Tuna Mayo Pizza



tuna mayo pizza

Resep pizza lagi neh, kali ini ada resep tuna mayo pizza tapi yang versi empuk, versi adonan roti, resepnya masih sama dengan resep pizza mini empuk yang belum lama ini saya posting. Neh ceritanya Sophie minta dibuatkan pizza lagi, ealah emaknya malas membuat pizza mininya, harus membagi adonan, gilas satu-satu,beri topping satu-satu, ya sudah bujuk anaknya supaya mau yang versi besar saja, untungnya mau.

Jadi pizza empuk ini menurut saya enak juga, hmmm lain kali ya kalau tidak malas mau buat lagi pizza empuk begini. Tapi karena memang adonan rotinya menggunakan resep roti tanpa ulen, jadi membutuhkan waktu lebih lama di proses proofingnya, harus lebih bersabar, beda dengan resep pizza favorit saya yang hanya butuh waktu proofing 20 menit saja.

Oh iya dulu saya pernah buat chicken mayo pizza, di resep tersebut, potongan ayamnya saya campur dengan mayonnaise, diaduk baru dijadikan topping. Nah kali ini tidak saya campur potongan tunanya, tapi mayonnaisenya dijadikan topping saja dan ternyata Sophie suka sekali dengan pizza empuk ini.

Kemarin itu Sophie main sebutkan benda-benda dan binatang yang ternyata kalau selain binatang dia katakan bunga. Kok bisa ya... cukup aneh.. jadi ditanya oleh bapaknya kalau kucing itu apa? kucing itu sama dengan cat, jadi binatang. Kalau sapi itu apa? sapi itu cow jadi binatang. Nah kalau mobil apa? bunga katanya. Loh kok bisa bunga, saya menyeletuk, iya bunga jawabnya. Tapi saya tidak ikut lebih jauh dengan pembicaraan mereka. Bapaknya tanya lagi, kalau kucing di dalam kandang? kucing itu binatang, kandang itu bunga.. jadi binatang dan bunga. 

Begitu banyak pertanyaan bapaknya, tetap saja pengelompokannya binatang dan bunga. Lalu saya iseng lagi nimbrung, kalau pisang? pisang itu bunga begitu jawabnya... lalu saya katakan kok bisa bunga itu loh nak..pisang itu kan buah...oh iya ya..pisang itu buah kata Sophie. Akhirnya pengelompokannya ada 3, bunga, binatang dan buah. Haiyoyo....ada-ada saja nih anak. 

Okey deh kembali ke resep pizza empuk ini, jadi karena resepnya sama saja dengan resep pizza mini empuk, yang mau resepnya monggo cuzz ke resep pizza mini empuk ya. Bedanya kalau yang ini begitu adonan sudah dikempiskan, letakkan di loyang bundar diameter 26cm, atau loyang persegi 26x26cm. Sebarkan adonan di loyang menutupi semua permukaan loyang bundar, untuk loyang persegi sebarkan adonan membentuk bundar, atau kalau suka sebarkan adonan menutupi loyang sehingga pizzanya menjadi pizza kotak. Adonan disebarkan dengan cara ditekan saja dengan tangan ya, secara adonannya cukup lembut.

Beri olesan saus yang kali ini saya gunakan campuran saus tomat, oregano dan sedikit gula pasir kurang lebih 1 sendok teh gula pasir.  Beri tuna kaleng, beri mayonnaise yang dimasukkan ke dalam kantong segitiga, semprotkan mayonnaise membentuk pola sesuai dengan selera. Lalu yang terakhir beri irisan keju mozarella. Panggang deh... cuzz yang mau lebih lengkap cara membuatnya silakan klik link pizza mini empuk ya.


tuna mayo pizza empuk

Nah terlihat kan tekstur roti tuna mayo pizza ini tebal dan empuk, dan memang sangat empuk, bahkan sampai keesokan harinya, dengan catatan pizza disimpan di wadah kedap udara, karena roti ataupun pizza yang terkena udara akan mengeras. 


Sipppp, yang tertarik dengan resep pizza empuk, silakan mencoba resep tuna mayo pizza ini ya, semoga cocok dengan selera.



Selamat mencoba...



NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. Wahhhh....geram Nya akak tengok pizza Monica ni..
    Dah terasa kat tekak kegebuannya.....rasa macam nak makan pizza tapi malas nak uli..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha kak Ayu bisa saja
      aih ini pizza mudah kok kak buatnya kan buat yang tanpa uli, karena sampai saat ini saya tetap malas menguli adonan roti dan pizza kak he he he

      Delete
  2. Hmmmm... Lezzaat.... Hidup pizza, pizza terus, heheheh....

    Si Sophie ada-ada aja ya, mbak. Fotonya mana nih? Kok belum tayang, mbak? Heheheh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih mba Ima, ketularan sama mba Ima, ngepizza aja jadinya he he he...

      iya ya belum tayang juga neh fotonya, dia sekarang ogah difoto mba.. ga kayak kecil dulu, hobi

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.