Puding Roti Sawi Hijau & Jagung Manis



resep puding roti sawi hijau jagung manis

Ide mengolah roti tawar salah satunya adalah dibuat menjadi puding roti, selain puding roti manis ada juga puding roti gurih atau savoury bread pudding. Nah campurannya bisa apa saja, bisa sosis, ayam, tuna, kornet atau apa saja yang cocok untuk dibuat hidangan gurih. Tambahkan sayuran yang bisa cocok dipadupadankan dengan protein gurihnya, sebut saja wortel, brokoli, atau sayuran beku campur atau juga sayuran lainnya. Nah kali ini saya buat hanya kombinasi sayur sawi hijau dan jagung manis, yup puding roti sawi hijau dan jagung manis, walaupun begitu rasanya enak juga. Jadi ceritanya buat puding roti versi vegetarian neh.

Nah puding roti ini saya buat untuk bekalnya Sophie juga. Jadi saya panggang dengan menggunakan cetakan silikon. Ceritanya masih suka memberdayakan cetakan silikon baru, uhuy..

Beberapa hari yang lalu beli sayuran cukup banyak di pasar kaget. Sempat kaget juga dengan harga sayuran sekarang ini. Sawi hijau yang biasanya mahal sekali, bisa mencapai belasan ribu bahkan di atas 20 ribu sekilo, nah ini harganya 8 ribu rupiah saja sekilo, senang donk ya, beli setengah kilo saja sudah banyak sekali. Lalu bayam juga begitu, jarang sekali harganya di bawah 10 ribu rupiah, ini hanya 7 ribu saja perkilo, kangkung lebih murah lagi, hanya 5 ribu rupiah, what? serasa bukan di Batam, dan ini juga yang saya suka, tomat turun harga, hanya 8 ribu rupiah, senang sekali..

Dulu pernah bahkan harga tomat gila-gilaan, mencapai 30 ribu perkilo, duh..disayang-sayang deh tomatnya, kalau tidak butuh sekali tidak pakai tomat, he he he... sekarang masak mau banyak-banyak tomat tidak masalah, murah..

Tapi kalau di daerah lain mungkin malah lebih murah ya, hanya saja karena di Batam, kalau harga sayur mayur murah itu rasanya sesuatu deh... sesuatu..

Nah puding roti gurih kali ini resepnya mirip dengan savoury bread pudding yang pernah saya buat sebelumnya atau juga mirip dengan puding roti bayam & jamur juga, ya beda-beda tipislah. 

Berikut langsung ke resep ya, siapa tahu bisa menginspirasi membuat tambahan menu olahan roti tawar, silakan....

Puding Roti Sawi Hijau & Jagung Manis

Bahan :
  • 6 lembar roti tawar berkulit, masing-masing bagi menjadi 8 bagian
  • 350 ml susu cair
  • 3 butir telur
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 3 sendok makan mayonnaise
  • tumisan sawi hijau dan jagung manis
  • 30 gr keju kraft quick melt, parut kasar (atau bisa gunakan keju mozarella atau keju cheddar untuk taburan)

Tumisan Sawi Hijau & Jagung Manis

Bahan :
  • 5 batang sawi hijau, potong kecil ukuran kurang lebih 5mm
  • 1 buah jagung manis ukuran sedang, sisir
  • 3 butir bawang merah, iris
  • 3 siung bawang putih, cincang
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/8 sendok teh merica bubuk
  • 1 butir telur
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat :
Tumis bawang putih sampai harum, masukkan bawang merah, tumis kembali sampai harum, masukkan telur, orak-arik sampai matang, tambahkan jagung manis, aduk rata dan masak hingga mulai matang, masukkan sawi hijau, aduk rata dan masak hingga layu, tambahkan garam dan merica bubuk, cicipi rasanya


Cara membuat puding roti :
  1. Siapkan cetakan, panaskan oven, set di suhu 180 derajat celcius. Di wadah cukup besar, masukkan roti tawar, sisihkan, Kocok telur bersama dengan susu cair, tambahkan garam dan merica bubuk, aduk rata. 
  2. Tuangkan ke dalam wadah berisi roti tawar, biarkan kurang lebih selama 5 menit sampai campuran susu terserap roti, tambahkan tumisan jagung sawi hijau, berikut tambahkan mayonnaise, aduk rata secara perlahan. 
  3. Tuangkan adonan puding roti ke dalam cetakan silikon atau loyang yang sudah dioles minyak di bagian bawah dan sampingnya. Beri taburan keju parut. 
  4. Panggang selama kurang lebih 20-25 menit (tergantung oven masing-masing) sampai permukaan kuning kecoklatan, keluarkan dari oven, dinginkan. Keluarkan dari cetakan, siap dinikmati dengan saus sambal, saus tomat dan mayonnaise.

cara membuat puding roti sawi hijau jagung manis

Nah semoga resep puding roti sawi hijau dan jagung manis ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...



NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. Karena mba Monic ngomongin sayuran, saya jadi teringat sama semua teman kerja saya yang berasal dari Toraja sama seperti mba Monic. Asli, mereka semua doyan banget makan sayuran. Tiap belanja ke pasar, belanjaan paling banyak pasti sayuran. Ketika memasak, porsi sayuran lebih banyak daripada lauknya. Wow, takjub saat makan bersama mereka. Soalnya saya tidak suka sayuran hijau. Makanya jadi sakit seperti sekarang.

    Makanan sehat bergizi nih. Sangat cocok bagi orang yang tidak suka makan sayur hijau seperti saya. Hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he... wah iya mba... temen kerja mba Ima yang orang Toraja pada doyan sayur ya.. tapi memang enak mba sayuran itu.. mau dilalap, ditumis, direbus juga enak

      iya mba boleh dicoba neh makanan begini, cocok buat yang tidak suka makan sayur seperti mba Ima

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.