Ayam Masak Merah ala Malaysian

malay red cooked chicken
ayam masak merah
Masih semangat masak, resep ayam masak merah ala Malaysian ini adalah salah satu resep yang sudah lama sekali ingin saya coba. Akhirnya baru kesampaian sekarang, dan rasanya puas sekali karena memang tidak sia-sia deh ngiler lihat postingan ayam masak merah - Wendy-Table for 2 or more. Ternyata rasanya benar-benar ajib enak, thanks for sharing the recipe, Wendy. Resep yang recommended juga dari Wendi yaitu ayam goreng kunyit, hmm suka dengan yang ini.

Hanya ayam masak merah saya ada sedikit modifikasi, tidak sama plek dengan resepnya Wendy, nah yang paling menonjol bedanya adalah ayam masak merah saya tidak menggunakan santan. Bukan sengaja, tadinya saya sudah ambil santan instan ketika bersamaan beli telur, eh ternyata sampai rumah santan saya tidak dimasukkan ke dalam belanjaan sama si pemilik kios.

Dan saya juga tidak begitu perhatikan dengan harga yang saya bayar dengan barang yang saya beli, karena buru-buru juga. Lha sampai rumah ketika sudah mulai menyiapkan bahan-bahan, lha santan mana ya? wah mau balik lagi kok malas ya, hmmm ya sudah tanpa santan saja deh..dan hasilnya ya tetap enak.

Khasnya ayam masak merah ini adalah disantap dengan nasi tomato dan acar, hanya saja saya tidak buat nasi tomatonya, hanya buat acar saja. Tetap mantap rasanya walaupun disantap dengan nasi putih dan acar saja.

Karena saya tambahkan lagi jumlah kayu manis, cengkeh dan kapulaganya maka rasanya benar-benar mantap deh menurut saya, saya suka sekali rasa kapulaga dan kayu manis di resep ini. Nah ternyata bapaknya Sophie suka juga, tadinya sempat pikir dia tidak akan suka, ah ternyata dia suka.

Ayam yang digunakan terlebih dahulu dilumuri dengan merica, garam, kunyit bubuk dan didiamkan selama minimal 30 menit, nah kali ini saya diamkan semalaman. Dan membuat ayam masak merah ini kala saya sedang tidak fit, jadi ada saja kejadian kecil yang menyebalkan di dapur, mulai dari tangan saya keciprat minyak panas ketika menggoreng ayam, makin tidak konsentrasi, kemudian saya menumpahkan bumbu halus untuk masakan ayam kecap Sophie. Dan ketika foto-foto saya menyiapkan properti rempah-rempah, ealah saya tumpahkan cengkeh yang ada di toples sehingga berhamburan ke lantai. Hmmm sempat-sempatnya Sophie bilang, jangan tumpah...lha bagaimana sudah tumpah kok ya...

Nah selesai foto-foto, dengan sukses saya jatuhkan tripod, hadeuh..untung tripodnya baik-baik saja. Hmm akhirnya berakhir juga urusan di dapur dan urusan foto-foto, tinggal urusan piring-piring dan peralatan kotor saja.

Okey, kembali ke resep ya, dengan sedikit modifikasi ala saya, silakan :
(untuk resep acar, silakan lihat di acar timun wortel)


Ayam Masak Merah

Bahan :
  • 1 kg daging ayam (saya gunakan bagian paha atas dan bawah, tanpa kulit)
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh kunyit bubuk (saya gunakan 1 sendok teh)
  • 1/2 sendok teh merica bubuk

Bumbu halus :
  • 5 butir bawang merah 
  • 3 siung bawang putih
  • 2 cm jahe 
  • 6 buah cabai merah keriting

Bahan lainnya :
  • 3 batang kayu manis @3cm (kurangi jika tidak suka kayu manis)
  • 5 butir cengkeh
  • 3 butir kapulaga
  • 1 buah bawang bombay merah, belah 2, iris melintang (saya gunakan bawang bombay biasa)
  • 6 sendok makan saus tomat
  • 8 sendok makan/ 1/2 cup / 120ml santan (saya tidak pakai)
  • 120 ml air (karena saya tidak pakai santan, air saya tambahkan menjadi 300ml)
  • 4 sendok makan saus sambal (saya tambahkan sendiri)
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok makan gula pasir (saya tidak pakai)
  • 1 cup kacang polong kalengan (saya gunakan kacang polong beku)

Cara membuat :
  1. Lumuri potongan ayam dengan 2 sendok makan air jeruk nipis, diamkan selama kurang lebih 20 menit, bilas, kemudian lumuri dengan kunyit bubuk, garam, merica, diamkan selama kurang lebih 30 menit atau semalaman di kulkas
  2. Goreng ayam dengan sedikit minyak hingga ayam kecoklatan, tidak perlu sampai matang benar, angkat, sisihkan
  3. Tuangkan sisa minyak di wajan atau pan, sisakan 2-3 sendok makan
  4. Tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan bawang bombay, kayu manis, cengkeh dan kapulaga, aduk dan masak hingga bawang bombay transparan
  5. Masukkan saus tomat, santan, air, saus sambal, garam dan gula, aduk rata. Masukkan ayam yang sudah digoreng, aduk rata, masak hingga matang, bumbu meresap dan kuah mulai menyusut
  6. Terakhir masukkan kacang polong, masak sebentar atau jika menggunakan kacang polong beku, masak hingga matang
  7. Cicipi rasanya, angkat dan siap dihidangkan

resep ayam masak merah
ayam masak merah
Okey, semoga resep ayam masak merah ala Malaysian ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera.
NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.