas
  • 1/2 cup kayu manis batangan
  • 1/2 cup jintan/jinten
  • 15 lembar daun salam kering
  • 20 butir cengkeh
  • 20 butir kapulaga (kapulaga hijau, kalau tidak ada bisa gunakan kapulaga putih)
  • 10 butir pekak/kembang lawang/star anise

Cara membuat :
Sangrai semua bahan hingga kering dan harum, angkat dan dinginkan, lalu haluskan dengan menggunakan blender bumbu kering ataupun food processor. Simpan dalam wadah kedap udara.


Nah berhubung saya malas membuatnya sendiri, walaupun sudah lama ingin coba buat sendiri, ealah lihat di swalayan ada bumbu garam masala ini, ya sudah cara praktis, masukkan ke dalam keranjang belanja. Akhirnya tak lama saya gunakan juga nih garam masalanya.

Untuk sambal matahnya, standar saja, biasanya saya membuat sambal matah tanpa serai dan daun jeruk, kali ini mau buat yang sedikit lengkap. Hanya saya tambahkan tomat hijau juga, dan rasanya malah mirip sambal cibiuk, he he he walaupun minus aroma kencur dan tanpa kemangi. Nah biasanya sambal matah pasangannya sate lilit, ahai dipasangkan dengan hidangan lain ya cocok-cocok saja ya.

Okey deh berikut resepnya...

Ayam Garam Masala & Sambal Matah

Bahan :
  • 300 gr dada ayam tanpa tulang dan kulit
  • 1 buah jeruk limau/ jeruk sambal
  • 1/2 sendok makan bubuk garam masala
  • 1/4 sendok teh merica hitam butiran, haluskan atau gunakan pepper grinder
  • 1/2 sendok makan olive oil
  • 1/2 sendok teh cabai bubuk
  • 1/4 sendok teh garam atau tambahkan jika dirasa kurang
  •  2 sendok makan olive oil untuk memasak

Bahan sambal matah :
  • 5 butir bawang merah *
  • 3 siung bawang putih *
  • 10 butir cabai rawit hijau *
  • 10 butir cabai rawit merah *
  • 1 batang serai, ambil bagian putihnya *
  • 2 lembar daun jeruk, buang tulang *
  • 1 buah tomat hijau ukuran sedang *
  • 2 sachet terasi (@5gr)
  • 1 sendok makan olive oil
  • 1/4 sendok teh garam
  • 2 buah jeruk limau/calamansi
 
 Cara membuat :
  1. Potong-potong dada ayam, jangan terlalu tebal, pukul sedikit dengan pemukul daging atau batu gilingan asal melebar saja
  2. Lumuri dengan semua bumbu ayam, diamkan selama kurang lebih 20 menit
  3. Panaskan pan fry atau teflon, beri olive oil, masak ayam hingga berubah warna, balik dan masak hingga matang (perhatikan agar ayam jangan terlalu matang supaya tetap juicy, jadi tidak kering dagingnya)
  4. Angkat dan sajikan di piring

Cara membuat sambal matah :
Iris semua bahan bertanda *, letakkan di mangkuk, remas-remas dengan tangan yang bersarung tangan plastik (supaya tangan tidak pedas), goreng terasi dengan olive oil sampai hancur, lalu langsung tuangkan terasi berikut minyaknya ke dalam campuran bahan sambal, beri garam dan kucuri dengan jeruk limau, aduk rata kembali, siap dihidangkan


Nah semoga resep ayam garam masala dan sambal matah yang saya buat kali ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...

ayam sambal matah


Selamat mencoba...



NewerStories OlderStories Home

10 comments:

  1. Lalu itu garam asin nggak mbak? wah jadi bisa produksi sendiri ya mbak garam masalanya,,, dipasangkan dengan sate lilit? ya enak nuw, lawong sate lilitnya saja udah enak, hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Garam masala ya ga asin mas, kan hanya campuran rempah-rempah...
      iya kalau rajin bisa buat sendiri mas garam masala ini...

      Delete
  2. Sambel matah nya menggoda, kayak nya ini cocok buat sajian di bulan puasa nanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. he eh mas, monggo jadi sajian di bulan puasa, awas buat sambal matahnya jangan kepedesan, ntar sakit perut he he he..

      Delete
  3. Aduh kyknya uenaak ya...garam masala tuh ada yg jual jadi aja kali ya...ribet nyari bahan bikinnya..hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Vari, garam masala ada yang jual kok di swalayan, aku belinya di diamond, pernah lihat ada juga di gelael, di hypermart kayaknya ada juga deh

      Delete
  4. Hi Monica
    sungguh menyelerakan tengok gambar ayam & sambal itu...
    memang menu yang sihat ni..
    aduh..kecur air liur ku...belum makan malam lagi ni....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai kak Ayu, ini nih menu ini memang ga digoreng, jadi paling tidak mengurangi goreng2an kak...
      ahai...ini lapnya kak ha ha ha...

      Delete
  5. Hi mba Monic, aku susi febri. aku google kok ada yg resep garam masala pake pala, kemiri, lada hitam,kunyit, cabe kering. Sebenernya bahan dasarnya apa aja ya mba? Aku udah coba yg punya mba. Udah enak rasanya. Oiya sekedar info aku lg di jerman dan kebetulan bawa bahan2nya dr Indo, jadilah dibikin disini hehehe.. makasih banyak ya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Susi, wah maaf sebelumnya karena lama sekali saya tampilkan dan balas komentar mba ya berhubung saya harus pulang karena ibu saya sakit
      Garam masala sih kalau mau lihat rujukan bisa ke blog India misalnya yummy tummy, bahannya ada ketumbar, adas, jinten, kapulaga, cengkeh, pekak, daun salam
      Wah sudah coba ya, hmm untung sudah bawa bahan dari Indo ya jadi bisa masak sendiri he he he.. Sukses buat mba Susi di sana ya

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.