Resep Eggless Kastengels



resep eggless kastengels

Kukis lagi...lagi... kali ini saatnya eggless kastengels. Dari namanya kastengels ini tanpa telur di adonan ya, ya tetap pakai telur juga sih buat olesan. Nah saya buat kukis kastengels tanpa telur ini karena mau coba resep yang ini, cukup penasaran juga, bukan berarti sedang tidak ada stok telur di dapur ya..he he he... bukan juga pelit...ha ha ha... kalau pelit mah tidak buat kastengel secara lebih mahal keju donk daripada telur.

Nah dulu pernah buat kastengels versi ncc, hanya kejunya saya gunakan keju cheddar, ini enak rasanya, lalu buat kastengels versi Hesti's Kitchen, pakai keju edam, yang ini enak ngeju sekali rasanya. Buat kali ini kastengels eggless versi Just My Ordinary Kitchen-Ricke, pakai keju cheddar juga, tetap enak walaupun tanpa telur juga. 

Tujuan saya buat kastengels tanpa telur ini selain penasaran juga karena ingin menambah perbendarahaan resep aneka kastengels di blog ini, he he he...siapa tahu bermanfaat ya..kan... bahkan pernah coba buat juga kastengels roti tawar, halah... pokoknya mah selagi mood mencoba resep..coba saja...kalau sedang tidak mood..bye bye deh buat-buatan beginian.

Oh iya bicara kue khas hari raya, saya pernah lihat tayangan TV, salah seorang penyiar berita katakan, baginya kukis lebaran itu tidak bisa lepas dari yang namanya trio kukis, ada yang tahu apa saja trio kukis ini? yup... apalagi kalau bukan nastar, kastengels dan putri salju. Nah ketiga kue kering ini memang tidak pernah absen kan ya... walaupun kukis jadul tapi tetap selalu kekinian. Walaupun sudah ada beberapa modifikasi, tetap yang versi klasik menjadi idola banyak orang.

Bicara resep eggless kastengels ini, yang saya buat, sudahlah tidak pakai telur, eh pakai keju cheddar, eh pakai margarin semua, tidak ada campuran butter sama sekali, wah kalau begini benar-benar resep kastengels ekonomis kan ya... tapi tenang walaupun ekonomis, rasanya tetap enak kok.

Yang suka butter/mentega, gunakan saja ya..mau dicampur dengan margarin, silakan saja, karena kan sesuai selera, jadi suka-suka yang buat, kan kita yang makan jadi sesuaikan dengan selera kita saja. Yang suka ngeju sekali, silakan gunakan keju edam dan parmesan, yang tidak begitu suka ngeju, silakan gunakan keju cheddar, sipppp deh...

Nah langsung ke resep ya... berikut resepnya, silakan... (oh iya, saya hanya buat setengah resep dari resep tercantum di bawah dan menghasilkan 1 toples ukuran 500 gr)

Eggless Kastengels

Bahan :
  • 300 gr mentega (atau campuran mentega dan margarin, dengan perbandingan sesuai selera) -- saya gunakan full margarin
  • 350 gr tepung terigu protein sedang (saya gunakan protein rendah, merk kunci biru)
  • 50 gr tepung maizena
  • 2 sendok makan susu bubuk
  • 100 gr keju edam parut (saya gunakan keju cheddar semua)
  • 100 gr keju parmesan parut

Bahan olesan :
  • kuning telur, kocok lepas (saya gunakan 1 buah kuning telur + 1/2 sendok teh madu, campur rata)

Bahan taburan :
  • keju cheddar parut


Cara membuat :
  1. Campur dan ayak tepung maizena, terigu dan susu bubuk, sisihkan
  2. Kocok mentega dengan mixer sebentar saja sampai lunak, tidak perlu sampai putih (saya kocok hanya menggunakan balloon whisk sampai margarin lunak)
  3. Masukkan keju parut, aduk rata dengan sendok kayu, tambahkan campuran tepung, aduk dengan sendok kayu sampai rata
  4. Cetak adonan dengan cookie cutter sesuai selera (saya gunakan plastik wrap, letakkan adonan di antara 2 buah plastik wrap, gilas dengan ketebalan kurang lebih 5mm, cetak dengan cetakan kastengels), letakkan di loyang tanpa dioles margarin, lakukan sampai habis
  5. Beri olesan dan taburi dengan keju cheddar parut, panggang dengan suhu 125 derajat celcius sampai permukaan kuning kecoklatan (saya panggang dengan suhu 150 derajat celcius selama kurang lebih 25 menit) ---- ingat sesuaikan dengan oven masing-masing ya, beda oven beda karakter
  6. Keluarkan dari oven, dinginkan dan simpan di toples / wadah kedap udara


resep kastengels tanpa telur

Nah semoga resep eggless kastengels (kastengels tanpa telur) ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba.....



NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. Halo mba...pa kbr? Sy ida lg nih hehe dr tg.pinang.
    Trus terang sy bru tahun ini bikin kastengel, itu pun krn request suami. Udah bikin 2 resep dgn resep yg berbeda, semua resep ny hasil jelajah mbah google hehe...tp 2 resep itu hasilnya sdikit sekali,jd pengen bikin 1 resep lg. Nah kebetulan di fb barusan sy liat fb mba posting ini kastengel eggless pula wah..langsung sy klik dech. Mau tanya donk mba klu kastengel eggless itu teksturnya gimana mba?... apa bedanya dgn yg pake kuning telur dr segi tekstur n rasa?.. makasih sebelumnya ya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai hai mba Ida.. teksturnya sih lebih renyah sih kalau saya boleh bilang, kalau rasa sih beda tipislah dengan yang pakai telur, tidak beda banyak, hanya memang yang pakai telur lebih lembut, yang buat perbedaan rasa sih kalau menurut saya di penggunaan keju, pakai edam atau cheddar, lalu pakai butter atau margarin, tapi kembali lagi ke selera mba... saya sih selama yang namanya kastengels suka semua he he he...

      Delete
  2. Waaahhh... lagi2tahun ini sama spt tahun kmrn bunda, sy beli ajah kue2 nya... hehehe...
    Ga sempet deh bikin'y...

    Oiya bund, cobain putri salju eggless.nya mba Rina Audie dapur manis...
    Enak mba... sy prnah coba, rasa'y jadul.bgt... jd inget masa.kecil...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai tante Lina, iya kalau ada dedek mah sibuk ya... dek Fabi sudah mulai gede ya..
      oh iya ya... he eh kapan2 tak cobain resepnya mba Rina yang eggless putri salju..pernah lihat postingan mba Rina yang ini.. hmmm jadi penasaran pengen coba juga hehehe.. thanks tante Lina infonya

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.