Turmeric Stir Fried Chicken (Ayam Goreng Kunyit)

turmeric stir fried chicken
ayam goreng kunyit
Sudah lama sekali resep ayam goreng kunyit atau turmeric stir fried chicken ini saya bookmark. Ketika tidak sengaja lihat resep turmeric stir fried chicken ini di blognya Wendy - Table for 2 or more. Langsung ngiler lihat foto ayam goreng kunyitnya.

Baca-baca resepnya dan ternyata bahan-bahannya sederhana saja dan prosesnya juga bisa dibilang cukup mudah, hanya memang membutuhkan proses menumis beberapa kali untuk beberapa bahan karena bahan-bahannya ditumis terpisah kemudian di akhir proses baru ditumis bersamaan.

Nah walaupun bahan-bahannya sederhana, tetapi rasanya, enak sekali kalau saya bilang. Jadi memang dari bahan yang sederhana bisa dihasilkan masakan yang lezat. Ayam goreng kunyit ini memang cukup populer ya di kalangan Malaysian food blogger. Kalau sering blogwalking ada saja yang sudah mencoba resep ayam goreng kunyit ini.
Kalau dari namanya sih ayam goreng kunyit karena ada memang versi yang deep fried, nah versi Wendy ini adalah ditumis saja-stir fried. Hanya ketika diakhir proses ayam ditumis hingga kering dan kecoklatan. Nah hanya saja saya tidak tumis sampai kecoklatan, karena sedang tidak ingin makan yang garing.

Pernah dulu perhatikan pengunjung blog dari Malaysia mencari ayam goreng kunyit dan terdampar di blog saya di ayam goreng kunyit versi Indonesia. Hmm sempat berpikir ah mungkin sedang ingin buat ayam goreng kunyit ala Indonesian, atau memang orang Indonesia di Malaysia. Hmmm setelah ketemu resep ayam goreng kunyit ala Malaysian ini jadinya malah kepikiran oh mungkin resep ini yang dicari.

Nah setelah mencoba resep ini, maka resep ini menjadi resep favorit saya, thanks Wendy for sharing the delicious recipe, really loved it. Kapan-kapan mau buat lagi deh secara mudah dan enak, dan yang pasti tidak butuh waktu lama menyiapkannya.
Okey yang mau resepnya ini dia ya resepnya dengan sedikit sekali perubahan oleh saya, silakan.

Turmeric Stir Fried Chicken (Ayam Goreng Kunyit)

Bahan :
  • 300 gr dada ayam tanpa tulang dan kulit, potong sesuai selera atau iris tipis sesuai selera
  • 1 sendok teh kunyit bubuk
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk atau gunakan merica hitam
  • 1 sendok makan minyak goreng
  • 1 buah bawang bombay merah ukuran besar (saya gunakan bawang merah besar sebanyak 3 buah) iris memanjang dan pisahkan bagian-bagiannya atau bisa gunakan bawang bombay biasa
  • 10 batang kacang panjang, potong 5 cm, cuci dan tiriskan
  • 1 cabai merah besar (saya gunakan 5 buah cabai merah keriting), iris serong tebal
  • 4 siung bawang putih, memarkan
  • 1/4 sendok teh garam
  • minyak goreng untuk menumis

Cara membuat :
  1. Campur daging ayam, kunyit bubuk, garam, merica dan minyak goreng, aduk rata dan diamkan selama kurang lebih 10 menit
  2. Panaskan wajan atau teflon hingga sangat panas, masukkan bawang merah dan cabai, kemudian tambahkan 1 sendok teh minyak goreng, masak hingga bawang mulai lunak, angkat dan sisihkan
  3. Panaskan kembali wajan atau teflon hingga sangat panas, masukkan 1 sendok teh minyak goreng, tambahkan kacang panjang, masak hingga kacang panjang berubah warna tetapi masih renyah, angkat dan sisihkan
  4. Dengan wajan/teflon yang sama, panaskan 2 sendok makan minyak goreng, masukkan potongan ayam berbumbu, masak hingga ayam berubah warna, matang dan mulai kelihatan kering, angkat dan sisihkan
  5. Panaskan wajan/teflon kembali, masukkan 1 sendok teh minyak goreng, panaskan lalu masukkan bawang putih, masak hingga kekuningan, masukkan ayam kemudian dan masak sampai ayam kecoklatan dan kelihatan sedikit garing, masukkan kacang panjang, cabai dan bawang merah, aduk rata, masak sebentar saja hingga harum, tambahkan garam jika perlu, cicipi rasanya, angkat dan siap dihidangkan
resep malay ayam goreng kunyit
ayam goreng kunyit malay
Nah walaupun kelihatannya prosesnya agak banyak, tetapi cukup mudah dan cepat, dan yang pasti enak. Semoga resep turmeric stir fried chicken atau ayam goreng kunyit Malay ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga suka ya.



NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. Semacam tumisan gitu yaaaa, enak ada kacang panjang nya. Aku pikir tadi nanas lho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas Cumi, ini semacam tumisan gitu, he he he kuning-kuning gitu memang mirip nanas ya, eh ternyata ayam yang dikunyitin...nyam2..ini tumisan enak deh mas...serius..

      Delete
  2. Hi!
    Actually this dish is not Malay in origin, it is commonly found in Southern Thai restaurants in Malaysia.
    I'm glad you liked this recipe, and thanks for linking back :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Wendy,
      Oh really... this turmeric stir fried chicken is not Malay in origin, I see. Actually I kind of curious when I read your title, ala-Thai, but I couldn't find any related source that connected this dish with Thai cuisine.
      Thanks for your explanation, and thanks for visiting me back.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.