Resep Bandeng Presto Homemade (Homemade Indonesian Pressure Cooked Milkfish)

Scroll down for recipe in ENGLISH

bandeng presto homemade
bandeng presto
Sudah lama sekali tidak makan ikan bandeng presto ini, ada ide untuk mengeksekusi resep bandeng presto homemade. Ya sejak punya pressure cooker tentu mudah ya kalau mau buat bandeng presto dan tentunya menu-menu lain. Nih seperti yang saya lihat di buku resep masakan dengan pressure cooker karangan Lily T Erwin.

Ada resep rawon, yang pernah saya coba, kemudian gudeg, bubur kacang hijau dan ketan hitam, lontong, rendang dll. Nah memang kebetulan ketemu buku ini, ketika ada diskon buku-buku gramedia. Hmmm lumayan kan..menambah koleksi buku resep.

Kali ini saya memasak bandeng presto ini dengan menggunakan referensi resep Lily T Erwin, hanya saya modifikasi dengan beberapa tambahan bumbu. Secara bumbunya hanya bawang merah, bawang putih, kunyit, daun salam..nah supaya lebih enak saya tambahin bumbu lagi..he he he...

Di swalayan di Batam ada sih yang jual bandeng presto produk dari Semarang, halah tetapi harganya mahal sekali. Untuk 1 bungkus dengan 1 ekor ikan ukuran sedang harganya sampai 38 ribu rupiah. Ada juga rumah makan yang menyediakan menu bandeng presto, untuk 1 potong ikan (dari 1 ekor ikan dibagi 3 bagian) harganya 10 ribu rupiah. Kalau bisa buat sendiri kenapa tidak ya..homemade bandeng presto lebih baik..banyak..ha ha ha..

Dengan nasi putih hangat, lalapan (walaupun hanya ada timun) dan sambal korek, aih...makan ya kok terasa enak. Apalagi jika masak dalam kondisi lapar kemudian ketika matang tinggal santap..makyuss deh. Tetapi cukup harus bersabar sebentar..lakukan sesi pemotretan dulu...

Oh iya..untuk bandengnya, 1 kg terdapat 3 ekor ikan, nah saya minta tolong sekalian penjualnya bersihkan sisik, buang insang dan bagian perut ikan, kemudian langsung dibagi. Karena ikannya cukup besar maka saya minta bagi 3. Di foto cuma ada 2 potong karena tempatnya tidak cukup..he he he...bingung menyusunnya...

Untuk memasaknya menggunakan pressure cooker (panci presto), sebaiknya gunakan petunjuk pemakaian panci presto masing-masing ya, tiap panci berbeda. Nah karena panci presto saya sedikit ada masalah, hmm mungkin di seal karetnya, maka biasanya untuk memasak suatu masakan butuh waktu lebih lama daripada yang tercantum di resep.

Okey, berikut resepnya ya..silakan... untuk resep sambal korek bisa lihat di sambal korek ya..hanya saya tambahkan tomat hijau.

Resep Bandeng Presto Homemade
adaptasi dari resep bandeng presto ala Lily T Erwin
dengan modifikasi oleh saya

Bahan :
  • 1 kg ikan bandeng, bersihkan sisik, insang dan bagian perut
  • 2 sendok teh garam
  • 3 sendok makan air jeruk nipis
  • 10 lembar daun salam
  • 10 lembar daun jeruk
  • 400 ml air
  • 1 sendok makan asam jawa, larutkan dengan 30 ml air
  • 2 butir telur, kocok 
  • minyak untuk menggoreng

Bumbu halus :
  • 10 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri sangrai
  • 3 cm kunyit
  • 2 cm jahe
  • 2 sendok teh ketumbar, sangrai (atau gunakan ketumbar bubuk)
  • 1 batang serai, ambil bagian putihnya
  • 2 sendok teh garam


Cara membuat :
  1. Lumuri ikan dengan garam dan air jeruk nipis, diamkan selama kurang lebih 10 menit, bilas
  2. Lumuri ikan dengan bumbu halus, beri daun jeruk yang disobek-sobek, diamkan selama kurang lebih 1 jam
  3. Tata sekitar 6 lembar daun salam di dasar panci, susun potongan ikan bandeng, kemudian tuangkan sisa bumbu berikut air, beri asam jawa yang sudah dilarutkan dengan air
  4. Masak selama kurang lebih 1 jam (sesuaikan dengan panci masing-masing)
  5. Angkat, dinginkan
  6. Celupkan dalam kocokan telur, goreng dalam minyak panas sampai kecoklatan
  7. Angkat dan tiriskan
  8. Siap dihidangkan

ENGLISH version

It is time to make the signature dish from Semarang (Central Java capital city). Nowadays we can find the soft spines milkfish everywhere in Indonesia. People can make it homemade easily, homemade version soft spines milkfish, thanks to pressure cooker, yeah.

Using Lily T Erwin recipe, I adjusted some ingredients, finally I can make my own homemade Indonesian pressure cooked soft spines milkfish. It is really a simple recipe, everyone can make it. So here is the recipe, check it out :

Homemade Indonesian Pressure Cooked Milkfish (Bandeng Presto)

Ingredients :
  • 1 kg milkfish, removes scales, gills and clean fish thoroughly (cut each fish into 3 parts or two parts if using big fish, or use a whole fish if use small one)
  • 2 teaspoons salt
  • 3 tablespoons lime juice
  • 10 bay leaves
  • 10 lime leaves
  • 400 ml water
  • 1 tablespoon tamarind, dissolved  in 30 ml of water
  • 2 eggs, beaten
  • vegetable oil for frying

Seasoning :
  • 10 shallots
  • 6 cloves garlic
  • 5 candlenuts, toasted
  • 3 cm turmeric
  • 2 cm ginger
  • 2 teaspoons coriander seeds, toasted (or can use coriander powder)
  • 1 stalk lemongrass, use the white part
  • 2 teaspoons salt

How to :
  1. Marinate fish with salt and lime juice, let stand for about 10 minutes, rinse
  2. Process seasoning in a blender with a little bit water, marinate fish with seasoning and shredded lime leaves, let stand for about 1 hour
  3. Add in about 5-6 bay leaves in the bottom of pressure cooker, add in fish, pour in remaining seasoning following with water, add in dissolved tamarind
  4. Cook for about 1 hour, remove from stove, let cool
  5. Dip in beaten egg, fry in hot oil until golden brown, transfer out to plate with paper towel, let cool
  6. Transfer to a serving plate, serve with sambal as you want
milkfish with pressure cooker recipe
indonesian pressure cooked milkfish

Nah semoga resep bandeng presto homemade ini bermanfaat ya..silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera ya...
NewerStories OlderStories Home

8 comments:

  1. saya suka banget dgn ikan bandeng, walaupun banyak yg bilang kalo ikan ini punya banyak tulang...

    tapi bukan jd halangan u saya menikmatinya...
    (y)
    bandeng presto bolh dicoba nih... makasih mbak monic :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ikan bandeng enak...di bakar bumbu garam dan jeruk nipis saja enak, disantap dengan sambal cabai rawit, hmmm yang ini favorit saya juga..walaupun banyak tulangnya.

      terima kasih sudah mampir..wah toko onlinenya keren, tadi baru buka beberapa halaman...nanti mau lihat2 lagi..

      Delete
  2. kira2 6bln yang lalu saya beli panci presto krn kangeeenn bgt sm bandeng presto, nasib perantauan klo pgn makanan indo hrs bkn sndiri.. udah membultkan niat utk bikin + eksekusi.. tp kok baru 10 mnt udah bau gosong, air di panci kering.. hikss.. saya bingung apanya yg salah.. ikan di panci udah gosong gak bs dimakan..
    setelah ceki2 ternyata karet penutup lubang di tutup panci blm sy pasang, jadi airnya nguap.. sampe skrg blm nyoba pake panci presto lg... hehehe..

    liat bandeng prestonya mb monica, jadi pgn nyoba lg.. smoga tar berhasil... oiya mbak sy newbie nih sbg blogger.. main2 ke blog saya ya, dan kalau berkenan mohon kasih masukan.. makasih :)

    www.mahes-familydiary.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Maya,
      salam kenal ya...hi hi hi senyum2 saya baca ceritanya, memang kalau di dapur suka ada saja kejadian lupa sesuatu, nanti jangan lupa lagi ya mba..semoga berhasil..begitu ya nasib di perantauan, kalau mau makan masakan indo harus masak sendiri, tadi saya sudah mampir ke blog mba Maya, menggoda masakannya..sip2 mba semangat...nanti saya lihat2 lagi..semangat posting mba, jadi banyak koleksi, ntar saya coba resep dari blog mba Maya..saya suka coba2 resep dari siapa saja...oh iya..linknya ga muncul ya mba, soale saya setting link di kolom komentar ga muncul, soalnya suka ada yang nyepam.. makasih sudah mampir ya mba..sukses buat mahe's kitchen

      Delete
    2. salam kenal juga mbak monica... tar saya kabari ya mbak kalo udah eksekusi bandeng presto.. hehehe...

      makasih banyak ya mbak :)

      Delete
  3. Mba, Sy baru rencana beli panci presto. Gmn Ya milih panci Preto yg baik namun terjangkau. Trus kalo ikan bandengnya cm satu ekor bumbu Nya berlalu Seperti di atas?soalnya di tukang sayur Belinya per ekor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Kania,
      maaf ya lama sekali komennya dipublish dan direply...
      Hmmm kalau saya sih milih panci presto yang merk standar aja dulu mba..merk maxim..di carrefour dan hypermart biasanya ada dan harganya menurut saya cukup terjangkau mba...pernah ada yang tawarin panci presto merk lain tapi harganya di atas 1.5jt...hmmm saya pikir-pikir deh, tapi memang besar dan bisa untuk menggoreng juga.
      Kalu per ekor ya mba kira-kira beratnya berapa, atau timbang sendiri aja, nah kalau kurang dari 1kg ya kurangi sedikit bumbunya mba, demikian sebaliknya.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.