Puding Roti Coklat Santan



resep puding roti coklat santan

Sudah beberapa hari bolos update, wah baru beberapa hari tapi kok ya rasanya ada sesuatu yang kurang kalau tidak update sering-sering...jiahhhh ha ha ha.. Nah walaupun hanya masak biasa-biasa saja tapi biasa ya jurus draft blog diberdayakan. Ah untungnya memang kalau menyimpan draft di blog itu, seperti tabungan, kalau dibutuhkan baru digunakan..hadeuhh.

Jadi ceritanya kali ini yang tayang adalah resep puding roti coklat santan, hmmm kalau puding coklat dicampur santan itu sih inginnya saya rasa-rasanya mirip dengan dodol agar, dimana agar-agar coklat tapi dicampur santan, rasanya yang pasti nikmat. Nah apakah puding roti ini sama nikmatnya? sama nikmatnya..menurut saya loh, lembut, gurih dan legit, aih aih...

Membuat puding roti begini tentu saja selain karena bingung mau diapakan lagi tuh roti tawar yang hampir expired atau memang sengaja beli roti tawar untuk membuat puding begini, semua tidak masalah, yang penting hasil akhirnya wakakak...

Nah dibuat ide untuk jualan juga bisa kan.. kalau rajin loh ya.. seperti saya neh, sekarang kok malah punya ide juga buat jualan, colek mba Rina Audie yang juga ingin jualan. Hmmm lalu iseng saya katakan kepada Sophie, ibu mau jualan loh.. jualan apa? lalu saya katakan jualan brownies dan pizza. Wah asyik.. asyik ibu jualan, jadi ibu buat toko nanti kan ya..begitu lanjutnya lagi, dan masih belum puas, lanjut lagi katanya, nanti tokonya buat dari kayu ya.. nanti biar Pipi yang gambar tokonya.. walah.. begitu semangatnya dia mendengar saya mau jualan ha ha ha.

Ya begitulah, terkadang rasanya memang gatal sih ingin jualan, ingin menghasilkan uang dari hobi buat ini buat itu.. nah tinggal pilih mau jual apa yang sekiranya pas dengan selera pasar. Hi hi hi itu baru sekedar ide dan keinginan. Colek juga mba Ima- pemilik blog dapur Ima yang sudah bisa jualan cake ulang tahun secara rutin, semoga tetap lanjut usahanya ya mba, sukses selalu buat mba Ima. Unik memang cake ulang tahun mba Ima, punya ciri khas, cake ulang tahunnya hanya berwarna putih dan coklat saja, tanpa warna-warni, yang penasaran, boleh donk mampir ke blognya.. aih saya pun kalau dekat serasa mau order juga.. ada beberapa jenis hiasan cake yang menarik hati saya, jiahhh.

Okeh deh, kembali ke resep puding roti coklat santan ini, pada dasarnya mirip dengan puding roti santan pandan yang pernah saya posting sebelumnya. Ya biasalah ya.. saya itu suka memodifikasi resep sedikit saja kalau saya rasa saya sudah klop dengan hasil takaran resep.

Okelah.. lanjut ke resep sekarang ya.. 

Puding Roti Coklat Santan
untuk loyang tulban diameter kurang lebih 22cm, atau loyang persegi 20x20cm

Bahan :
  • 10 lembar roti tawar berkulit
  • 500 ml santan sedang (saya gunakan 2x65ml santan instan plus air sehingga volumenya menjadi 500ml)
  • 3 butir telur berat dengan cangkang @60gr
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk 
  • 1/2 sendok teh garam
  • 175 gr gula pasir
  • 3 sendok makan margarin, lelehkan
  • 2 sendok makan coklat bubuk, larutkan dengan sedikit air panas 
  • topping sesuai selera, saya gunakan irisan pisang berangan (optional)

Cara membuat :
Potong roti tawar sesuai selera, saya potong-potong kotak dimana 1 buah roti tawar saya bagi 8 bagian, sisihkan. Siapkan loyang yang dioles minyak atau margarin, panaskan oven set di suhu 180 derajat celcius.
Di mangkuk, kocok telur, garam dan gula dengan balloon whisk sampai gula sedikit larut, tambahkan santan dan larutan coklat serta vanili bubuk, aduk hingga rata, tuangkan margarin cair, aduk rata kembali. Masukkan potongan roti tawar ke dalam loyang sambil sedikit ditekan supaya padat. Tuangkan campuran santan, gula dan telur, tuangkan sampai hampir penuh dan semua bagian roti terendam oleh cairan. Beri topping sesuai selera, panggang selama kurang lebih 30-35 menit sampai permukaan terlihat kering.. lakukan test tusuk. Keluarkan dari oven dan dinginkan, lalu keluarkan dari loyang, potong-potong sesuai selera.


resep puding coklat santan

Nah semoga resep puding roti coklat santan ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera...



Selamat mencoba...



NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. Ayoo mba Monic...klo mba Monic mmg ada waktu jualan aja mba. Klo bs apa aja mba tergantung pesanan. Bs brownies, cake ultah, marble cake, pizza atau bolu kukus. Jgn terpaku 1-2 jenis aja mba. Biar bnyk yg order.

    Rini

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi hi hi iya neh mba Rini, maunya.. semoga bisa.. dan intinya semangat dulu
      terima kasih dukungannya mba Rini..

      Delete
  2. Mmmm.... Yummy....
    Lagi dan lagi hanya bisa menelan ludah saja. Puding roti suka, tambah santan apalagi. Trus pake telur pula, wow..., pasti rasa tambah lagi. Mupeeeeng, mba. Hiks...

    Asyik ada yang mau jualan. Ayo, mba Monic, disegerakan. Pasti laris manis, soalnya yang Jualan food blogger terkenal loh, rasanya tentu saja tidak diragukan lagi.

    Oh iya, terimakasih dan terimakasih atas ulasan mba Monic tentang DI di atas. Pantesan statistiknya naik walau tiga hari tidak update, ternyata ada namaku lagi disebut di sini.

    Emang TOP dan luar biasa banget, mba Monic ini. Jadi makin sayang deh. Big hug.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sabar... sabar dulu ya.. belum boleh makan ginian he he he

      ahai.. semoga bisa dilaksanakan ide jualan ini ha ha ha..

      he eh neh, maunya kasih link ke dapur Ima, tapi nanti mba Ima larang lagi.. padahal kan gapapa sih cuma kasih link.. he he he

      Delete
  3. Replies
    1. iya mba Kania, cukup praktis.. dikukus bisa kok mba...

      terima kasih sudah mampir lagi mba Kania

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.