Mocha Nougat Roll Cake



resep mocha nougal roll cake

Haloo... apa kabar neh? wuih di Batam mendung loh.. seharian.. tadi malah hujan sebentar. Jadi neh kalau mendung begini sukanya berharap, cerah sedikit donk, biar bisa enak foto-foto, tapi apa daya kan.. tapi tidak masalah ah.. paling tidak masih kelihatan wujudnya he he he..

Nah kali ini saya posting resep mocha nougat roll cake dulu, sejak lihat foto mocha roll cake di IG nya mba Esti, jadi pengen nyoba juga buat, colek mba Esti- Bu Kis dulu he he he..rasanya bagaimana ya? enak tenan kalau kata saya.. dan senangnya saya kok bisa ya buat yang beginian, tidak terbayangkan bisa juga buat yang begini.

Hmmm ini neh, penampakan nougatnya kok agak gelap ya.. karena gula pasirnya neh.. tapi secara garis besar rasanya enak, walaupun menurut koko pemilik toko bahan kue yang saya kasih tester rasa mocanya kurang kuat, he he he, memang sih menurut saya rasanya juga kurang kuat, cenderung mild, masih malu-malu saya tambahkan pasta mocanya di butter creamnya, halah... tapi tetap ya walaupun begitu saya hepi bisa buat yang beginian..

Oh iya resepnya intip di IG nya mba Tintin Rayner, terima kasih resepnya ya mba, duh si mba ini asli deh fotonya ciamik semua, bikin mupeng... 

Nah mengenai IG sendiri, lah saya ini ketinggalan jaman loh, baru saja saya buat akun IG saya, nah kalau ada yang intip, duh ini serius ibu satu ini punya IG, ga banget ya.. lihat post dan followernya saja pasti bertanya, benar nih? ha ha ha... follower baru di bawah 20. Hi hi hi memang saya juga jarang IG-IG an, nah buka IG kalau mau buat sesuatu yang agak beda saja, cari inspirasi di IG nya mba Tintin Rayner he he he..

Oh iya ternyata membuat mocha nougat roll cake ini butuh perjuangan juga, setelah selesai rasanya capek juga, halah.... kalau lihat resepnya sih ah.. kayaknya mudah ini.. ga butuh banyak macam-macam, eh ternyata setelah dikerjakan, capek he he he.. tapi senang saya berhasil.. apalagi ini roll cake kedua saya, roll cake pertama berhasil, yang kedua berhasil, senyum sumringah.. he he he..

Nah apa yang akan saya perbaiki kalau buat roll cake ini lagi, itu kalau buat lagi loh ya.. pertama tentu saja perkuat rasa mocha di butter creamnya, lalu perbaiki nougatnya.. secara walaupun nougatnya enak, ada sedikit rasa pahit gula karamelnya, tapi tidak pahit sekali sih kalau menurut saya, masih enak.. ha ha ha entah menurut orang lain. Bapaknya Sophie tidak ada komentar ketika makan ini, Sophie juga hanya bilang enak, malah ketika saya beri tester ke pelanggan setia, malah Sophie yang promosi, enak ini tante, roll cake, ada kacangnya, ada frostingnya dan ada cerinya juga, enak tante..halah.. bisa-bisanya nih anak.

Menggulung cake ini caranya tidak seperti ketika menggulung roll cake ekonomis selai yang saya buat sebelumnya, karena yang ini ceritanya mau dipoles jadi gulungnya asal he he he.. jadi ketika sudah mulai agak hangat, saya gulung saja tuh cake berikut kertasnya, sambil lepaskan kertas rotinya kemudian, di mana posisi yang ada kertas rotinya di bawah ya. Jadi yang saya beri butter cream adalah bagian atas cake. Nah setelah diberi butter cream baru deh digulung lagi, agak retak sih tapi tidak parah, dipoles butter cream selamat tuh cakenya he he he..

Untuk butter creamnya saya pakai resep butter cream modifikasi, yaitu campuran mentega putih dan soft cream, silakan lihat resepnya di butter cream ya.. nah pasta mocanya hanya saya beri kurang dari 1 sendok teh, lain kali supaya lebih tajam harusnya lebih kali ya..

Sippp ah, begitu saja deh curcolnya, sekarang lanjut ke resep ya, saya tuliskan lagi resep mocha nougat roll cakenya mba Tintin Rayner, dengan sedikit modifikasi oleh saya, ini dia, silakan..

Mocha Nougat Roll Cake

Bahan :

Bahan A :
  • 5 butir telur utuh
  • 85 gr gula pasir
  • 1/2 sendok makan emulsifier (SP)
  • 1 sendok makan air
  • 70 gr tepung terigu protein rendah, misal merk kunci biru
  • 15 gr tepung maizena
  • 10 gr susu bubuk
Bahan B :
  • 100 gr salted butter, lelehkan, dinginkan hingga suhu ruang sebelum digunakan (saya hanya gunakan blueband cake n cookie)
  • 1 sendok teh pasta mocha
  • 1/2 sendok teh essens kopi (saya tidak pakai)

Bahan nougat :
  • 175 gr kacang tanah tanpa kulit, sangrai
  • 175 gr gula pasir

Cara membuat nougat : lelehkan gula pasir dengan api kecil masukkan kacang tanah sangrai yang sudah dihaluskan kasar, aduk hingga rata, tuangkan dan sebarkan ke loyang yang sudah dialas kertas roti, biarkan mengeras, hancurkan (saya hancurkan dengan batu gilingan yang sudah dialas plastik)


Cara membuat :
Siapkan loyang, saya gunakan loyang ukuran 27cmx 32cm (mba Tintin gunakan loyang 25cm), oles dengan butter, alas kertas roti dan oles lagi dengan butter, berikut bagian samping loyang. Kocok bahan A sekaligus, hingga kental dan putih, kurang lebih selama 10 menit dengan mixer kecepatan tinggi. Matikan mixer, ambil kurang lebih 1/4 adonan, masukkan ke dalam mangkuk berisi butter leleh, beri pasta, aduk hingga tercampur rata, tuangkan ke dalam adonan putih, aduk balik dengan spatula hingga tercampur rata. Tuangkan ke dalam loyang panggang selama kurang lebih 20 menit dengan suhu 190 derajat celcius sesuaikan dengan oven masing-masing di mana oven sudah dipanasi sebelumnya (saya hanya panggang selama kurang lebih 15 menit). Keluarkan dari oven dan dinginkan.

Begitu sudah mulai agak hangat, keluarkan dari loyang, gulung berikut kertas rotinya, sambil lepaskan kertas rotinya, jadi posisi tidak dibalik ya. Lepaskan gulungan, beri butter cream, gulung lagi sambil dipadatkan. Letakkan di piring atau alas, oles butter cream di bagian atas dan samping, taburi dengan nougat, hias dengan butter cream dan cherry merah atau apapun sesuai selera.



Nah semoga resep mocha nougat roll cake ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...




NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. Cakep ahh mocha nougat rollnya...emang enak bgt ini, tp blm berani bikin yg gulung hahaa...

    RINI

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he makasih mba Rini, he eh mba, tadinya juga mau coba yang versi bukan gulung, tapi menantang diri sendiri, bisa lagi ga buat yang gulung ha ha ha...

      Delete
  2. Mmmmm... Yummy.

    Setuju, mba. Foto-foto di IG mba Tintin Rayner asli cantik banget dan bikin mupeng. Yang ini juga gak kalah bikin mupeng kok, mba.

    Iihhh, Sophie...., ternyata udah jago promosi. Heheheh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Ima, asli bikin mupeng ya.. cantik semua fotonya..
      aih aih mba Ima bisa aja neh..

      iya jago promosi dia sudah, nanti besar dikit jadi marketingnya emaknya ha ha ha

      Delete
  3. asiiiiiik...akhirnya yaa....di eksekusi juga, aslinya gampang banget kan ya mbaa..lamanya di bikin nougatnya aja, sangrai kacang, bikin karamel..
    tapi sepadan kok hasil dan perjuangannya, enaak banget!

    ReplyDelete
    Replies
    1. cihuy... yeay berhasil mba Esti, sukses mba Esti ngomporin buat ini juga ha ha ha..
      iya mba gampang sih, lah karena baru pertama buat jadinya lama dan berasa capek, kalau sudah sering pasti jadi mudah neh

      tapi asli enak pakai banget mba..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.