Kastengels Bundar




Posting kastengels dulu ya, versi bundar, lagi he he he... dulu pernah buat juga yang begini, nah tadinya mau pakai cetakan kastengels yang imut-imut itu, seperti yang saya gunakan pada eggless kastengels, hanya karena terlalu lama mengeluarkan dari cetakannya, makanya saya batalkan, pakai cookie cutter yang cepat saja, bentuk bundar. Dan memang cukup membantu mempercepat proses mencetak, jadi tanpa beban deh kerjanya. 

Nah kukis kastengels ini sebenarnya saya mau jual juga, hanya ternyata selera para pembeli tidak begitu suka kastengels he he he.. jadi saya dan Sophie saja yang makan... kalau saya dan Sophie doyan. Asin-asin ngeju, nah anehnya kalau Sophie makannya sukanya dihancurkan, lalu dimakan menggunakan sendok, he he he, entah ide darimana dia makan begini ini.

Walaupun kastengels ini bentuknya bundar, tapi biarlah ya tetap dinamakan kastengels walaupun tidak berbentuk batangan begitu. 

Oh iya, sebenarnya saya itu janji ke mba Rini dari Medan mau posting telur gabus keju yang terbuat dari tepung ketan, tapi sampai hari ini saya belum mood foto-foto, entahlah mood kemana ini. Padahal kalau saya mau ada beberapa makanan yang bisa difoto dan dimasukkan ke dalam blog, tapi karena malasnya, sampai saya membatin, lain kali saja buat lagi baru deh foto lagi, aih aih ini nih kalau malas sedang menghampiri.

Jadi pakai foto yang sudah ada di draft saja dulu deh, nanti kalau sudah rajin saya foto tuh si telur gabus tepung ketan, tapi agak-agaknya harus buat lagi, sudah tinggal sedikit, dicemal cemil oleh bapaknya Sophie ha ha ha...

Kembali ke resep kastengels bundar ini ya, sebenarnya resepnya sudah saya posting tahun 2015, idih sudah lama juga ya... nah karena ini fotonya ceritanya dibuang sayang ya sudah diposting lagi deh, padahal resep sama dan bentuk juga sama. Hanya kali ini saya buat setengah resep saja dari resep sebelumnya dan menghasilkan 1 toples plastik ukuran 500gr, tapi berat bersihnya hanya sekitar 400 gr saja.

Okey deh, yang mau lihat resep kastengels ini, berikut saya tuliskan lagi ya, saya tuliskan setengah resep dari resep asli.

Kastengels Bundar

Bahan :
  • 150 gr butter 
  • 100 gr keju tua/edam (saya gunakan keju cheddar)
  • 200 gr tepung terigu (saya gunakan tepung terigu protein rendah)
  • 1 sendok makan susu bubuk (saya ganti dengan maizena)
  • 1 kuning telur
Olesan :
  • 1 kuning telur, kocok lepas (saya tambahkan 1/4 sendok teh madu)
  • keju cheddar parut secukupnya 
Cara membuat :
  1. Kocok butter dan kuning telur sebentar saja kurang lebih 1 menit dengan mixer kecepatan rendah, matikan mixer (kali ini saya hanya aduk dengan balloon whisk)
  2. Masukkan keju, aduk rata dengan spatula atau sendok kayu
  3. Kemudian masukkan tepung terigu dan susu bubuk/maizena, aduk rata kembali dengan spatula/sendok kayu
  4. Ambil adonan secukupnya, letakkan di atas plastik wrap, timpa kembali dengan plastik wrap, gilas adonan dengan ketebalan kurang lebih 4-5mm, cetak adonan dengan cookie cutter sesuai dengan selera
  5. Letakkan di atas loyang beralas kertas baking/kertas roti (kali ini saya tidak alasi dan tanpa oles margarin juga)
  6. Lakukan hingga semua adonan habis
  7. Olesi permukaan dengan kuning telur dan taburi dengan keju parut
  8. Panggang di oven dengan suhu 120-130 derajat celcius sampai berwarna coklat keemasan (saya panggang dengan oven suhu 150 derajat celcius selama kurang lebih 15-20 menit) - sesuaikan dengan oven masing-masing
  9. Keluarkan dari oven, dinginkan, setelah dingin masukkan ke dalam toples atau wadah kedap udara

Nah semoga resep kastengels bundar ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...



Selamat mencoba...




NewerStories OlderStories Home

12 comments:

  1. Enak...ngiler siang2 gini, mbak. Rajinnya, aku belum bikin kue lebaran, mbak;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he... ini mah rajin modus mba, promosi kue kering siapa tahu ada yang pesan.. walaupun ternyata yang kastengels ini ga ada yang pesan ha ha ha... dimakan sendiri deh..

      Delete
  2. Bayangin wangi kejunya jadi ngilerrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. uhuuuuyyyyy iya mba Rina... harum pake banget deh.. apalagi baru keluar dari oven..

      Delete
  3. Zahra juga kalau makan astor/gery chocolatoz, sukanya dihancurkan dulu di piring lalu dimakan sambil disendok. Tapi itu dulu, sekarang tidak lagi. Anak-anak ada-ada aja kelakuannya, heheheh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he.. iya neh anak-anak ada saja kelakuannya, neh Sophie sekarang semua kue kering dihancurkan dulu baru dimakan pakai sendok..

      Delete
  4. Klo bikin kukis keju aq tambahin gula halus jg mba...biar gk cuman asin aja rasanya. Pake cheddar aja sih biar gk asin bgt. Katanya klo pake edam lbh asin ya mba?

    RINI

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya neh mba, ibuku juga gitu tambah sedikit gula, tapi ku sukanya yang tanpa gula, hmmm itu dulu sih ingat kalau ga gitu suka dengan yang ada sedikit manisnya, lain kali coba deh.. siapa tahu nanti jadi suka he he he...
      ini pakai cheddar sudah asin, iya mba, pakai edam lebih asin tapi lebih ngeju, dulu pernah buat yang pakai edam, sedap ngeju

      Delete
  5. Hai mb Monic, saya sdh coba resep di atas di hari libur terakhir. Enak! Saya modif sedikit yt tepung saya kurangi sedikit, karena saya spuit pake kantong segitiga, bentuk batang. Jadi adonan harus agak lembut spy gampang spuit-nya. Saya pake campuran butter dan margarin. Terus kejunya juga campuran edam dan cheddar. Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai hai mba Sisca, jadi selain kastengels, red pearl dan kukis melinjo, apa lagi neh kukis yang mba Sisca buat selama liburan, jadi coba kukisnya mba Ricke?

      wah kastengelnya sedap tuh mba, ada campuran edam dan cheddar

      Delete
  6. Jadi, mbak. Sagu pandan keju-nya mb Ricke. Dan...wkt saya bawa ke kantor, ada 5 orang mau pesen sagu pandan. Lha kejunya harus beli lagi, pasta pandan harus buat dulu, diinapkan spy mengendap. Jadi saya bilang tdk bisa dlm wkt dekat. Kaastengels saya buat untuk pesanan juga, untuk teman2 kantor yg lain mbak. Sdh pesan lama, saya tolak krn tdk sempat. Wkt libur panjang baru saya sanggupi. Saya coba beberapa resep kaastengels, mirip2. Yg libur kemarin, coba resep mb Monic. Terima kasih
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantap mba... he he he sudah lihat penampakan kastengels dan sagu kejunya, menggugah selera mba..
      sukses dengan pesanannya mba, lain waktu kalau libur lagi baru bisa terima pesanan lagi ya...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.