Resep Mie Aceh dan Acar Bawang Merah

resep mie aceh
mie aceh
Orang Aceh yang baca posting resep mie aceh saya jangan protes dulu ya..namanya juga usaha masak mie aceh sendiri. Kalau mie aceh yang biasa beli memang menggunakan mie lidi, seperti halnya mie gomak khas tapanuli. Dan yang jelas kalau beli-beli penampakannya tidak begini.

Tetapi rasanya menurut saya sudah cukup mendekati. Ketika bapaknya Sophie makan mie ini dia langsung tebak kalau itu mie aceh. Ya secara dia masih ingat, orang beberapa hari yang lalu kami beli mie aceh di dekat rumah.

Dan menurut saya dari beberapa mie aceh yang kami pernah beli, hanya satu yang enak, tetapi sayang orangnya tidak jualan lagi. Orangnya sekarang jualan sayuran, padahal mie dan nasi gorengnya enak menurut saya. Dan saya sudah menjadi pelanggan dia sebenarnya. Kalau ingin makan mie aceh tinggal meluncur ke sana.

Biasa penjual mie aceh memang berjualan mulai sore hari sampai dini hari. Dan biasanya tidak jauh dari tempatnya jualan selalu ada juga yang jual bandrek, teh telur dan jenis minuman hangat lainnya. Mie aceh di Batam, untuk harga kaki lima cukup murah, hanya dibandrol 10 ribu rupiah. Sama juga dengan nasi gorengnya.

Nah sebenarnya, kalau saya tidak lupa nih, saya pernah tanya beda mie goreng, mie basah dan mie kuah, karena memang saya lihat di menunya ada 3 jenis mienya. Hmmm ternyata mie goreng itu ya mie yang kering, mie basah diberi sedikit kuah dan mie kuah ya mie dengan kuah yang cukup banyak. Tetapi selama ini saya hanya pernah mencoba mie goreng dan mie basah. Dan favorit saya adalah mie goreng.

Khasnya mie aceh di batam, entah di tempat lain ya, mie dilengkapi dengan kacang goreng, acar bawang merah, timun iris serta kerupuk. Biasa saya selalu pilih acar dan kacang gorengnya duluan untuk dimakan bareng mienya. Enak sekali paduan acar, kacang tanah goreng dan mienya. Hanya kali ini saya tidak goreng kacang tanahnya. Tetapi walaupun begitu tetap enak, karena saya buat acar bawang merah dan cabai rawit cukup banyak, puas-puasin deh makan acarnya. Pada dasarnya resep acarnya sama saja dengan resep acar timun wortel.

Karena sering beli saya bisa sedikit mengira-ngira bumbunya, hanya tidak tahu takaran, malas untuk ujicoba resep sendiri. Nah untungnya beberapa hari yang lalu sudah bookmark resep mie aceh ini di blognya mba Linda Salut. Ahai..terima kasih resepnya ya mba..enak mba..serius.. Jadi saya gunakan resep mba Linda sebagai acuan dengan sedikit modifikasi.

Penampakan mie aceh saya memang rada kemerahan karena saya gunakan cabai kering dan cabai merah segar juga. Dan untuk menambah pedas saya tambahkan lagi cabai rawit merah. Jadi mantap deh, mie rempah, pedas pula. Mie yang saya gunakan adalah mie telur kering, mba Linda gunakan mie basah.

Okey..berikut resep mie aceh dan acar bawang merah yang saya buat ya...silakan..

Tertarik mencoba mie aceh versih rebus atau kuah, silakan lihat di mie rebus Aceh ya....


Mie Aceh 

Bahan :
  • 200 gr mie telur, masak sesuai petunjuk kemasan, tiriskan
  • 100 gr dada ayam, potong sesuai selera
  • 15 butir bakso ikan, potong 2
  • 5 lembar kol, iris
  • 100 gr tauge
  • 1 buah tomat ukuran besar, iris
  • 2 batang daun bawang, iris
  • 3 batang daun seledri, iris
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 2 sendok makan kecap asin
  • 4 butir bawang merah, iris
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 3 sendok makan minyak untuk menumis
  •  sedikit air (saya tidak pakai karena saya blender bumbu halus menggunakan air)

Bumbu halus :
  • 15 buah cabai merah keriting kering, rendam dengan air panas selama kurang lebih 10 menit
  • 10 buah cabai merah keriting segar
  • 5 butir cabai rawit merah
  • 8 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sendok teh jinten sangrai
  • 1/2 sendok teh kunyit bubuk
  •  3 butir kapulaga

Cara membuat :
  1. Masak mie telur jangan sampai terlalu lembut, angkat, tiriskan, beri kecap manis dan kecap asin, aduk rata, sisihkan
  2. Haluskan bumbu dengan blender yang diberi sedikit air, sisihkan
  3. Tumis bawang merah hingga harum, masukkan bumbu halus, tumis hingga bumbu matang dan harum, tidak langu. Kemudian masukkan tomat, ayam dan bakso, aduk rata, masak hingga ayam berubah warna
  4. Tambahkan kol, tauge, daun bawang, masak hingga sedikit layu, masukkan mie, beri garam, merica, aduk rata, masak sebentar 
  5. Angkat dan siap disajikan
  6. Sajikan dengan pendamping acar bawang merah, kacang tanah goreng, kerupuk, timun

 Acar Bawang Merah Cabai Rawit

Bahan :
  • 8 butir bawang merah ukuran besar, iris
  • 100 gr cabai rawit
  • 175 ml air
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 2 sendok makan cuka
  • 1/2 sendok teh garam

Cara membuat :
  1. Masukkan air ke panci, tambahkan garam dan gula, masak hingga gula larut, cicipi rasanya, sesaat sebelum diangkat, tambahkan cuka,aduk rata
  2. Angkat dan tuangkan ke dalam campuran irisan bawang merah dan cabai rawit, dinginkan
  3. Diamkan beberapa saat sebelum disajikan, semakin lama semakin enak

resep acar bawang merah
acar bawang merah

Nah semoga resep mie goreng aceh dan acar bawang merah cabai rawit ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba, semoga sesuai selera ya...

NewerStories OlderStories Home

8 comments:

  1. mantaaap . . . bener aku bilang,jika pakai cabe kering pasti warnanya lebih cantiiik...terimakasih sudah mencoba resep mie acehnya..;) ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Linda, merahnya memang cantik mba...rasanya juga mantap bana..
      ih kalau buat mie begini ya kok jadinya pengen buat lagi..he he he... terima kasih sudah sharing resepnya ya mba...

      Delete
  2. Blm pernah nyicipin nih sy....

    *sodorin piring....

    ReplyDelete
  3. Ayo tante Lina, buat..enak lho..ya tapi gitu deh seleranya orang Sumatera banget ini..he he he...pedas berempah...
    aduh maaf tante..sudah habis...

    ReplyDelete
  4. thanks mba monica sharing resep nya jd mau langsung coba mala ini☺️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Sierra,
      sama-sama mba...selamat mencoba semoga sesuai ya dengan selera mba..
      terima kasih sudah mampir ya mba...

      Delete
  5. Ni resep baru baca aja sy sdh yakin pas n cocok nih. Bbrp resep masukin jahe sbg bumbu. Wlpn mie aceh pakai seafood, kunyit udah cukup buat mengurangi rasa amis. Next time mau coba ni resep. Mksh ya mba monic.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Kiranaika, semoga cocok beneran ya mba di lidah...selamat mencoba mba.. oh saya baru tahu mba ada yang masukin jahe juga..

      terima kasih kembali mba.. terima kasih sudah mampir ya

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.