Roti Goreng Kacang Merah



resep roti pasta kacang merah

Aih aih.. jadinya saya jarang update neh sekarang, duh rasanya kok tidak enak juga menelantarkan blog saya ini, tapi apa boleh buat, sakit melanda. Tapi sekarang saya sudah sembuh.. yipppi.. Nah di postingan sebelumnya kan saya cerita tuh kalau saya sakit radang tenggorokan. 

Nah entah sudah keberapa kali, belakangan ini penyakit langganan saya adalah radang tenggorokan, selama ini kalau sakit ya ke dokter, dan selalu berbekal obat demam, antibiotik dan vitamin. Hmmm tadinya sakit saya ini kambuh lagi ketika di Palembang, nah ke dokter juga. Ealah ternyata obatnya ketinggalan di Palembang ketika saya pulang. Ternyata yang saya kira sudah sembuh malah kambuh lagi. Tapi sakit kali ini saya bertekad tidak mau obat, jadi saya tidak ke dokter.

Saya stop makan berminyak, pedas dan tentu saja saya perbanyak makan buah dan sayur. Walaupun masih sakit menelan, tapi saya masih coba tidak membuat jus, makan biasa saja. Lalu yang penting istirahat yang cukup. Walaupun sering tergoda untuk nonton televisi lebih lama, secara sedang dapat promo free all channel.. what.. sampai bingung mau nonton yang mana saja ha ha ha...

Nah yang membuat saya cukup senang, ternyata Sophie tidak ikutan sakit, kan biasanya langganan tuh kami berdua, kalau dia yang duluan sakit, berikutnya saya, nah begitu sebaliknya. Tapi kali ini tampaknya dia aman-aman saja, aih senangnya saya. Kondisi tubuhnya sedang fit jadi tidak terpengaruh..lega deh. Kalau bapaknya.... biasa.. walaupun kami berdua sakit, dia tetap tidak ikutan juga.

Hmmm bagaimana keadaan pembaca sekalian? semoga tidak sedang sakit juga ya, dan kalaupun saat ini sedang sakit semoga lekas sembuh ya... amin. Jadi bisa kembali beraktifitas seperti sedia kala. 

Nah kali ini saya posting resep roti goreng isi pasta kacang merah. Resep yang ini sudah beberapa waktu ngendon di draft juga. Jadi harap maklum ya.. saya belum ada resep baru, masih belum masak dan buat-buatan apa-apa dulu. 

Ceritanya saya lupa kalau saya itu punya kacang merah, beres-beres eh ada kacang merah nih, masih jenis kacang merah azuki ya, kacang merah yang kecil bukan kacang merah besar. Hmmm kepikiran harus diolah neh, akhirnya ya sudah buat pasta dulu. Kalau sudah buat pasta kan mudah, tinggal buat bakpao atau buat roti. Nah rotinya bisa dipanggang atau goreng. Atau kalau malas bisa buat dorayaki dan selipkan pasta kacang merah ini di antara dorayaki, sedap juga.

Jadi saya buat dulu pasta kacang merahnya, resepnya sama plek dengan resep pasta kacang merah yang pernah saya posting di sini ya.. di pasta kacang merah homemade

Selanjutnya, saya kepikiran buat roti goreng saja, kan sudah pernah buat roti panggang isi kacang merah ini, resep di sini di roti kacang merah, lalu buat dorayaki sudah sering, tinggal isinya saja yang berubah. Nah yang dorayaki dengan pasta kacang merah, resep di sini, dorayaki kacang merah.

Okeh-okeh.. untuk roti gorengnya, masih tidak kreatif ya, resepnya itu lagi itu lagi, upsss.. nah kalau mau sih untuk resep roti goreng ini sesuai selera saja ya, gunakan saja resep favorit kalau bosan dengan resep roti yang saya tampilkan ini.

Sipp ah.. berikut resepnya ya.. silakan...

Roti Goreng Kacang Merah

Bahan roti :
  • 200 gr tepung terigu protein tinggi, misal merk cakra kembar atau golden eagle
  • 1 1/2 sendok makan gula pasir
  • 3/4 sendok teh ragi instan
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 butir telur
  • 1 bungkus santan instan kemasan 65ml
  • 30 ml air
  • 1 sendok makan margarin

Bahan isian :

Bahan pencelup dan pelapis :
  • 300 ml air
  • tepung panko/tepung panir/tepung roti (saya gunakan tepung roti yang halus)

Cara membuat :
  1. Di mangkuk, campur tepung, gula pasir, ragi instan dan garam, aduk rata, tambahkan telur, santan dan air, aduk rata dan uleni hingga kalis kurang lebih selama 2 menit
  2. Tambahkan margarin, uleni lagi selama kurang lebih 3-5 menit, bulatkan adonan dan tutup lalu diamkan selama kurang lebih 1 jam hingga mengembang kurang lebih 2x lipat (sesuaikan lamanya dengan suhu ruangan, jika panas bisa lebih cepat, jika dingin bisa lebih lama, kalau mau cepat bisa letakkan air panas di rak bawah oven dan adonan di rak atas oven yang tidak menyala, tutup oven, maka adonan akan lebih cepat mengembang)
  3. Kempiskan adonan, bagi menjadi 8 bagian, lalu bulatkan masing-masing, letakkan di wadah bertabur tepung tipis
  4. Ambil satu bulatan yang pertama kali dibuat, pipihkan dengan tangan, beri bahan isian, bulatkan kembali, letakkan di wadah bertabur tepung tipis, lakukan sampai selesai
  5. Ambil adonan roti, celupkan ke dalam air, balurkan ke dalam tepung roti, lakukan sampai adonan habis, biarkan mengembang selama kurang lebih 20 menit
  6. Siapkan penggorengan, panaskan dan beri minyak yang cukup banyak, goreng dengan api kecil sampai garing, kuning kecoklatan, balik dan lakukan hal yang sama
  7. Angkat dan tiriskan

resep roti goreng kacang merah

Nah semoga resep roti goreng dengan pasta kacang merah homemade ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera...



Selamat mencoba...




NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. Alhamdulillah mba Monic dah sembuh. Paling gk enak ya mba radang tenggorokan. Ngomong aja sakit rasanya.
    Keliatan lembut rotinya ya mba rotinya. Pengen gigit hahaaa.... meleleh deh ngeliatnya :)

    RINI

    ReplyDelete
    Replies
    1. he eh mba asli ga enak.. ngomong sakit banget, mana Sophie ngajak ngomong terus lagi..

      hi hi hi silakan gigit gambarnya aja ha ha ha.. iya mba lembut memang rotinya mba Rini

      Delete
  2. Baca judul resep ini saya sempat bertanya dalam hati, kok mba Monic buat roti goreng ya? Kan lagi radang tenggorokan? Ehh, ternyata dari tabungan resep toh.

    Turut senang mendengar mba Monic sudah sembuh. Semoga gak sakit-sakit lagi ya, mba. Biar bisa posting resep tiap hari. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he ternyata tabungan resep ya... belum berani makan gorengan dulu mba Ima..

      amin.. terima kasih doanya mba Ima..
      mba Ima juga semoga lekas sembuh dan bisa beraktifitas seperti semula.. terima lagi pesanan cake ultah

      Delete
  3. dah sembuh mbaaa...
    syukurlah kalo sudah, sehat..sehat terus ya mbaa, biar rajin posting resep di blog hihihi..
    btw trims resep roti gorengnya ya mbaaa, simpel dan enak, semalem aku buat tak kasih isian ayam, tak goreng tadi pagi. lumayan buat cemilan hari minggu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Esti.. terima kasih ya..
      wah sama-sama mba, duh senang deh mba Esti nyobain resep ini.. hi hi hi..
      he eh mba, isi ayam juga enak, isi sayur juga enak he he he.. lumayan buat cemilan ya mba..apalagi kalau dibarengi minum teh anget... mana hujan pulak..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.