Topo Map Love Cake



resep topo map love cake

Halo pembaca... Selamat Hari Raya Waisak ya bagi pembaca yang merayakan.. 
Jiahhhh akhirnya keturutan buat cake ini, topo map cake, padahal sudah lama sekali neh bookmark resepnya Wendy, tapi baru beberapa hari yang lalu buat cake ini. Nah enaknya cake ini karena termasuk jenis butter cake, cake yang menurut saya cukup mudah untuk dibuat. Thanks for the recipe Wendy.

Oh iya bicara mengenai resep ini, jadi ceritanya blognya Wendy - Table for 2 or more ini adalah blog yang cukup sering juga saya kunjungi. Nah resep favorit dari blognya Wendy ini adalah salah satunya ayam goreng kunyit yang menurut saya rasanya maknyuss walaupun hanya termasuk jenis tumisan.  Lalu resep lainnya adalah ayam masak merah, wuih sedapnya...

Nah yang belum keturutan dicoba resepnya adalah Mrs. NgSK's butter cake, lain kali ingin saya coba juga resep ini, suatu saat tunggu mood datang.

Kembali lagi ke resep topo map cake ini, ternyata memang teksturnya kelihatan seperti peta topografi kan, nah ketika sudah jadi cake begini kelihatan unik kan..he he he.. 
Untuk membuat cake ini ternyata sangat mudah loh, cukup gunakan pasta pandan saja untuk warna hijaunya dan gunakan coklat bubuk yang diayak di atas permukaan adonan, mudah pokoknya.

Hmmm karena saya ingin buat agak sedikit beda, jadi saya gunakan loyang tulban saja, secara agak was was kalau nanti pakai loyang persegi atau bundar malah menggembung di tengah deh cakenya.. nah karena loyang saya ini cukup kecil, jadi sudah feeling neh pasti adonan berlebih, karena loyang saya ini biasanya memang hanya cukup untuk adonan cake 4 telur saja. Ya sudah antisipasi, ada sedikit adonan yang saya tuangkan ke cup kertas.

Nah untuk cake ini saya gunakan blueband cake n cookie sebagai pengganti butter di resep, walaupun begitu tetap wangi enak deh.. dan untuk susu evaporasinya saya ganti saja dengan susu cair biasa. Walaupun sebenarnya bisa sih membuat susu evaporasi sendiri di rumah, tapi baca-baca agak lama buatnya, memang sih hanya mendidihkan sejumlah susu cair sampai volumenya berkurang sehingga kadar air pada susu tentu saja berkurang.

Apa pendapat Sophie tentang cake ini, mmmm enak... enak.. begitu saya suapkan satu potongan, secara lagi sibuk main.

Okeh deh, lanjut ke resep ya.. ini sudah resep yang saya modifikasi sesuai dengan yang saya gunakan,  cusss ini dia...

Topo Map Love Cake (Cake Alunan Kasih)
untuk loyang ukuran 20cmx20cm

Bahan :
  • 250 gr butter (saya gunakan blueband cake n cookie)
  • 250 gr gula pasir (menurut saya rasanya sudah pas, tapi bapaknya Sophie bilang kemanisan, hmmm selera beda-beda)
  • 5 butir telur ukuran sedang
  • 300 gr tepung terigu protein rendah
  • 1 sendok teh baking powder
  • 125 ml susu cair
  • 1/2 sendok teh pasta pandan
  • 2-3 sendok makan coklat bubuk

Cara membuat :
Siapkan loyang, oles dengan butter/margarin, taburi tepung tipis, sisihkan. Kocok butter dan gula pasir sampai mengembang dan pucat, masukkan telur satu persatu di mana setiap masuk satu telur kocok hingga tercampur. Dengan kecepatan rendah masukkan sebagian tepung yang sudah dicampur dengan baking powder, kocok hingga rata, tambahkan susu cair, kocok lagi, kemudian tambahkan sisa tepung, kocok kembali hingga rata.
Matikan mixer, bagi 2 adonan, satu adonan diberi pasta pandan. Tuangkan sebagian adonan putih ke dalam loyang, ratakan, beri coklat bubuk dengan cara diayak di atas permukaan adonan, tambahkan adonan hijau, ratakan, beri lagi ayakan coklat bubuk, tambahkan adonan putih dan beri lagi coklat bubuk, terakhir tambahkan adonan hijau, tidak perlu diberi coklat bubuk lagi.
Panggang selama kurang lebih 30-40 menit di mana oven sudah dipanaskan terlebih dahulu. Sesuaikan waktu panggang dengan ukuran loyang dan karakter oven, tes tusuk, jika sudah matang keluarkan dari oven dan dinginkan.


Nah semoga resep topo map love cake atau cake alunan kasih ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya..


Selamat mencoba...



 

NewerStories OlderStories Home

8 comments:

  1. Wow...
    Cantik banget, mba. Baru liat yang pake loyang tulban.

    Ini salah satu cake yang ingin sekali saya buat tapi belum kesampaian juga sampai sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya cantik ya motif cake ini, makanya pengen banget buat dari dulu, akhirnya dibuat juga he he he

      Delete
  2. Cakeepp...montok cakenya, like it!
    Aq jg dah lama save resep cake in mba, tp kok blm jd2 bikinnya hihii...

    RINI

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama.. sudah lama simpen resep ini, nah untungnya mood sudah ada.. jadi eksekusi deh..
      hayooo kapan mba Rini mau buat cake ini

      Delete
  3. Mba..salam sm mba Ima ya....aq susah bgt komen di blognya. Mo jawab pertanyaannya susah...
    Anehnya kok di blog mba Ima yg sinyal suka turun pas mo komen.

    RINI

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba Ima.. yuhu...

      hmmm kenapa ya kok susah... perasaan kalau komen di sana biasa aja eh mba, lancar jaya..
      kenapa ya.. kok ikutan bingung ha ha ha

      Delete
  4. Duh kasihannya mba Rini yang sering gagal komentar di tempatku. Mohon maaf ya, mba atas ketidaknyamanannya.

    Terimakasih banyak buat MSK yang telah jadi penghubung antara Anyar dan Jakarta, eh maksudnya antara saya dan mba Rini. Heheheh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Rini suka kesulitan komentar di dapur Ima.. he he he.. sama-sama mba...itulah gunanya teman kan..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.