Roti Goreng Kentang Sarden



resep roti goreng sarden kentang

Kemarin saya buat roti goreng lagi, sudah lama sepertinya saya tidak buat roti goreng. Hmmm isi apa ya, ahai saya teringat ketika saya ke Indomaret beberapa hari sebelumnya saya beli sarden, iseng sih beli sarden. Terkadang saya itu suka merasa takut-takut juga beli sarden tapi saya sebenarnya suka dengan sarden he he he...

Kalau tidak mengingat bahwa sarden itu makanan kaleng yang tentu saja tidak baik kalau dikonsumsi sering-sering mungkin saya akan sering neh memasak sarden. Tapi... sekali-sekali boleh lah ya..he he he...

Kalau bicara sarden kaleng begini, saya itu paling suka kalau masak sarden diberi banyak tomat, diberi bawang bombay dan diberi air asam jawa, lalu ditambahkan cabai rawit utuh yang banyak, beuh sudah deh yang ini pokoke favorit, dulu pernah saya posting di sini Tumis Sarden Pedas. Tapi memang sih tidak semua suka dengan sarden ya, berhubung rasanya ikan sekali he he he.. ada juga yang memang tidak tahan juga dengan menyantap ikan kaleng begini, tidak cocok di lidah atau tidak cocok di tubuh.

Oh iya sebenarnya bisa sih kalau mau sedikit repot membuat sarden sendiri, walaupun agak lama membuatnya tapi sebanding deh dengan rasanya. Rasanya tidak kalah dengan sarden kalengan, sedap deh. Nah dulu saya pernah membuatnya, dulu itu membuat sarden begini karena memang pas di pasar ada ikan sarden, belakangan tidak pernah lihat lagi. Mungkin di pasar yang lain ada kali ya, belum pernah ke pasar lain lagi selama ini.

Oh iya kembali ke roti goreng sarden ini, nah ternyata sarden kaleng yang saya pilih itu adalah sarden dengan saus ekstra pedas, duh saya tidak periksa lagi ketika mencomotnya, saya pikir saya ambil yang saus tomat. Hmmm saya cicipi dulu, sepertinya tidak pedas neh, apalagi kalau dimasak dengan campuran kentang, hilanglah rasa pedasnya. Tapi eh tapi begitu rotinya sudah matang dan dimakan oleh Sophie, hulala... Sophie protes, pedas sekali katanya.. makannya sambil berkeringat he he he.. tapi saya katakan Sophie kan sudah SD, masak pedas sedikit tidak bisa tahan? ha ha ha... ini dasar emaknya saja yang malas bebuatan lagi.

Memang sih roti goreng ini saya maksudkan untuk bekalnya Sophie, tapi untungnya ternyata Sophie masih bisa tahan menyantap roti goreng ini. Tapi menurut saya memang roti goreng ini sama sekali tidak pedas, campuran kentangnya membuatnya tidak begitu berasa pedas.

Untuk kentangnya sendiri di sini saya gunakan kentang yang sudah dikupas, dipotong kotak lalu direbus sampai empuk, angkat, tiriskan dan haluskan kasar. 

Biasanya membuat roti goreng saya sempatkan untuk menimbang masing-masing adonan yang sudah saya bagi, tapi berhubung mau cepat maka kali ini saya kira-kira saja ukurannya, ya lumayanlah tidak beda jauh ukurannya. Mau dikonsumsi sendiri jadi tidak masalah.

Wokeh.. sekarang lanjut ke resepnya ya, aih aih biasa ya, saya masih pakai resep roti goreng andalan, belum bisa pindah ke resep lain dulu. Padahal sudah saya niatkan kapan-kapan coba pakai resep roti goreng yang lain, hmmmm lain kali mungkin ya.

Sipp berikut resepnya ya.. silakan..

Roti Goreng Kentang Sarden

Bahan roti :
  • 200 gr tepung terigu protein tinggi, misal merk cakra kembar atau golden eagle
  • 1 1/2 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh ragi instan
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 butir telur
  • 1 bungkus santan instan kemasan 65ml
  • 30 ml air
  • 1 sendok makan margarin

Bahan isian :
  • 1 kaleng sarden ukuran kecil
  • 3 buah kentang ukuran sedang, berat total kurang lebih 250gr
  • 1 buah bawang bombay ukuran sedang, potong ukuran agak besar atau sesuai selera
  • 5 siung bawang putih, cincang
  • 1 sendok makan air asam jawa kental
  • 1/2 sendok teh garam

Bahan pencelup dan pelapis :
  • 300 ml air
  • tepung panko/tepung panir/tepung roti (saya gunakan tepung roti orange)

Cara membuat isian :
Kupas kentang, potong kotak ukuran sedang, rebus hingga empuk, angkat, tiriskan dan lumatkan kasar dengan garpu, sisihkan.
Tumis bawang putih sampai harum dan keemasan, masukkan bawang bombay, tumis sebentar, masukkan sarden, masak sambil dihancurkan, kemudian tambahkan kentang dan garam serta air asam jawa, aduk rata, aduk dan cicipi rasanya. Angkat dan dinginkan sejenak.

 
Cara membuat :
  1. Di mangkuk, campur tepung, gula pasir, ragi instan dan garam, aduk rata, tambahkan telur, santan dan air, aduk rata dan uleni hingga kalis kurang lebih selama 2 menit
  2. Tambahkan margarin, uleni lagi selama kurang lebih 3-5 menit, bulatkan adonan dan tutup lalu diamkan selama kurang lebih 1 jam hingga mengembang kurang lebih 2x lipat (sesuaikan lamanya dengan suhu ruangan, jika panas bisa lebih cepat, jika dingin bisa lebih lama, kalau mau cepat bisa letakkan air panas di rak bawah oven dan adonan di rak atas oven yang tidak menyala, tutup oven, maka adonan akan lebih cepat mengembang)
  3. Kempiskan adonan, bagi menjadi 12 bagian, lalu bulatkan masing-masing, letakkan di wadah bertabur tepung tipis
  4. Ambil satu bulatan yang pertama kali dibuat, pipihkan dengan tangan, beri bahan isian, bulatkan kembali, letakkan di wadah bertabur tepung tipis, lakukan sampai selesai
  5. Ambil adonan roti, celupkan ke dalam air, balurkan ke dalam tepung roti, lakukan sampai adonan habis, biarkan mengembang selama kurang lebih 20 menit
  6. Siapkan penggorengan, panaskan dan beri minyak yang cukup banyak, goreng dengan api kecil sampai garing, kuning kecoklatan, balik dan lakukan hal yang sama
  7. Angkat dan tiriskan

resep roti goreng sarden

Nah semoga resep roti goreng kentang sarden ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...




NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. Ikan sarden kalengan memang enak, mba. Menu andalan selain mie instan dan telur dadar ketika malas masak waktu tinggal di Soroako dulu.

    Sophie kepedesan, tapi mamanya makan roti gorengnya dicocol sambal. Pencinta pedas nih mba Monic, heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Ima, sepakat ya kita kalau sarden kalengan itu enak he he he...masakan praktis tapi sedap

      he eh mba menurut saya malah tidak pedas roti gorengnya, malah selain pakai sambal saya juga makan pakai cabai rawit he he he

      Delete
  2. Sedap tu roti goreng isinya agak2 pedas.

    Hihihi...Sophie gk suka pedas ya. Klo anakku suka bgt pedas. Almarhum si kecil jg suka...
    Mgkn darah Padang x ya hahaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Rini, Sophie ga suka pedas, pedas merica aja dia suka protes
      oh iyakah, anak mba Rini suka pedas ya, sudah mendarah daging kali ya..darah padang..he he he

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.