Mie Ayam Goreng Kunyit



mie ayam goreng kunyit

Ini menu kemarin, entahlah punya ide buat mie goreng tapi pakai dicampur ayam goreng kunyit, hmmm jadilah mie ayam goreng kunyit ini. Secara kemarinnya lagi ketika beli timun di pasar... iseng tuh penjualnya menawarkan kacang panjang, murah katanya 10 ribu rupiah saja. Tapi saya menolak.. eh tapi kemarin kok malah jadi ingin beli kacang panjang.

Dan ternyata harganya masih sama, hmmmm jadi pas deh.. semua bahan ada untuk membuat mie ayam goreng kunyit ini. Nah dulu saya pernah posting resep ayam goreng kunyit ini, tapi ini sebenarnya tumisan saja sih bukan ayam goreng biasa berbumbu kunyit. Dan ternyata ayam goreng kunyit ini termasuk salah satu makanan khas Thailand juga.

Walaupun bumbunya sederhana tapi rasanya enak. Hmmm karena ceritanya biasalah ya kalau dapat yang murah begitu, sebut saja kacang panjang kali ini, jadi saya tambahkan kacang panjang cukup banyak dan setelah dicampur mie dan semua bahan, loh kok malah dominan kacang panjangnya..mienya malah menyelip.. jadi sebenarnya lebih cocok kacang panjang ayam goreng kunyit dengan mie ha ha ha...

Tadinya saya takut kebanyakan mienya, jadi saya hanya gunakan 1/2 bungkus mie telur. Dan ternyata tidak sebanding dengan kacang panjangnya...he he he.... jadi resep ini sebenarnya cocok untuk 1 bungkus mie telur... atau kacang panjangnya dikurangi, tapi eits yang suka sayuran tidak masalah kok..malah enak kan ya.

Nah untuk Sophie saya buatkan ayam goreng kunyit saja, tanpa tambahan apa-apa, jadi ayam yang sudah dibumbui dengan garam, kunyit bubuk dan merica hitam serta sedikit minyak, langsung saja dimasak dengan sedikit minyak sampai ayamnya matang. Hmm ternyata Sophie suka dengan masakan ayam begini.

Ok deh... sekarang lanjut ke resep ya.. ini dia.. silakan...

resep mie ayam goreng kunyit

Mie Ayam Goreng Kunyit

Bahan :
  • 100 gr mie telur, masak lalu tiriskan
  • 300 gr dada ayam tanpa kulit dan tulang, potong memanjang
  • 1 sendok teh kunyit bubuk
  • 1/4 sendok teh merica hitam, haluskan (atau gunakan merica bubuk putih)
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok makan minyak goreng
  • 1 buah bawang bombay, iris memanjang
  • 10-15 batang kacang panjang, cuci, potong ukuran kurang lebih 5cm
  • 5 buah cabai merah keriting, iris serong
  • 6 siung bawang putih, memarkan
  • 1/4 sendok teh garam
  • minyak untuk menumis
  • 1 sendok teh saus tiram
  • 1 sendok makan kecap asin gelap (dark soy sauce) atau gunakan kecap asin biasa
  • 1/4 sendok teh merica hitam halus (atau gunakan merica bubuk putih)

Cara membuat :
  1. Campur dada ayam dengan merica hitam, kunyit bubuk, garam dan minyak goreng, diamkan selama kurang lebih 10-15 menit
  2. Panaskan teflon atau frying pan sampai benar-benar panas, tambahkan 1 sendok teh minyak, tumis bawang bombay dan cabai hingga bawang bombay transparan, angkat dan sisihkan
  3. Panaskan lagi teflon, beri sedikit minyak, tumis kacang panjang sampai berubah warna, angkat dan sisihkan
  4. Panaskan lagi teflon, beri sedikit lagi minyak atau tanpa minyak jika suka, masak ayam hingga berubah warna dan sedikit kecoklatan, angkat dan sisihkan
  5. Panaskan lagi teflon, beri sedikit minyak, tumis bawang putih sampai harum, masukkan ayam yang sudah dimasak tadi, masak hingga lebih kecoklatan, tambahkan kacang panjang, bawang bombay dan cabai merah, aduk rata, masukkan mie goreng, beri kecap asin, saus tiram dan merica hitam, aduk rata, cicipi rasanya, tambahkan garam jika perlu, angkat dan siap dihidangkan

mie goreng kacang panjang

Nah semoga resep mie ayam goreng kunyit dengan kacang panjang ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...



Selamat mencoba...




NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. Seneng deh liat mba Monic rajin update hehe...
    Jd lapeeeerr....enak bgt itu mba... #glek

    RINI

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi hi hi sedang rajin ini mba, moga aja ga kumat lagi malesnya

      ayo buat mba Rini, enak ini..

      Delete
  2. Telan... Telan.... Jangan sampai menetes (Jorok ih..., heheheh)
    Habiiis, menggoda banget, tapi sayang sungguh sayang makanan pantang, hiks...hiks...

    Toss dulu ah sama Sophie. Sukanya makanan sederhana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha bisa aja mba Ima ini..
      he eh ya makanan pantang lagi.. telan ludah dulu..

      toss...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.