Lumpia Rebung & Sayuran



resep lumpia rebung dan sayuran

Resep gorengan lagi, resep lumpia lagi, wah ini makanan yang sering saya buat neh, kali ini saya akan bagikan resep lumpia rebung & sayuran. Isinya sih memang rebung, tapi ada juga wortel, jamur tiram, daun seledri dan telur orak-arik.

Ceritanya berapa hari yang lalu ada tukang di rumah, nah buat cemilan yang cepat saja deh, kebetulan semua bahan ada di kulkas, kulit lumpia juga ada stoknya di freezer, tada jadi deh cemilan buat om-om tukang ini.

Kulit lumpia yang saya gunakan seperti biasa adalah kulit spring roll pastry ya, kulitnya persegi, ada ukuran 10cmx10cm dan 20cmx20cm. Jadi saya selalu menyetok kulit spring roll ini, siapa tahu mau buat cemilan gurih ataupun manis jadi mudah, tinggal siapkan isinya saja.

Di Batam, lebih mudah mendapatkan kulit lumpia spring roll pastry atau kulit popiah untuk sebutan lainnya ini daripada kulit lumpia bundar yang biasa untuk lumpia semarang itu ya. Kalau kulit lumpia bundar, biasanya hanya ada di pasar, dan hanya beberapa kedai tertentu saja yang jual. Sudah lama saya tidak beli kulit lumpia yang ini.

Nah kali ini berhubung stok kulit spring roll ada yang besar, sisa 12 lembar saya gunakan saja semua, dan karena masih banyak isinya, saya juga gunakan kulit spring roll yang kecil. Yang besar kasih buat om-om tukang dan yang kecil buat kami di rumah.

Biasalah kalau sibuk di dapur, dalam artian bukan memasak biasa, Sophie suka bertanya, ibu lagi apain? buat apa? saya jawab buat kue untuk oom tukang yang kerja. Kenapa oom kerja dikasih kue? begitu tanyanya lagi. Ya karena oom capek sudah kerja, buat oom makan nantinya. Pipi juga capek kerja, Pipi juga mau kue. Lah Pipi capek kerja apa? Pipi capek kerja ambil-ambil mainan, begitu jawabnya lagi. Halah....ada-ada saja neh si Sophie, tidak mau kalah.

Nah ketika bagian mengisi bahan isian, mulai deh sibuk mau ikut juga berpartisipasi, dia sudah mulai pegang sendok, lalu minta dia saja yang isi kulitnya itu, jadinya beberapa buah saya biarkan dia mengisi, begitu sudah dia isi satu sendok, dia bertanya, lagi ibu? he he he...gayanya so sweet... ah tapi kelamaan ya, akhirnya saya katakan sudah ya Pipi main lagi saja, Pipi lama, oom sudah lapar..harus cepat. Untunglah dia menurut....

Akhirnya cepat-cepat deh, untunglah membuat lumpia begini tidak pakai lama, selesai juga dengan cepat, segera kasih ke oom tukang. Dengan tambahan roti bakar isi selai juga, cukup dulu 2 snack ini yang diberi ke oom tukang untuk snack pagi.

Oh iya, sudah banyak ya resep lumpia yang saya buat menggunakan kulit spring roll ini, baik itu isi gurih ataupun manis, misalnya lumpia ayam sayuran dan lumpia pisang coklat, silakan ketik di kolom search dan ketikkan kata lumpia, maka ada pilihan resep lumpia yang akan tampil. Silakan kalau tertarik mencoba resep lumpia yang lain.

Nah untuk rebungnya kali ini saya menggunakan rebung dalam kemasan 250gr, jadi rebung ini tidaklah bau menyengat (atau istilahnya bau pesing), baunya tidaklah setajam kalau beli rebung di pasar. Jadi yang tidak suka rebung, karena tidak tahan dengan bau khasnya, boleh kok di skip rebungnya, hanya tambahkan jumlah wortel ataupun jamur tiramnya. 

Bapaknya Sophie saja, selama ini tidak suka lumpia menggunakan rebung, katanya bau pesing, tapi dengan rebung ini, dia malah suka, dan kalau belanja ke swalayan, malah seringnya dia yang memasukkan rebung ini ke dalam kereta belanja.

Okey deh...berikut resep lumpia rebung sayuran ini ya...silakan.. (oh iya lupa, untuk lumpia ukuran kecil, kulitnya saya gunakan 2 lembar ya, yang besar 1 lembar saja)

Lumpia Rebung dan Sayuran
untuk 12 buah ukuran besar dan 15 buah ukuran kecil

Bahan :
  • 12 lembar kulit spring roll ukuran 20x20cm
  • 30 lembar kulit spring roll ukuran 10x10cm
  • air untuk merekatkan kulit spring roll
  • minyak yang cukup banyak untuk menggoreng
 
Bahan isian :
  • 250 gr rebung, potong ukuran kecil
  • 100 gr jamur tiram, cuci sobek-sobek
  • 2 buah wortel, kupas, parut kasar
  • 2 batang daun bawang, iris halus
  • 5 batang daun seledri, iris halus
  • 2 butir telur
  • 5 siung bawang putih, cincang
  • 1 sendok makan kecap ikan
  • 1/2 sendok makan saus tiram
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat :
  1. Siapkan bahan isian, peras air pada jamur tiram dan wortel, cukup peras dengan tangan. Tumis bawang putih sampai harum, kuning keemasan, sisihkan ke tepi wajan atau teflon, masukkan telur, orak-arik sampai matang, satukan dengan bawang putih, tambahkan rebung, masak hingga matang
  2. Masukkan jamur tiram, wortel, daun bawang dan daun seledri, tambahkan juga saus tiram, kecap ikan, merica bubuk, aduk rata, masak hingga matang, cicipi rasanya, tambahkan garam ataupun kecap ikan lagi jika dirasa perlu
  3. Angkat dan dinginkan sejenak

Penyelesaian :
Ambil satu lembar kulit ukuran besar, beri isian kurang lebih 2 sendok makan di salah satu sudut kulit, gulung sedikit, lipat amplop dan gulung kembali, rekatkan ujung kulit dengan air, lakukan sampai kulit besar habis. (untuk ukuran kecil, gunakan 2 lembar kulit ya...)

Goreng dengan minyak yang cukup banyak hingga garing, kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan, gunakan tisu dapur untuk menyerap minyak

resep lumpia rebung wortel jamur tiram

Nah semoga resep lumpia rebung, wortel dan jamur tiram ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya....


Selamat mencoba......



NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. Ini kalau di Semarang ada yang jual mbak,,, Lumpia isi Rebung,,,
    Di Jogja, saya malah belum pernah nemuin,,,, enak ya mbak ya sepertinya,,,
    Tapi kalau aku suka yang agak renyah kulit lumpianya, jadi serasa gimana gitu rasanya,,, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan memang di Semarang khasnya lumpia isi rebung kan mas... kalau di Batam ya harus buat sendiri kalau mau makan lumpia rebung he he he...
      ini renyah kok mas kulit lumpianya, walaupun bukan pakai kulit lumpia bundar...makannya kriuk-kriuk gitu

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.