Nasi Kebuli Ayam versi Kukus



resep nasi kebuli ayam panggang

Beberapa hari yang lalu buat nasi kebuli ayam versi kukus ini, nah sebelumnya sudah beberapa kali buat nasi kebuli ayam tapi selalu versi rice cooker. Berhubung masih ada nasi putih biasa di rice cooker, akhirnya ya sudah karena buatnya juga tidak banyak-banyak, gunakan kukusan saja deh, secara kalau nasi kebuli kan berempah banyak dan rasanya sedikit panas, dan Sophie tidak doyan.

Membuat nasi kebuli ini sebenarnya cukup mudah, tetapi rasanya maknyuss, tapi buat yang suka nasi berempah ya, kalau tidak suka ya tentu tidak akan katakan enak, he he he..

Karena nasi kebuli ayam, nah tentu pasangannya ayam kan ya, biasanya kalau membuat nasi kebuli ayam, begitu ayamnya matang, ayam saya angkat, kemudian ayamnya digoreng. Nah kuahnya itu yang dicampur dengan beras ya, jadi kalau versi rice cooker, kuah sisa berbumbu rempah tersebut dituangkan ke dalam rice cooker berikut beras bersih yang akan dimasak, sama halnya seperti memasak nasi biasa, nah air digantikan kuah ayam berempah. 

Kalau versi kukus, begitu ayam sudah diangkat, masukkan beras yang sudah dicuci bersih dan ditiriskan, masak hingga mengental dan tidak tersisa lagi airnya, beras pun sudah mulai berubah warna. Baru deh masukkan ke dalam kukusan yang airnya sudah mendidih, masak hingga matang. Nah untuk takaran air/kuahnya, silakan sesuai dengan selera dan jenis beras serta tingkat kelembutan nasi yang diinginkan.

Jika terasa kuahnya terlalu sedikit, bisa tambahkan sedikit air, atau kalau terlalu banyak bisa dikurangi jumlah kuahnya yang akan dimasak bersama beras.

Oh iya, untuk ayamnya kali ini, saya panggang saja dengan menggunakan oven, jadi masih edisi mengurangi gorengan. Hmmmm supaya irit minyak goreng juga sih....ha ha ha... Jadi ayamnya begitu matang, olesi dengan campuran madu, kecap dan olive oil, panggang sampai permukaan kecoklatan dan kelihatan mengering.

Kalau tidak mau dipanggang, silakan goreng saja ya... kembali kepada selera masing-masing, mau tidak diolah lagi ayamnya juga silakan, toh ayamnya sudah matang kan.

Sebagai pendamping, saya buat sambal terasi, nah kali ini bahan sambal yang masih utuh saya tumis dengan sedikit olive oil sampai layu, angkat lalu blender tanpa air. Jadi deh dengan mudah dan cepatnya membuat sambal terasi begini.

Untuk acarnya saya buat acar tanpa cuka, dan bahan-bahannya selain timun, wortel, saya gunakan juga bawang bombay dan tomat mengkal. Maksud hati sih ingin meniru acarnya yang di resto India Martabak Har Nagoya Batam. Acarnya enak sekali, jadi manis dan asamnya menyatu, tapi rasa asamnya sangat tajam sehingga terasa lebih segar. Nah karena agak kuatir dengan penggunaan cuka masak untuk mendapatkan rasa asam yang intens, akhirnya saya gunakan saja jeruk limau atau calamansi, dan memang untuk mendapatkan rasa asam yang saya mau, cukup banyak juga jeruk yang digunakan.

Nah di acar-acar yang saya buat, biasanya saya suka menambahkan cabai rawit, karena memang mau membuat versi acar resto India tersebut, maka saya tidak gunakan cabai rawit, secara sambal terasinya sudah cukup pedas.

Okey deh, berikut resep nasi kebuli ayam versi kukus yang saya buat ya...silakan...

Nasi Kebuli Ayam Versi Kukus
silakan lihat versi lain di nasi kebuli ayam versi rice cooker

Bahan :
  • 700 gr ayam, potong sesuai selera 
  • 2 buah jeruk nipis
  • 350 gr beras, cuci bersih, tiriskan
  • 350 ml air
  • 1 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok makan olive oil untuk menumis (atau gunakan jenis minyak goreng lainnya)

Bumbu halus :
  • 8 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 cm jahe
  • 1/4 butir pala *
  • 1/2 sendok makan ketumbar *
  • 1/4 sendok teh jinten*
  • 1/4 sendok teh merica butiran* (sangrai bahan *)

Bumbu lainnya :
  • 2 batang kayu manis @4cm
  • 1 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
  • 3 butir kapulaga
  • 2 butir pekak/kembang lawang
  • 5 butir cengkeh
  • 1 1/2 sendok teh garam
 
Cara membuat :
  1. Potong-potong ayam, bersihkan dari lemak dan kulit (yang suka menggunakan kulitnya silakan saja ya), kucuri dengan air jeruk nipis, diamkan selama kurang lebih 15 menit, bilas
  2. Tumis bumbu lainnya sampai harum, masukkan bumbu halus, tumis sampai harum, tambahkan 100ml air, aduk rata
  3. Masukkan ayam, tambahkan sisa air, masukkan garam, aduk rata lalu masak hingga ayam matang, angkat ayam, tiriskan, goreng hingga garing kecoklatan, angkat, tiriskan (saya olesi dengan campuran 3 sendok makan kecap manis, 2 sendok makan olive oil dan 2 sendok makan madu, panggang selama kurang lebih 20 menit dengan suhu 180 derajat celcius)
  4. Dengan api kompor masih menyala, masukkan beras, aduk rata dan masak hingga air menyusut dan beras berubah warna (jika dirasa kurang air boleh tambahkan air sedikit lagi) sementara itu panaskan kukusan dengan api sedang
    cara membuat nasi kebuli kukus
  5. Tuangkan nasi setengah matang ke dalam kukusan, kukus sampai matang, cicipi rasanya


Sambal Terasi

Bahan :
  • 15 buah cabai merah keriting
  • 10 butir cabai rawit merah
  • 2 buah tomat ukuran sedang
  • 8 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 sachet terasi
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 sendok makan olive oil (atau gunakan minyak goreng lainnya)

Cara membuat :
Tumis semua bahan kecuali garam, masak sampai layu dan terasi hancur, angkat dan blender tanpa air, jangan lupa memasukkan garam bersamaan dengan proses memblender ya (atau jika suka bisa diulek kasar)

 

Acar  (acar ala resto India Martabak Har Wanna Be)

Bahan :
  • 1 buah timun ukuran besar
  • 2 buah wortel ukuran sedang
  • 1 buah bawang bombay ukuran besar
  • 2 buah tomat mengkal ukuran sedang
  • 250 ml air
  • 10 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • 12 buah jeruk limau atau lemon cui atau calamansi

Cara membuat :
  1. Buang biji timun, potong-potong, berikut tomat, buang bijinya dan potong-potong, lalu potong wortel dan bawang bombay, letakkan semua di mangkuk
  2. Campur air dan gula, masak hingga mendidih, angkat dan dinginkan sejenak, kucuri dengan air jeruk limau, beri garam, aduk rata, cicipi rasanya
  3. Tuangkan ke dalam campuran bahan yang sudah dipotong-potong, masukkan ke dalam kulkas sampai siap disajikan
silakan lihat acar lainnya : acar timun wortel & acar bawang merah


resep nasi kebuli ayam versi kukus

Nah semoga resep nasi kebuli ayam versi kukus berikut sambal terasi dan acar ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...


NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. Pantesan aku kayak udah pernah baca tentang ayam kebuli ini mbak,,, ternyata bener,,,
    Kayaknya aku nggak terlalu suka itu mbak, secara banyak rempah - rempahnya,,,, gimana gitu rasanya setelah tak bayangkan,,,, hemmm,,, Sophi juga kurang doyan ya mbak kalau nasi ayam kebuli banyak rempahnya,,,, sama deh kalau gitu, :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sayang ga suka ya mas...padahal wuenak ini mas, nasinya berempah, nasinya ada rasa rempah2 gitu, panas berempah nasinya...berarti nasi briyani juga ga suka ya mas...
      he eh Sophie ga doyan, karena panas rempah kali ya mas nasinya... dia makanan yang ada mericanya aja kalau kebanyakan ga doyan dia

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.