Nasi Katok Brunei



nasi katok brunei

Beberapa hari yang lalu saya kepikiran kok ingin buat lagi ya nasi katok.. ah sudah buat saja.. padahal sebenarnya bukan nasinya yang istimewa di sini, nasinya hanya nasi putih biasa, tapi padu padan nasi putih plain, ayam goreng dan sambal inilah yang khasnya dari nasi katok ini.

Nah dulu saya pernah buat nasi katok juga, dan pernah posting di sini, nasi katok khas Brunei, jadi yang mau tahu lebih jauh tentang nasi katok khas Brunei ini, mengenai penamaan nasi ini, silakan klik link di atas ya.

Dan memang walaupun nasi ini sangat sederhana tapi merupakan makanan top di Brunei. Jadi kali ini saya berkreasi dengan sambal dan ayam goreng tepungnya saja. Untuk sambalnya saya buat sambal teri dan ayam goreng tepungnya adalah ayam goreng tepung kunyit.

Untuk ayam gorengnya sendiri, saya gunakan asam mangga juga sebagai bumbunya. Ceritanya mumpung ada stok asam mangga pemberian mba Ima pemilik blog Dapur Ima. Begitu asam mangga sudah tiba, tentu resep bau peapi khas Mandar yang saya coba, rasanya top deh, walaupun bumbunya sederhana.

Jadi ceritanya nih si asam mangga sudah beberapa kali saya gunakan dalam campuran makanan, di sambal misalnya, biasanya saya gunakan asam kandis, nah ini saya ganti dengan asam mangga, rasanya lebih enak, karena berasa asam buah begitu. Lalu saya coba juga membuat ayam bakar dengan campuran asam mangga, enak juga he he he.. 

asam mangga khas Mandar

Okey deh kembali ke ayam goreng tepung kunyit ini, asam mangga ini digunakan untuk pencampur bumbu rendaman ayam. Kalau tidak ada, silakan gunakan asam jawa ya, atau malah jeruk nipis, tidak masalah.

Untuk sambalnya sendiri, saya membuat sambal yang bergula kali ini, secara saya menggunakan cabai giling yang beli di pasar yang rasanya cenderung asin, jadi penambahan gula untuk sedikit menetralisir rasa asinnya. Nah karena sedikit mungkin ya takaran gulanya jadi bapaknya Sophie tidak sadar kalau sambal ini bergula. Kalau tidak dia akan protes, sambal kok manis... ya namanya saja selera ya.. kalau saya suka semua, sambal manis atau tidak manis semua saya suka.

Kalau Sophie, belum bisa makan sambal, pernah coba, katanya dia sudah besar, sudah bisa makan pedas, sok kuat, begitu coba, mulai deh wajahnya keringatan, lalu cepat-cepat minum. Ditanya mau lagi tidak? menggeleng saja.

Ceritanya dia itu kalau besar mau jadi dokter katanya, lalu tanya bapaknya, kalau bapak mau jadi apa? lalu bapaknya katakan mau jadi polisi, eh tidak.. tentara.. apa begitu tanya Sophie? kalau tentara itu rambutnya keren, lurus, tidak keriting, lalu badannya kurus lanjutnya lagi. Kemudian dia bertanya kepada saya, ibu mau jadi apa? bapaknya jawab, jadi dokter juga. Sophie protes, tidak boleh, yang jadi dokter itu Pipi, bukan ibu. Lalu saya jawab, jadi pilot, ya.. kalau itu boleh begitu katanya lagi. Ok, kalau begitu, lanjutnya, Pipi jadi dokter, bapak jadi tentara, tetapi harus kurus dan rambutnya keren dulu, ibu jadi pilot, wakakak.. kami tertawa mendengarnya.

Sipp ah, cukup cerita selingannya ya.. biasa ya cerita ngalor ngidul lagi. Sekarang lanjut ke resep ya.. silakan..

Nasi Katok

Bahan :
  • nasi putih
  • ayam goreng tepung
  • sambal bilis atau ikan teri
  • irisan timun dan tomat


Ayam Goreng Tepung Kunyit

Bahan :
  • 800 gr daging ayam, potong-potong, bersihkan, lumuri dengan air jeruk nipis atau air asam jawa, biarkan selama kurang lebih 15 menit, bilas sisihkan.
  • 2 sendok teh kunyit bubuk
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh merica hitam butiran, haluskan (atau bisa gunakan merica putih bubuk)
  • asam mangga yang sudah dicuci lalu direndam, air rendamannya untuk merendam ayam pertama kali (atau bisa gunakan 1 sendok makan air asam jawa atau 1 sendok makan air jeruk nipis)
  • 150 gr tepung terigu protein sedang
  • 1 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  •  minyak untuk menggoreng

Cara membuat :
Lumuri potongan ayam dengan kunyit bubuk, garam, merica bubuk dan asam mangga, diamkan selama kurang lebih 20 menit.
Di mangkuk, campur tepung, garam dan merica bubuk. Panaskan minyak goreng yang cukup banyak. Sementara itu, masukkan beberapa potongan ayam ke dalam tepung, balurkan secara merata dan sedikit dicubit-cubit, tepuk-tepuk perlahan hingga kelebihan tepung bisa lepas, goreng hingga garing dan matang dengan api kecil-sedang. Lakukan sampai selesai.


Sambal Teri / Bilis

Bahan :
  • 50 gr ikan teri, goreng garing
  • 250 gr cabai giling
  • 5 butir bawang merah, iris
  • 3 siung bawang putih, memarkan, iris
  • 3 sendok makan saus tomat, saya gunakan saus tomat homemade
  • 1 sachet terasi @5gr
  • 1 sendok teh gula pasir (bisa tambahkan sesuai selera)
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat :
Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum dan sedikit kecoklatan, masukkan cabai giling, masak hingga tidak langu, tambahkan terasi yang sudah dihaluskan, saus tomat dan gula pasir, aduk rata, masak kembali hingga rasa menyatu, tambahkan teri, aduk rata, cicipi rasanya, tambahkan gula jika dirasa perlu, angkat.

Catatan : jika ingin sambalnya sedikit basah, bisa tambahkan air sedikit atau jika suka berminyak, tambahkan takaran minyaknya.


nasi katok ayam goreng sambal bilis

Nah semoga resep nasi katok khas Brunei ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya....



Selamat mencoba...



NewerStories OlderStories Home

8 comments:

  1. Ohh...Pipi mo jd dokter ya. Amiiin.
    Wah....kyk nya paksu mba Monic sm dgn paksu qu. Suka pilih2 makanan. Kdg repot ya mba.

    RINI

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tante Rini, amin..
      iya mba paksu begini kadang susah juga, kita suka yang ini dia ga.. jadi kalau masak suka beda2..

      Delete
  2. Kalo memang jago masak, bahan makanan apapun dicampur ini dan itu pasti rasanya enak. Contohnya ya, mba Monic ini.

    Mba....
    Makasih yang amat sangat karena sudah sering memberikan link ke Dapur Ima. Lain kali sebut nama aja ya, mba. Saya merasa bersalah setiap kali melihat ada namaku disebut di sini beserta link-nya karena saya belum bisa melakukan hal yang sama buat mba Monic.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha iya mba kadang enak, kadang juga ancur rasanya..

      gpp mba.. biar dapur Ima lebih terkenal, he he he... saya suka memberi link untuk blog-blog yang saya cukup kenal dengan pemiliknya, jadi dengan ikhlas link tersebut akan ada di blog saya.. tapi beda kalau blog yang saya terpaksa pakai resepnya tapi kok rasanya maju mundur kasih link ga ya.. kasih link ga ya..ha ha ha...

      Aih aih mba Ima jangan dipikirkan ya.. sudah cukup kok ada blog fave di blognya mba Ima, itu aja saya sudah senang pake banget... hug hug..

      Delete
  3. Hahahahaaaa....sophie bisa aja deh ngobrol sama ortunya ������

    Judulnya bikin diriku kaget pake "katok". Katok (yang bener tulisannya kathok pake 'h') tuh dalam bhs jawa artinya celana wakakakaa....sampe bolak balik dibaca takut salah. Ternyata bener katok hahah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih mba Rina, kadang-kadang Sophie nih maunya ngobrol apa aja.. kadang kalau dia sudah terlalu banyak ngomong saya bilang, sudah ah.. diam dulu, ngomong terus, diam sebentar eh tidak lama ngomong lagi deh he he he

      hi hi hi ini bukan kathok celana mba.. katok di sini artinya ketuk.. ketuk-ketuk pintu begitu mau beli nasinya..
      mba Rina bisa aja..

      Delete
  4. ya ampun shopie mau jadi dokter,.. moga tercapai cita citanya..


    mbak monic.. saya salfok sm nama nasinya wakaka
    sampe 3x baca tetep sama beneran namany katok :D
    kalo di jawa, artinya uda beda


    moga dlm waktu dekat bisa postingan di blog aku mba... tapi bingung mau mulai dr mana hahaha #alesan

    moga mba monic slalu sehat ya.. bisa posting blogny terus.

    asam mangga itu beli dmn mba? apa bisa bikin sendiri? pengen coba

    love you dokter pipi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin..terima kasih tante

      hi hi hi iya ummu, ini di jawa artinya celana toh? baru ngeh juga setelah dibilang mba Rina Audie

      he eh nih.. pas berkunjung ke martabak bunder kok belum ada postingan, hayo um.. semangat.. biar ada isinya kan jadi bisa sering mampir he he he

      terima kasih ummu.. sama ya semoga ummu Ghazi sehat terus dan berkarya untuk keluarga tercinta

      Ummu mau asam mangganya, nih masih ada di rumah.. mau dikirim ga? tapi sedikit ya he he he.. kalau mau inbox via fb ya alamatnya..ditunggu ya sebelum kehabisan

      atau kalau mau order, boleh main ke blognya mba Ima - dapur Ima, siapa tahu mba Ima jual

      kalau buat sih kayaknya hanya mangga yang diserut trus dikeringkan, tapi ga tahu jenis mangganya

      ai ai ai.. terima kasih tante.. love u too tante

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.