Bubur Manado Praktis



bubur manado

Ini kali pertama saya memasak bubur manado sendiri. Padahal kalau untuk memakannya sudah sedari kecil makan. Secara ibu saya penggemar bubur manado dan sering kali masak bubur manado ini. Hmmm lengkap dengan pasangan bubur manado, ikan asin dan sambal terasi. Nah berhubung dari dulu saya kurang menyukai ikan asin, jadilah kalau makan bubur manado ini hanya bubur dan sambal saja. 

Dulu itu kalau melihat siapa saja makan bubur manado dengan ikan asin saya terheran-heran, apa enaknya ikan asin itu ya.. kok sampai lahap sekali makan pakai ikan asin..ha ha ha... kalau sudah makan bubur manado, ibu saya akan ribut, kamu tidak makan ikan asinnya? padahal enak loh bubur manado dimakan dengan ikan asin, begitu kata ibu saya lagi.

Namanya juga beda orang beda selera, jadi sampai saat ini walaupun masih termasuk tidak begitu doyan dengan ikan asin, tapi sudah mau makan ikan asin, tapi untuk jenis tertentu saja. Di mana saya rasa tidak aneh di mulut itu yang saya mau makan.

Kalau sudah masak bubur manado, ibu saya mulai deh berkata, bubur begini ini yang saya paling suka, banyak sayurannya, itulah mengapa oma-oma manado itu sehat-sehat, makanannya begini saja dan untuk sayuran tinggal memetik di halaman, jiahhhh begitu kata saya dalam hati.

Di rumah sendiri ibu saya menanam daun gedi, daun yang memang khasnya sayuran dalam bubur manado ini. Tapi seingat saya baru beberapa waktu ini baru ada tanaman gedi di rumah. Nah ibu saya katakan kalau memasak bubur manado memang enaknya pakai daun gedi. Hmmm tapi karena saya tidak begitu doyan, kalau ada saya makan, kalau tidak ada ya tidak masalah..jadi ketika pulang ke rumah saya tidak pernah minta dimasakkan bubur manado.

Tapi entah kenapa, kok saya ingin makan bubur manado ya... secara mungkin sudah lama sekali tidak makan, dan karena memang ada stok jagung manis cukup banyak dan ada labu kuning juga, pikir-pikir mau diolah apa ya... ahai enak kali ya makan bubur manado, hitung-hitung buat sendiri, kan belum pernah buat sendiri. Tapi khasnya bubur manado berupa daun gedi tidak ada...

Jadi ceritanya kemarin saya buat bubur manado ini, yang versi praktis saja, langsung menggunakan nasi bukan beras, dan memang memasaknya jadi lebih cepat dan tada..tanpa menunggu lama bubur manado ala saya sudah siap disantap.

Pelengkapnya sambal terasi dan ikan bandeng presto, masih belum berminat makan ikan asin, padahal sudah berdiri di depan kios penjual ikan asin di pasar, lihat-lihat ikan asin siapa tahu berselera, tapi akhirnya membatalkan niat membeli ikan asin ini. Malah memilih repot membuat bandeng presto sendiri ha ha ha...

Buburnya boleh praktis, tapi bandeng prestonya ini malah kok tidak praktis, mau memasak cepat tapi malah cukup lama he he he..

Dan karena jagung sedang murah di pasar, dan karena prinsip mumpung murah, jadi beli jagungnya cukup banyak, itulah mengapa bubur manado saya ini malah lebih mirip bubur jagung ha ha ha.. 

Untuk resep bandeng presto, yang mau intip-intip resepnya di sini ya di resep bandeng presto homemade, kali ini saya tambahkan juga lengkuas sebesar ibu jari di bumbu halusnya. 

Ok sippp yang mau lihat resep bubur manado praktis ala saya, ini dia resepnya ya.. silakan..

Bubur Manado 

Bahan :
  • 250 gr nasi putih
  • 800 ml air
  • 1 sendok teh garam
  • 5 batang kangkung, potong kasar
  • 5 batang daun bayam, potong kasar
  • 1-2 buah jagung manis, disisir
  • 250 gr labu kuning, potong kotak
  • 1 genggam daun kemangi
  • 2 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan

Cara membuat :
Masak nasi putih dan air sampai nasi lunak dan air menyusut kurang lebih 1/2 bagian, masukkan serai, masukkan labu kuning, masak hingga labu kuning empuk, tambahkan jagung, masak sebentar lalu tambahkan kangkung dan bayam, masak hingga layu, beri garam, cicipi rasanya, jika sudah pas, masukkan daun kemangi, aduk rata, biarkan kemangi layu, matikan api dan siap dihidangkan


Sambal Terasi 

Bahan :
  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 75 gr cabai rawit
  • 2 buah tomat ukuran sedang
  • 2 sachet terasi @ 5gr
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh gula
  • 3 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat :
Tumis semua bahan hingga lunak, haluskan, beri garam dan gula, cicipi rasanya



resep bubur manado praktis

Nah semoga resep bubur manado praktis ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba..




NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. Horeeee....
    Akhirnya ada resep yang bisa dipraktekkan, jadi tidak ngiler melulu. Heheheh.

    Saya suka makan bubur Manado dengan dan tanpa ikan asin, mba. Yang tidak saya makan biasanya sayuran hijaunya, heheheh...

    Harus dicoba. 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he iya.. akhirnya ya... maaf ya mba Ima..
      waduh... malah sayuran hijaunya yang tidak dimakan ya.. hmm tidak doyan sih ya..namanya juga selera ya mba

      sippp semoga nanti dicoba ya..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.