Kolak Hijau Pandan Pisang



resep kolak pandan pisang

Hari ini saya mau tampilkan resep kolak hijau pandan pisang, cihuy, panjang sekali ya namanya. Nah tumben juga neh saya buat kolak, eits tunggu dulu, kolak hijau ini sudah saya buat beberapa minggu yang lalu, maklum ya...ngendon dulu di draft. Jadi kalau resep di draft tidak harus first come first out, atau first come first served, jiah sudah seperti moto jualan ya...he he he..

Saya jarang buat kolak, bahkan mungkin ini kolak pertama yang saya buat setelah saya di Batam, what... ya begitulah.. secara saya juga tidak begitu doyan kolak, eh malah bapaknya Sophie sama sekali anti kolak. 

Dulu di Palembang waktu kecil, ibu saya sering buat kolak, dan seringnya kolak singkong, secara singkong kan murah ya, he he he... jadi saya dulu cukup bosan yang namanya kolak singkong. Selalu berharap coba deh sekali-sekali campur apa begitu singkongnya. Ya terkadang dicampur pisang juga sih, tapi jarang.

Nah kolak identik dengan kuah gula merah bersantan kan ya... dan kalau yang namanya kolak pisang itu perasaan saya enaknya sih pakai pisang kepok, dan rasanya enak gurih manis. Kali ini saya buat yang sedikit beda, tanpa gula merah dan saya gunakan pisang kapas. Jenis pisang apaan tuh pisang kapas, saya saja baru tahu ada yang namanya pisang kapas.

Ceritanya ke pasar neh, ke penjual pisang-pisangan, nah lihat ada pisang agak aneh bentuknya, pisangnya masih keras tapi warnanya sudah kuning. Bagian ujung pisangnya juga sedikit aneh menurut saya, tidak seperti pisang pada umumnya. Lalu bertanyalah saya ke penjualnya, ini pisang apa ya? berapa sekilo? penjualnya jawab, pisang kapas, sekilo 8 ribu rupiah. Hmm tidak mahal juga, akhirnya belilah saya 1 kilo.

gambar pisang kapas

Nah karena pisang ini masih mengkal ya, jadi tidak begitu manis rasanya, dan pas dijadikan kolak yang berkuah manis.

Okeh deh, tanpa lama-lama lagi berikut resep kolak pisang hijau kali ini ya.... silakan...

Kolak Hijau Pandan Pisang

Bahan :
  • 3 buah pisang kapas (atau bisa gunakan pisang kepok, raja atau pisang lainnya), kupas potong serong
  • 250 ml jus pandan dari 10 lembar daun pandan
  • 250 ml santan sedang (saya gunakan santan instan 65ml + air)
  • 8 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam

Cara membuat :
Masak jus pandan dan gula pasir hingga gula larut, tambahkan garam, masukkan pisang, masak hingga pisang matang, terakhir masukkan santan, masak kembali hingga mendidih sambil diaduk, cicipi rasanya, angkat dan sajikan hangat atau dingin.

resep sederhana kolak hijau pisang

Nah semoga resep sederhana, kolak hijau pandan pisang ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...



NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. Replies
    1. sama mas...toss ah.. suka banget juga dengan wangi daun pandan

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.