Banana Butter Cake




resep banana butter cake

Punya pisang kematangan, hmmm buat sesuatu yang prosesnya sedikit berisik, tapi memang sudah lama ingin buat butter cake pisang, jadilah tadi pagi pisang kematangan dibuat butter cake ini, walaupun masih ada juga sisa pisang kemantangan, besok lagi dipikirkan mau diolah menjadi apa. 

Karena sudah 3 hari terakhir ini Sophie agak sedikit direm makan cemilan, jadilah tadi begitu matang, langsung minta satu potong, dimakannya dengan lahap, lalu minta lagi satu potong, lalu kenyang katanya.. baguslah saya pikir, tidak banyak-banyak makannya, jadi supaya kami tidak banyak makan, akhirnya saya katakan kalau sisanya kita beri ke orang lain ya, lalu dia tanya kenapa, saya katakan biar kita tidak makan banyak, kan sedang diet, begitu kata saya. Akhirnya dia mengangguk setuju. Sipppp, akhirnya tadi beri ke security komplek. 

Sebulan ini kan Sophie libur jadi kegiatannya tidaklah banyak, jadi karena emaknya masih doyan buat macam-macam, akhirnya selama sebulan ini beratnya bertambah, dan efeknya baju seragam SD yang sudah diambil kok jadi sempit ya.. gawat.. tinggal seminggu lagi neh, akhirnya ya diet dulu ya Pipi... olahraga juga.. jadi agenda pagi kalau tidak bangun kesiangan, olahraga dulu di lapangan komplek, lari keliling lapangan, tentu saja tidak lari terus, kalau capek baru jalan.

Sebelum lari Sophie katakan kalau dia mau lari 4 keliling, waduh semangat sekali anak ini begitu pikir saya. Tapi baru satu keliling dia katakan, sudah 3 keliling nih, tinggal satu lagi...loh kok satu lagi sih Pi.. begitu tanya saya, 3 lagi donk, ini kan baru satu keliling, tidak ibu.. kita sudah olahraga 3 keliling. Nah beda pengertian keliling ini, akhirnya saya beri pengertian satu keliling itu bagaimana, okeh katanya, kalau begitu 3 saja ya, lanjut lagi di mana setiap satu keliling minta istirahat dan minum, capek begitu katanya. Tetap semangat karena ingin kurus he he he...

Dan supaya tidak begitu membosankan maka pilihan jalan-jalan ke mall kami lakukan juga, tapi ini dia nih kalau ke mall, suka lapar mata, ada saja yang dibeli he he he... 

Sippp kembali ke resep banana butter cake ini, resep ini simple sekali, secara tipe butter cake sih ya dan bahan-bahannya mudah sekali lalu prosesnya juga sangat mudah. Dan tentu saja sangat mudah dihafal baik bahan dan cara membuatnya.

Untuk resep kali ini saya modifikasi dari resep topo map love cake, saya modifikasi dengan tambahan pisang dan takaran dimodifikasi karena saya menggunakan loyang persegi ukuran 20cm. Cake ini lembut tapi padat, biasa kan ya cake tipe butter cake, dan tentu saja cake ini harum sekali. Dan untuk jenis pisang yang saya gunakan kali ini adalah pisang cavendish atau kalau di kalangan penjual buah di sini disebutnya pisang ambon Filipina. 

Okey deh, langsung ke resep ya, ini dia, silakan...

Banana Butter Cake
untuk loyang ukuran 20x20cm

Bahan :
  • 200 gr butter atau margarin (saya gunakan blueband cake n cookie)
  • 150 gr gula pasir
  • 4 butir telur
  • 225 gr tepung terigu protein rendah
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 90 ml susu cair
  • 250 gr pisang tanpa kulit, haluskan dengan garpu
  • 30 gr keju cheddar parut untuk taburan (optional)

Cara membuat :
Siapkan loyang, oles dengan butter/margarin, taburi tepung tipis, sisihkan. Kocok butter dan gula pasir sampai mengembang dan pucat, masukkan telur satu persatu di mana setiap masuk satu telur kocok hingga tercampur. Dengan kecepatan rendah masukkan sebagian tepung yang sudah dicampur dengan baking powder, kocok hingga rata, tambahkan susu cair, kocok lagi, kemudian tambahkan sisa tepung, kocok kembali hingga rata, masukkan pisang yang sudah dilumatkan, kocok sebentar hingga rata.Matikan mixer, tuang ke dalam loyang, hentakkan loyang secara perlahan untuk membuang udara terjebak dan supaya adonan rata di loyang. Taburi dengan keju parut.
Panggang selama kurang lebih 30-35 menit di suhu 180 derajat celcius di mana oven sudah dipanaskan terlebih dahulu. Sesuaikan waktu panggang dengan ukuran loyang dan karakter oven, tes tusuk, jika sudah matang keluarkan dari oven dan dinginkan.



resep butter cake pisang

Nah semoga resep banana butter cake ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...



NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. Wallaaa....lama bingit diriku gak bikin banana cake. Jadi ngiler hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. keasyikan ngeroti ya mba he he he... hayo ngecake lagi mba

      Delete
  2. Aiiihh...si Pipi msh kecil dah pengen kurus hehe...ntar gk tembem lg dunk pipinya.

    RINI

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum kurus ini tante Rini, makanya masih tembem he he he... ini kurus supaya rok sekolahnya muat ha ha ha..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.