Resep Mantau dengan Tepung Pao



resep mantau

Masih memberdayakan tepung pao, mumpung nih ceritanya, jadi saatnya membuat mantau. Nah memang sih dari dulu sudah tahu nih dengan mantau ini, tapi baru ini keinginan muncul membuat mantau. Itu juga karena penasaran juga dengan mantau ini. Penasaran membuatnya ya.. kalau rasa tentu sudah terbayang dengan rasanya, bakpao tapi tanpa isi.

Kalau yang begini ini favorit Sophie sekali, roti tanpa isi. Jadi dia begitu senang ketika tahu saya membuat roti putih tanpa isi. Jadi bolak-balik dapur menanyakan perkembangan si roti putih ini. Dan tada begitu sudah matang, senang sekali dia, ai ai... bahagia anak kecil itu sederhana.

Nah yang tidak punya tepung pao bagaimana? tentu bisa membuat mantau ini dari tepung terigu biasa, ini saja saya iseng membuat olahan dari tepung pao, kalau tidak ada ya gunakan tepung terigu saja, seperti kebanyakan resep bakpao di blog saya ini, semua menggunakan tepung terigu. Jadi yang tidak punya tepung pao, silakan menggunakan resep bakpao dengan tepung terigu ya. Yang mau intip-intip resepnya silakan klik link ini : bakpao ya.

Oh iya bicara mantau ini, kan rotinya cenderung tawar rasanya, dan yang saya baca-baca enaknya mantau ini dinikmati dengan susu kental manis, dan setelah saya coba, memang enak. Nah dicocol saus tomat juga enak. Dan ternyata mantau ini juga bisa digoreng, nah kalau yang versi goreng tidak saya buat kali ini, mungkin lain kali.

Penasaran juga sih dengan rasanya. Yang mau menggoreng mantau ini, jadi mantau sudah harus dikukus dulu baru digoreng ya, bukan adonan rotinya yang digoreng. Begitu sudah dikukus, angkat dan dinginkan sejenak, baru deh digoreng.

Ok deh, untuk resep kali ini saya masih menggunakan resep yang sama dengan resep bakpao isi ayam yang pernah saya posting sebelumnya. Resep tersebut merupakan resep rujukan dari blognya mba Luluk Williams - best mantau dan bakpao

tepung pao mamata
tepung pao yang saya gunakan

Untuk mantau kali ini saya buat yang versi tanpa ulen, duh..bagaimana tuh? resep bakpao yang sebelumnya saja sudah saya pangkas waktu mengulennya menjadi setengahnya saja, nah kali ini malah tanpa ulen. Ya maksud hati sih ingin tahu perbedaannya, dan memang sih kalau dari segi tekstur yang tanpa ulen tidaklah selembut yang dengan ulen, tapi masih masuk kategori bakpao empuk, ya lumayanlah.

mantau dan susu kental manis

Nah yang mau intip-intip resepnya, ini dia resep yang saya gunakan ya... silakan... oh iya lupa, kali ini saya tidak gunakan susu cair hangat tapi hanya air hangat.

Resep Mantau dengan Tepung Pao
untuk 8 buah mantau ukuran mini

Bahan :
  • 1/2 sendok teh ragi instan
  • 90 ml air hangat (atau bisa gunakan susu cair hangat)
  • 150 gr tepung bakpao
  • 25 gr gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh baking powder double action
  • 15 ml minyak goreng (atau bisa gunakan 15 gr mentega putih)
  • tepung untuk taburan (gunakan saja sedikit tepung bakpao)
Cara membuat :
Campur susu cair atau air hangat dan ragi instan, aduk dan biarkan hingga berbuih, di mangkuk ukuran cukup besar, masukkan tepung bakpao, gula pasir, garam dan baking powder, aduk asal tercampur dengan sendok. Tambahkan minyak goreng, aduk asal rata, masukkan campuran ragi dan air, uleni selama kurang lebih 20 menit hingga kalis dan lembut, semakin lama diuleni semakin bagus (upss..kali ini saya lakukan tanpa ulen, jadi hanya sampai adonan menyatu, ya bisa dikatakan menguleni hanya sekitar kurang dari 2 menit). Tutup adonan dengan plastik wrap atau serbet, diamkan selama kurang lebih 30 - 40 menit atau lebih tergantung suhu ruangan atau sampai volumenya menjadi 2 kalinya.

Kempiskan adonan, taburi meja atau alas dengan sedikit tepung, gilas adonan menjadi persegi panjang, dengan ketebalan kurang lebih 4mm, lipat 3 bagian, gilas kembali lalu basahi permukaan dengan air, ini berfungsi sebagai lem, lalu gulung ketat memanjang. Potong-potong sesuai selera untuk ukurannya. Letakkan di kertas roti atau paper cup, diamkan kembali selama kurang lebih 20-30 menit. Kukus dengan api sedang-besar di mana air kukusan sudah mendidih terlebih dahulu, alasi tutup kukusan dengan serbet bersih. 

Catatan : untuk step by step silakan meluncur ke blognya mba Luluk ya, karena kali ini saya tidak sempat mengabadikan step by stepnya.


resep mantau dengan tepung pao

Nah semoga resep mantau dengan tepung pao ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera, uppss jangan lupa jika tidak ada tepung pao gunakan saja tepung terigu.


Selamat mencoba...




NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. Oh...klo mantau gk pake isi ya mba? Jd itu bedanya sm bakpau?

    Rini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba mantau ga pake isi, walaupun ada juga sih yang iseng, sudah jadi mantau malah diisi he he he.. jadi kayak sandwich begitu

      Delete
  2. Tak sabar ingin segera mencoba resep ini. Makasih mba Monic atas resep dan tepung paonya. Makasih.... Makasih.... Makasiiih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sippp semoga resep ini cocok dengan mba Ima yang masih pantang beberapa makanan ya... dan sesuai dengan selera tentu saja..

      sama-sama mba Ima.. terima kasih juga ya..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.