Seblak Macaroni



resep seblak macaroni

Wuihhh sudah lama sekali saya tidak buat seblak, nah kali ini ingin rasanya menyantap makanan satu ini. Unik memang kalau bicara seblak, rasanya yang pedas dan aroma kencurnya yang kuat menjadikan makanan satu ini cukup banyak pecintanya, termasuk saya he he he... 

Seblak itu sebenarnya bahan utamanya adalah kerupuk ya, hanya saya rasanya saya tidak begitu mood untuk menyantap lagi seblak dengan kerupuk, saya lebih suka bumbu seblak ini dipadukan dengan pasta. Nah kali ini saya buat seblak macaroni, secara ada stok macaroni di dapur. Menggunakan jenis pasta apa saja sih bisa, enak-enak saja, bahkan dengan paduan bihun ataupun soun pun enak, seperti yang pernah saya buat soun goreng sayuran bumbu seblak.

Hayooo siapa yang belum pernah makan yang namanya seblak? tahu seblak saja tidak? hmm saya tuliskan lagi ya, nah seblak itu asalnya dari Bandung, sudah lama cukup populer dan akhirnya tentu di jaman mudahnya internet sekarang, seblak sudah bisa dinikmati oleh siapa saja, secara resepnya sudah bertaburan di dunia maya, jadi siapa saja yang berminat sudah bisa membuat sendiri makanan satu ini.

Seblak itu adalah kerupuk yang dimasak dengan bumbu pedas berasa kencur yang dicampur dengan protein apa saja, sebut saja ayam, telur, sosis, bakso dan suka-suka siapa saja yang memasaknya mau dicampur apa. Selama pedas dan dibumbui dengan duo bawang dan  kencur saya rasa sah-sah saja disebut seblak.

Karena ini saya buatnya sangat pedas, walaupun setelah saya coba, pedasnya tidak keterlaluan, yang sampai membuat saya mengeluarkan air mata tiada henti, atau sampai hidung berair, lalu terpaksa berhenti sebentar makan dan sibuk minum buat menghilangkan pedas atau mencari makanan manis supaya pedasnya hilang. Nah yang ini masih standar, saya hanya menggunakan 10 butir cabai rawit merah. Tapi yang ini bukan cabai rawit merah setan ya, ini cabai rawit Thai yang besar-besar dan padat.

Belakangan ini standar pedas saya sebenarnya sudah berkurang ya, maksudnya sedikit cabai sudah bisa membuat saya kepedasan dan berakibat di perut. Jadilah mungkin standar cabai 10 butir ini sudah cukup pedas, nah kalau dulu, 10 butir ya belum pedas sama sekali.

Dulu pernah saya beli ketoprak di Batam ketika masih baru-baru tinggal di Batam. Penjualnya ya termasuk langganan juga sih, masnya ini asli Cirebon. Nah kalau beli saya selalu pesan pedas. Di awal si mas ini belum tahu standar saya, jadi dia pikir sudah pedas, berikutnya saya katakan kalau yang sebelumnya itu tidak pedas. Okeh mba... begitu katanya, ini saya tambahkan cabai rawitnya ya... sambil dihitungnya, saya ingat sekali dia hitung sampai 21 butir, halah...  ternyata sudah cukup pedas. Berikutnya lagi di lain kesempatan saya beli lagi, nah saya konfirmasi kalau 21 butir itu sudah pas.. he he he... untung harga cabai rawit waktu itu belum sempat menggila...

Oh iya, sebelum lupa, kemarin saya ada posting website yang mencuri konten blog saya bisa lihat di pempek kulit krispi dan pencuri konten blog saya, tidak hanya satu konten, banyak, tidak sedikit kalimat atau hanya resep atau gambar, tetapi plek persis, apa yang saya tulis di blog saya, itu yang muncul di website tersebut. Saya sudah tinggalkan pesan di kolom komentar di mana hanya itu cara saya menghubungi pemilik web. Tetapi tidak digubris, malah dengan seenaknya konten saya yang terbaru ditampilkan juga di sana.

Akhirnya saya membuat pengaduan ke Google DMCA, ah lega.. ternyata pengaduan saya disetujui, dan ketika saya cek website tersebut, konten saya sudah tidak bercokol lagi di sana. Nah ini yang saya suka dengan tim Google DMCA, aih mungkin karena banyak ya konten saya yang dicuri, jadi cepat tindakan tim Google DMCA ini.


Ya terkadang jika kita sudah memasang banner DMCA protected, tapi tetap saja ya, namanya pencuri nekat. Selalu ada cara untuk mencuri konten orang lain. Namanya juga pencuri ya... semakin berpengalaman, ada saja caranya dan semakin nekat.

Okey deh, sekarang kembali lagi kepada resep seblak macaroni ini ya, siapa tahu tetap bisa bermanfaat ya... ini dia resepnya...

Seblak Macaroni

Bahan :
  • 50 gr macaroni, masak sampai aldente
  • 3 buah sosis, iris serong
  • 1 butir telur
  • 2 batang sawi hijau, potong-potong
  • 1 batang daun bawang, iris
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok teh saus tiram
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu halus :
  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 10 butir cabai rawit merah
  • 3 cm kencur

Cara membuat :
Tumis bumbu halus sampai harum dan tidak langu, masukkan telur, orak-arik hingga matang, tambahkan sosis, aduk rata dan masak sebentar, tambahkan sawi hijau dan daun bawang, masak hingga mulai layu. Masukkan macaroni, beri garam dan saus tiram, aduk rata kembali, cicipi rasanya, angkat dan siap dihidangkan.


cara membuat seblak

Nah mudah sekali kan membuat seblak macaroni ini, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya....


Selamat mencoba...


NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. Seblak gk familiar nih mba di Medan. Tp kpn2 aq mo coba buat deh. Kyk apa sih rasanya ya...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayo mba Rini dicobain, biar ga penasaran lagi sama seblak ya he he he...

      Delete
  2. Saya mba, belum pernah makan Seblak. Hehehe...

    Syukurlah, semoga tidak adalagi yang mencuri konten blog mba Monic dan blogger lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ntar kalau sudah tidak pantang makan lagi, boleh donk mba Ima cobain buat seblak biar tahu rasanya nyeblak itu ya he he he...

      he eh mba...sebenarnya masih ada sih para pencuri itu hanya belum saya laporkan lagi mba.. masih mengumpulkan mood dulu buat laporan lagi he he he...

      Delete
  3. beneran suka update-an resep-resep mba monic liat fotonya pun udah buat kemecer dan menelan air liur hihihi...

    Alhamdulillah cepet ya mba penanganan google ikut lega, semoga ga jadi kapok berbagi di blog ya :D

    oh iya saya ga pernah update di blog masih gaptek mba *balesnya disini sekalian* hihihhi... :D

    Pulang kantor ntar bikin ahhh seblak, Thanks Mba monic ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah senang kalau mba Evi senang dengan update resep2 saya, uhuy..
      he eh mba lega penanganan google cepat dalam hal ini.. karena banyak yang dicuri juga kali mba..

      waduh.. padahal saya neh ceritanya lagi menunggu updatenya mba Evi neh he he he... semoga semangat buat belajar ngeblognya, jadi rame isi blog mba Evi

      silakan dicoba mba, semoga suka ya.. terima kasih ya sudah mampir lagi... ntar kalau ada update blog info di mari ya mba..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.