Pempek Dos Lenjer Kecil



resep pempek dos lenjer kecil

Tidak pernah bosan dengan makanan satu ini, apalagi kalau bukan pempek. Hmmm beberapa hari yang lalu buat pempek dos lenjer kecil. Iseng sekali buat pempek begini malam hari, keterbatasan bahan, telur juga tinggal 3 butir ya sudah deh buat versi lenjer semua.

Walaupun pempek dos, tapi rasanya tetap sip, apalagi dengan cuko mantap sesuai selera. Sophie suka sekali kalau saya membuat pempek. Jadi keesokan harinya dia bawa pempek ke sekolah. Cocolan saus tomat saja, walaupun dia juga suka sih mencocol pempek dengan cuko.

Wokeh, membuat pempek dos ini sangat mudah ya, bahan-bahannya juga sangat sederhana, nah tidak butuh waktu yang lama sudah jadi deh pempek dos lenjer ini. Sedikit lebih rumit kalau membuat pempek dengan isian, misalnya pempek dos kapal selam ataupun pempek dos pistel atau pempek dos belah isi kecap ebi.

Kalau di rumah saya, penghuninya lebih suka pempek lenjer, apalagi anak gembul saya itu, suka sekali dengan pempek lenjer, baguslah, mempermudah emaknya kalau begini. Jadi kan matang malam hari tuh pempeknya, masih belum saya goreng, nah makan pempek rebus dulu, itu saja dia sudah suka sekali. Padahal sudah sikat gigi malam, tapi dia katakan, nanti habis makan pempek kumur-kumur saja ya, wokelah, boleh kata emaknya ini.

Untuk cuko masih resep andalan tanpa ebi, tapi dengan menggunakan gula batok, cukonya lebih kental dan tidak begitu manis. Bisa juga gunakan gula aren ya, karena gula aren pun sedap kalau dibuat cuko. Di sini untuk asamnya saya hanya menggunakan asam jawa, tanpa campuran cuka makan. Dengan asam jawa yang cukup banyak sudah dapat rasa pas sesuai selera saya.

Sippp, tidak perlu lama-lama lagi ya... berikut resepnya di bawah... oh iya temukan kuliner Palembang lainnya yang mungkin jarang terdengar dan cukup asing bagi sebagian orang, misalnya kue gandus, srikayo, dodol agar, mie celor, tekwan atau model atau juga pempek tunu, pempek kulit bahkan pindang di kategori Palembang ya, silakan cuss ke link tersebut.

Pempek Dos Lenjer Kecil

Bahan :
  • 250 ml air
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh kaldu bubuk (gunakan kaldu jamur atau kaldu bubuk non MSG atau kaldu bubuk homemade jika ada, kalau tidak ada dan tidak masalah gunakan kaldu bubuk biasa yang banyak tersedia di pasaran)
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 125 gr tepung terigu protein sedang
  • 2 butir telur, kocok dengan garpu
  • 200 gr tepung sagu tani atau tepung tapioka
  • sedikit tepung tapioka untuk baluran tangan ketika membentuk pempek
  • kurang lebih 1000 ml air + 1 sendok makan minyak goreng untuk merebus pempek
  • minyak untuk menggoreng pempek 

Cara membuat :
Di panci, campur air, garam, kaldu bubuk dan bawang putih, masak hingga mendidih, kecilkan api dan masukkan tepung terigu, aduk hingga tercampur dan membentuk adonan, angkat dan biarkan hangat. 
Pindahkan ke dalam mangkuk cukup besar, masukkan telur kocok, aduk rata dengan sendok kayu, kemudian tambahkan sebagian tepung sagu tani/tapioka, uleni perlahan dengan tangan, tambahkan sisa tepung, uleni hingga kalis. Baluri tangan dengan tepung tapioka, ambil sedikit adonan, bentuk bulat lonjong (lenjer). Letakkan di wadah bertabur tepung tipis, lakukan sampai habis. Di sini saya menghasilkan 22 buah pempek lenjer. Selagi membentuk pempek didihkan air di panci, campur dengan minyak goreng. Masukkan pempek, rebus hingga mengapung, angkat dan tiriskan. Goreng dengan minyak yang cukup banyak sampai garing (hati-hati jangan sampai terlalu garing, bisa meletus pempeknya).

Catatan : silakan cuss ke link pempek pistel dan pempek belah  di atas untuk melihat proses membuat pempek dos ini.


Cuko Pempek

Bahan :
  • 200 gr gula merah/gula aren  (saya gunakan gula batok)
  • 400 ml air
  • 8 siung bawang putih
  • 20 butir cabai rawit (sesuaikan dengan selera jumlahnya)
  • 3 sendok makan asam jawa
  • 1/2 sendok teh garam

Cara membuat :
Potong kecil gula merah, campur dengan air dan asam jawa, rebus hingga mendidih, saring. Masukkan kembali ke dalam panci, masukkan cabai rawit dan bawang putih yang sudah dihaluskan, masak hingga mendidih, tambahkan garam, aduk rata, cicipi rasanya. Angkat dan biarkan dingin, saring., siap digunakan. Masukkan ke dalam kulkas jika cuko akan diinapkan.


resep pempek dos lenjer

Nah semoga resep pempek dos lenjer kecil ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba....





NewerStories OlderStories Home

24 comments:

  1. Tadi pas baca judulnya duh kalo huruf M nya dibuang bisa gawat mba haha
    Pempek ini dilihat dari cuko nya hampir mirip kaya cuko empek empek palembang mba, apa memang ini sejenis cuma beda bahan ikan sama telor nya mba,
    Dari foto kurang jelas, pengin icip mah bisa lebih jelas ni mba rasa dan enaknya, hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi hi hi kalau di Palembang memang namanya pempek mas, tidak kenal dengan empek empek
      iya mas ini buat cukonya sengaja pakai gula batok bawa dari Palembang, gula batok disayang-sayang pakainya cuma buat cuko biar kental mirip cuko pempek palembang terkenal, ahai..

      di palembang itu ada 2 jenis pempek secara umum mas, pempek ikan, bisa ikan gabus, ikan tenggiri, ikan belida, kakap dll, lalu ada pempek tanpa ikan, ya ini dia pempek dos
      pempek dos ini termasuk jenis pempek murah, biasanya dijual oleh pedagang keliling dan warung pempek kecil atau biasa dibuat di rumah2 saja buat konsumsi sendiri

      ha ha ha.. boleh... silakan dicicip mas..

      Delete
    2. Owh begitu ya mba, rinci banget njelasin nya mba ,
      Maklum lah mba saya anak polos jadi suka kudet hehe
      Jadi tambah tahu dan lebih jelas mengenai pempek ini

      Delete
    3. he he he... begitu deh mas Mayuf, mas Mayuf kudet di sini tapi jago deh masalah IT di mana saya yang kudet di masalah itu... sami mawon ya mas kita hi hi hi

      Delete
  2. Di tempat ku di Pulau Kelapa Dua, Kepulauan Seribu Utara favorit banget Mpek-mpeknya Mbak... tapi bukan pake ikan tenggiri tapi ikan tongkol atau selar... pokoknya gak kalah rasanya sama mpek2 palembang asli...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah enak donk mas ada pempek di tempat mas Wahab, memang pempek sudah ada di mana-mana ya, sudah bisa diterima lidah orang selain Palembang

      Delete
  3. Replies
    1. he eh iya mas Alfan, sederhana tapi sedap ini

      terima kasih sudah mampir ya mas

      Delete
  4. Ngiler diriku lihat pempek ginian. Udah lama juga gak bikin pempek.

    Eh samaan kalo bikin kuah cuko cukup pakai asem jawa gak pernah pakai cuka. Lebih enak asam jawa. Lebih ramah di lambungku juga deh si asam jawa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kapan buat pempek lagi nih mba Rina...dulu sih campur cuka mba, tapi coba pakai asam jawa, nah pasnya bisa menandingi si cuka kalau asam jawanya dibuat banyak, jadi pas asamnya, pedesnya...
      iya lebih ramah buat lambung memang asam jawa ya mba daripada cuka

      Delete
  5. Air mpek mpeknya sepertinya kental bumbunya mantap nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas Agus, ini cukonya kental, pakai gula aren jenis gula batok, bawa langsung dari palembang, biar pas rasanya he he he

      Delete
  6. Sophie Pipi dibilang gembul, hihihi... Menggemaskan sekali anak itu, bawaannya pengen nyubit aja.

    Orang Palembang dan pencinta Pempek silakan merapat ke Batam, hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. dia memang gembul he he he... kalau saya sukanya noel pipinya mba...

      hi hi hi iya ayo merapat ke Batam

      Delete
  7. ternyata bahannya tidak terlalu ribet ya untuk membuat pempek nih..
    tapi meski gtu rasanya kok bisa nendang ya..
    selalu laris jajanan pempek di tempatq.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, bahannya sederhana sebenarnya, he he he karena pelengkap cukonya itu kali ya jadi bisa lebih nendang rasanya
      iya kalau jajanan pempek rata2 laris, di sini juga laris mas..

      Delete
  8. langsung tergiur dengan kuahnya yang berwarna hitam kecoklatan itu, pasti enak banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahai... bisa aja mas Ibrahim, iya memang cuko juga bisa membuat ngiler ya mas...sama mas saya kalau lihat pempek cukonya gelap gitu langsung ngiler he he he...

      Delete
  9. Wah wah, jadi mupeng pengin nyoba resepnya mbak.. Ku suka bgt sm pempek :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan dicoba mba Ella, mudah kan cara buatnya... rasanya ga kalah dengan pempek ikan

      Delete
  10. Senangnya menemukan blog wong Palembang yang banyak mengulik makanan khas, maklum saya Plembang kanyut, dah lamo dak balek kampung. Langsung Follow dan salam kenal ya Yuk Monic

    ReplyDelete
    Replies
    1. ai ai ado wong Palembang jugo mampir sini... ha ha ha sudah berapo lamo kanyut?
      iyo makanan palembang tuh banyak sebenernyo, pengen cubo galo nak dibuat sikok-sikok tapi masih kendala waktu dan mood

      salam kenal jugo..

      Delete
  11. Baru juga baca doang, tapi iler udah keluar duluan...😀
    ~clau

    ReplyDelete
    Replies
    1. au au... bisa aja deh.. makasih ya sudah mampir

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.