Homemade Saus Pasta & Pizza



homemade pasta pizza sauce

Setelah rajin membuat saus tomat homemade, maka mumpung masih mood dengan saus-sausan, saya lanjutkan saja membuat saus lainnya, dan ini dia.. homemade saus pasta dan pizza. Jadi saus ini bisa digunakan langsung neh sebagai olesan pizza atau sebagai saus pasta, ya seperti saus pasta botolan itu loh, dan rasanya sudah mirip.

Pada dasarnya saus pasta dan pizza ini ya saus tomat juga, hanya saya tambahkan oregano kering dan bawang bombay di bahannya. Nah prosesnya juga sama saja, jadi masih tetap proses yang mudah saja, begitu tomat dan duo bawang sudah dihaluskan tinggal direbus lagi, campur bahan lain dan masak hingga mengental, jadilah saus pasta dan pizza ini.

Biasalah ya, tester saya itu adalah Sophie, jadi begitu sudah jadi saus ini, saya beri dia untuk cicipi rasanya, dan katanya enak..malah minta sesendok lagi dimakan begitu saja. Lalu saya coba masakkan penne dengan saus ini, nah dia makan juga tapi protes karena saya campur keju. Eh sore harinya minta makan saus lagi... eh malah minta dicampur dengan nasi. Tapi ternyata dia tidak begitu suka campuran nasi dengan saus pasta pizza ini, jadi hanya dimakan beberapa sendok saja, hi hi hi mungkin rasanya tidaklah begitu pas.

Nah malam harinya, bapaknya katakan ingin makan pizza, yuk kita beli pizza, begitu katanya. Lalu saya katakan, di sini hanya ada pizza hut loh kalau mau beli.. dan tahu sendiri kan harganya yang semakin melambung. Hmmm tidak ada pizza lain ya..begitu katanya lagi. Iya. tidak ada begitu jawab saya. Aih..aih dulu masih ada Papa Ron's Pizza, tapi hanya sebentar saja keberadaannya.

Lalu saya katakan, ya sudah kalau begitu saya buat saja. Rasanya juga tidak kalah kan dengan rasa pizza hut.. ahai... sebegitu gayanya saya bicara begitu. Tapi memang rasanya lumayanlah ya.. untuk pizza homemade, rasanya sudah memuaskan dan harganya tentu sangat bersahabat dengan kantong. Hanya butuh sedikit waktu dan usaha dan tentu saja biaya bahan yang sangat murah dibandingkan dengan beli pizza jadi.. tentu saja. 

Nah enaknya membuat pizza sendiri adalah bahan topping bisa suka-suka. Nah untuk request pizza yang ini, maunya Sophie hanya topping ayam dan keju, tidak mau paprika lagi. Lalu saya katakan mau pizza diletakkan telur tidak di atasnya? kalau pizza itu bukan pakai telur ibu.. yang pakai telur itu roti begitu kata Sophie.Oalah ternyata Sophie jadi ingat dengan roti bundar tebal yang di atasnya ada telur dengan keju yang banyak yang beli di Hypermart.

Hmmm karena pada mau pizza, termasuk bapaknya dan saya juga tentunya, jadi saya buat 2 loyang. Cukup banyak dan ternyata sisa sampai besok paginya. Dan jadi rejeki abang yang antar gas he he he..

Nah bicara soal gas, sebenarnya di komplek saya tinggal ini sudah masuk gas dari PGN, sudah dites oleh orang PGN sampai ke kompornya. Begitu dites, lancar-lancar saja kompornya mau kompromi. Sipp.. jadi sudah tanda tangan kalau sudah ok gasnya. Begitu orang PGN pergi, saya tes sendiri, memang selama kurang dari 1 menit, api kompor mau menyala, setelah itu tidak bisa lagi. Lah karena saya mau memasak ya sudah minta bapaknya Sophie pasang lagi selang gas ke tabung gas saja. 

Akhirnya saya masih menggunakan tabung gas lagi, jadi sampai sekarang masih pakai gas LPG dulu, nanti baru mau telepon orang PGN. Hmmm semoga saja nanti bisa nih gas PGN-nya.

Sippp ah.. berikut resep homemade saus pasta dan pizza versi simple yang saya buat ya... silakan...

Saus Pasta & Pizza

Bahan :
  • 500 gr tomat
  • 5 siung bawang putih
  • 1 buah bawang bombay ukuran kecil, berat kurang lebih 60gr
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1 1/2 sendok teh oregano kering
  • 3/4 sendok teh garam
  • 1 buah jeruk nipis ukuran sedang atau 1/2 buah lemon
Cara membuat :
Cuci bersih tomat, kerat bagian ujung bawah tomat, buat keratan tanda silang (ini untuk memudahkan mengupas kulitnya setelah direbus), didihkan air, rebus tomat sampai kulitnya terlihat mengelupas, angkat dan masukkan ke dalam air es, biarkan beberapa saat hingga dingin, kupas kulitnya. Memarkan bawang putih (ini yang saya lakukan) atau haluskan supaya tidak berbutir. Cincang bawang bombay. Potong-potong tomat, masukkkan ke dalam chopper atau blender (kali ini saya gunakan blender, tanpa air ya), tambahkan juga bawang putih dan bawang bombay, haluskan sampai benar-benar halus atau tidak sampai halus, kembali kepada selera masing-masing. Masak tomat halus sampai mendidih, tambahkan oregano, garam dan gula pasir, aduk rata, masak hingga meletup-letup, tambahkan air jeruk nipis atau jus lemon, masak kembali hingga kental. Cicipi rasanya, tambahkan garam atau gula jika suka, angkat dan dinginkan. Masukkan ke wadah kedap udara, simpan di kulkas.


resep saus pasta pizza homemade

Nah semoga resep homemade saus pasta dan pizza ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...



Selamat mencoba...




NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. Kalau bisa bikin apa-apa sendiri, memang tak perlu lagi beli yang di luar rumah karena buatan sendiri pasti lebih terjamin kualitasnya dan bisa disesuaikan isi dompet, heheheh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. he eh mba Ima, benar sekali tuh...lebih puas lagi ya.. dan kalau berhasil buat sesuatu yang enak dan disukai keluarga jadinya senang sekali ya kan..

      Delete
  2. Beneerr mba....dr pd beli pizza yg harganya dah melambung mending bikin aja hahaaa...

    Rini

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he... benar mba Rini.. mending buat ya daripada beli..sayang duitnya

      Delete
  3. tahan berapa lama di kulkas mba? kalau dibekukan bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba/mas.. tahan berapa harinya mungkin kurang lebih 1 minggu ya..tapi saya belum coba sendiri nih, ini baru saya coba, masih tahan 2 hari di kulkas.. bisa kok kalau dibekukan..tapi yang ini belum saya coba sendiri, tapi kalau baca2 referensi, saus begini bisa dibekukan

      terima kasih ya sudah mampir

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.