Kukis Sagu Keju



resep kukis sagu keju

Hai hai semua, akhirnya saya kembali lagi, setelah cukup lama menghilang, duh-duh maafkan, tahun ini kok saya hilang-hilang muncul ya. Hmmm tapi baiklah walaupun postingan saya tidak banyak di tahun ini semoga postingan saya di tahun-tahun sebelumnya bisa tetap bermanfaat ya.

Nah bagaimana dengan puasanya? nah kalau sudah masuk bulan puasa begini tentu saatnya memenuhi jagat dunia maya dengan kue kering. Hmmm kali ini saya posting kue kering sagu keju dulu ya, walaupun bisa dikatakan kue kering ini bukanlah kue kering yang baru, tapi kue kering yang cukup menarik perhatian para pecinta kue kering dan para bakulers.

Oh iya untuk lauk pauk yang bisa disiapkan kala sahur dan berbuka, tentu lebih mudah jika sudah ada bumbu dasar, jadi tinggal siapkan bahannya dan dengan adanya bumbu dasar ini maka pekerjaan memasak di dapur menjadi lebih menghemat waktu. Temukan resep bumbu dasar di sini ya... 4 bumbu dasar dan temukan contoh masakan berbumbu dasar ini di label bumbu dasar.

Semua bahan ada nih di dapur saya, sippp tidak pakai lama, jadilah saya buat kukis ini. Dan tanpa ribet jadilah kukis sedap ini. Pakai resepnya mba Tintin Rayner nih, copas dari IG mba cantik ini. Terima kasih resepnya ya mba..

Belakangan ini saya kalau membuat kukis tidak pakai mixer lagi ya, walaupun di instruksi resep mengatakan untuk mengocok mentega atau margarin menggunakan mixer, secara kalau membuat kue kering kan butuhnya mengocok hanya sampai rata, tidak butuh mengocok terlalu lama, jadi sekarang-sekarang ini saya hanya mengocok menggunakan balloon whisk. 

Di resep ini tanpa tambahan daun pandan ketika menyangrai tepung sagu, nah berhubung sedang ada stok daun pandan, ya sudah pakai saja, selain supaya harum juga sebagai indikasi kalau tepung sudah cukup kering, ditandai dengan daun pandan yang sudah mengering. 

Nah mengenai rasa? tentu saja kukis ini sedapnye... Sophie doyan sekali dengan kukis ini. Penggunaan butter yang mendukung rasa, jadi hasilnya sesuai dengan yang diharapkan. Untuk butter kali ini saya menggunakan merk golden churn. Masih ada stok butter ini 1 kaleng di dapur, disayang-sayang karena memang berniat membuat kukis dengan butter ini.

Sophie suka sekali dengan butter ini. Dengan butter ini saya sudah buat butter kukis juga, ahai resep yang simple tapi rasanya sedap. Resep butter cookies menyusul ya.. resep butter kukis tanpa telur. Oh iya resep sudah tayang, ini dia linknya : resep butter cookies hanya 4 bahan saja.

Oh iya tekstur kukis ini rapuh dan meleleh di mulut, hmmm maksudnya? maksudnya kalau sudah masuk mulut kukis ini akan hancur dengan sendirinya, istilahnya melt in your mouth. Jadi tidak perlu mengunyah lagi, ahai... enak kan... sudah terbayang belum he he he...

Wokelah, tanpa panjang-panjang lagi, berikut resepnya ya...

Sagu Keju

Bahan :
  • 200 gr tepung sagu (saya gunakan sagu tani merbabu)
  • 70 gr gula halus (saya gunakan gula pasir yang diblender)
  • 75 gr keju parut (saya gunakan keju cheddar)
  • 1 butir kuning telur
  • 30 gr margarin
  • 70 gr salted butter (saya gunakan merk golden churn)
  • 30 ml santan kental instan
  • 2 lembar daun pandan, simpulkan

Taburan : 
  • keju parut

Cara membuat :
Sangrai tepung sagu dengan daun pandan sampai ringan dan kering, jika daun pandan sudah mulai mengering bisa diangkat, tunggu uap panas hilang, buang daun pandan, sisihkan. Panaskan oven, set di suhu 150 derajat celcius.
Kocok butter, margarin dan gula halus sampai tercampur rata dengan menggunakan balloon whisk atau dengan mixer sekitar 2 menit. Masukkan kuning telur, kocok lagi, kemudian masukkan santan, kocok lagi. Matikan mixer jika menggunakannya, masukkan keju parut dan tepung, aduk rata dengan spatula atau sendok kayu.  Masukkan adonan ke dalam kantong segitiga yang sudah diberi spuit. Semprotkan di loyang yang sudah dioles margarin.  Beri jarak di antara kukis, beri taburan keju parut. Panggang selama kurang lebih 30 menit atau sampai terlihat bagian bawah sudah mulai menggelap. Keluarkan dari oven dan dinginkan.



sagu keju tintin rayner

Nah semoga resep kukis sagu keju ala mba Tintin Rayner ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...



Selamat mencoba....




NewerStories OlderStories Home

10 comments:

  1. Halooo juga kak Monica ...
    Kemarin2nya lagi sibuk bikin kue ya ☺?.
    Lama ngga nongol.

    Sekalinya nongol, langsung muncul resep kukis ... enak dan cakep banget tampilannya 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mas Himawan...
      hi hi hi ga juga sih, bikin kue ini selingan aja...ada urusan lain mas sibuknya

      iya nih sebenarnya ada beberapa lagi resep yang mau tayang tapi belum sempat aja neh ngeblognya mas
      wah terima kasih banyak mas...

      Delete
  2. Asyiiikkk ada mbak Monic lagi.
    Seneng banget deh dengar kabar baiknya. WA saya belum aktif lagi, mbak. Masih mikir mau coba aplikasi lain yang ada di HP ini atau gimana? Lha, kok saya jadi curhat ya? Hehehe.

    Selamat ya, mbak. Semoga sehat selalu bersama keluarga tercinta. Salut saya. Masih sempat bikin kue kering pula. Wonderwoman TOP BGT pokoknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ai ai ada mba Ima lagi, iya nih kalau ada WA enak komunikasi, bisa curcol2 ya.. hmmm kalau gitu kembali ke jaman dulu aja sms, ha ha ha...
      makasih mba Ima, mba Ima juga semoga cepat sembuh ya... bisa kembali lagi ke rumah
      iya disempat2kan ini buat kukisnya... untungnya ga pakai lama he he he..

      Delete
  3. Rupanya sedang masak kue kukis ini yach mbak sehingga lama ngk muncul.... :) kue kukisnya pasti makyuzzzzz... :) kirimi dong mbakkkkkk !!@ ngilerrr nichhh... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ai ai... engga juga kang, ada kesibukan lain, buat kukis ini selingan, sengaja cari kukis yang gampang dibuat dan tidak pakai lama..he he he
      he eh kang, maknyuzz ini kukisnya serius kang... aih maunya saya kang Nata ikut cicip2 juga...

      Delete
  4. Sama-sama, kak Monica.
    Semoga urusan lainnya juga sukses ya,kak.
    Selanjutnya ngeblog lagi dengan artikel resep-resepnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mas Himawan, iya semoga ke depan semakin rajin ngeblog

      Delete
  5. Sagu..
    Mungkin bukan bahan makanan yg familiar di daerah saya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kukis ini bisa juga pakai tepung tapioka atau kanji mas Affan, memang sih namanya sagu keju
      terkadang juga rancu dengan tepung sagu tani yang juga tepung tapioka sebenarnya

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.