Mocha Nougat Cupcakes



resep cupcake moka nougat

Huffff... akhirnya bisa ngeblog lagi, nah kali ini saya mau posting resep mocha nougat cupcakes. Hmm kepikiran buat cupcake ini setelah sadar kalau saya itu ada pasta moka, kenapa tidak buat cupcake saja ya. Tadinya kepikiran mau buat cupcake coklat, jadinya beralih ke cupcake moka ini.

Anak perempuan tentu suka dengan cupcake ini secara dia itu penggemar moka juga. Ingat beberapa waktu lalu beli sirup marjan. Hmm emaknya suka marjan rasa melon, anaknya suka dengan moka. Eh lihat ada rasa vanila mau juga, akhirnya beli 3 botol. Dan baru beberapa kali saja minum sirup itu, masih sisa banyak 3 botol itu.

Jadi nih Sophie ini gaya kalau sudah ngomong vanila.. saya mendengarnya seakan-akan dia ngomong benila..hi hi hi. Jadi saya suka sekali kalau ngomong vanila ke dia ya benila. Dan tanpa protes dia mengiyakan saja. Biasanya kalau saya ada salah ngomong menurut dia, maka dia akan koreksi emaknya, yang ini diam saja.

Mau buat cupcake versi mudah lagi, masih tanpa mixer. Walaupun saya sudah punya pengganti mixer saya yang rusak, tapi saya masih tetap suka mengolah dengan yang tanpa mixer saja. Karena alasan kepraktisan dan tentu saja alasan kemalasan he he he..

Walaupun tanpa mixer dan walaupun hanya menggunakan 2 butir telur tapi cupcake ini tetap empuk dan lembab, karena ada penggunaan buttermilk. Berasa sekali teksturnya ketika dikunyah, kalau dilihat penampakannya kelihatan kan kalau cupcake ini empuk?

nougat cupcake moka

Dan karena moka itu enaknya disandingkan dengan nougat, jadilah saya menyempatkan diri membuat nougat. Mumpung ada kacang tanah.. tapi jalur pintas lagi, ada cemilan kacang tanah goreng yang dibeli bapaknya Sophie, kacang bawang sih sebenarnya, tapi daripada sangrai atau oven kacang lagi, pakai ini saja. Alhasil nougatnya ada sedikit rasa bawang putih, tapi tetap enak kok.. dasar...

Untuk olesannya sendiri saya hanya pakai campuran butter dan susu kental manis yang diberi pasta moka, hmmm cara cepat dan praktis tapi tetap enak. Ini olahan emak yang tidak mau ribet, tapi tetap mau enak..he he he...

Jadi cupcake ini empuk lembut tapi ada kres kres dari nougat dan ada sedikit tekstur creamy dari olesannya, halah.. tapi serius deh, ini masuk kategori cupcake favorit saya.. sudah berniat kapan-kapan mau buat lagi.

Resep cupcake sedikit modifikasi dari resep moist chocolate cupcake, dan untuk nougat sama resepnya hanya beda takaran dengan nougat di mocha nougat roll cake.

Wokeh, yang berminat dengan resepnya, ini dia..

Mocha Nougat Cupcakes

Bahan cupcake:
  • 150 gr tepung terigu protein sedang
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh baking soda
  • 1/4 sendok teh garam
  • 2 butir telur
  • 150 gr gula pasir
  • 80 ml minyak goreng
  • 120 ml buttermilk (susu cair ditambah 1 sendok makan cuka atau air jeruk nipis, aduk dan diamkan hingga mengental)
  • 1/2 sendok makan pasta moka

Bahan olesan : (campur jadi satu dan aduk hingga lembut, gunakan saja sendok)
  • 2 sendok makan butter
  • 1 sendok makan susu kental manis
  • 1 sendok teh pasta moka

Bahan nougat :
  • 50 gr kacang tanah kupas sangrai atau panggang
  • 50 gr gula pasir

Cara membuat :
Siapkan loyang muffin/cupcake, alasi dengan paper case. Panaskan oven, set di suhu 180 derajat celcius. Di mangkuk, campur tepung, baking powder, baking soda dan garam. Aduk rata dengan balloon whisk atau garpu.
Di mangkuk lain campur telur dan gula pasir dan pasta moka, kocok dengan garpu atau balloon whisk hingga tercampur rata, tambahkan minyak goreng dan buttermilk, aduk rata. 
Tuangkan campuran buttermilk ke dalam campuran bahan kering, aduk cepat asal rata, jangan overmix, adonan agak encer tidak kental. Tuangkan ke dalam paper case sebanyak 3/4 bagian case. Panggang selama kurang lebih 15-18 menit. Keluarkan dari oven dan dinginkan.

Cara membuat nougat :
Haluskan kacang kasar, saya gunakan chopper, sisihkan. Panaskan gula pasir hingga mencair dengan api kecil, masukkan kacang tanah (saya menggunakan teflon), aduk hingga rata dan pipihkan di teflon, matikan api dan biarkan dingin di teflon (atau sebarkan di loyang beralas kertas roti). Begitu sudah mengeras, hancurkan, di sini saya menggunakan chopper lagi.

Penyelesaian :
Oles dengan bahan olesan, taburi dengan nougat.


resep moist mocha nougat cupcakes

Nah semoga resep mocha nougat cupcakes ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...



NewerStories OlderStories Home

14 comments:

  1. Hahahaha....
    Paragraf ketiganya bikin ngakak.

    Bahaya juga ya, mbak, kalau satu rumah banyak orang trus seleranya beda-beda? Kalau makanan ringan mungkin tidak masalah, tapi kalau sirup trus jarang diminum, menuhin kulkas aja, heheheh. Tapi buat yang suka dan sempat bikin kue, pasti suka karena bisa berkreasi dengan bahan itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha...

      iya tuh dia mba Ima, bahaya kalau setiap anggota beda selera..iya nih sampai sekarang masih nyisa sirupnya

      he eh terkadang saya sudah ingin memanfaatkan sirup itu tapi belum sempat saja mau berkreasi

      Delete
  2. Asli...pasti enak dan lezat rasanya, apalagi yang masak adalah Mbak Monic... :)

    ReplyDelete
  3. Nougatnya kok bikin kemecer ya. Di kulkas punya kacang tanah tapi males bikin nougat. Pilih digoreng trus dicemilin hahahahah....atau kadang dipakai lauk makan nasi hihihi....

    Rajin deh bikin cake ukuran cupcake atau mini. Kalo diriku lebih seneng pakai loyang gede, ntat biar pada motongin sendiri-sendiri kalo dah matang.

    Itu cupcake dalamnya keliatan empuk moist dan menul-menul. Jadi bayangin enakeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Rina, nougat mah kalau kepengen aja buatnya, lagian kan jadinya cemilan manis neh

      kalau bapaknya Sophie sukanya cemilan ya kalau ga kacang goreng ya kacang sangrai atau oven, dia ga doyan nougat

      ini pas suka aja mba pake yang mini begini biar cepat matang ha ha ha...hemat gas

      he eh mba ini empuk n moist loh..

      Delete
  4. Kebayang jelas enaknya gabungan moka dan nuogat ..., udah pasti cupcake buatan kak Monica ini enak bangeet 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahai...iya mas Himawan, enak gabungan moka dan nougat..

      Delete
  5. wow....Mocha Nougat...I like it
    Terima kasih mau berbagi

    ReplyDelete
  6. cupcakesnya pas banget buat nemenin ngopi pagi ini :)

    ReplyDelete
  7. Lihat gambarnya aja udh bisa kebayang enaknya.
    Mocha Nougat Cupcakes pastinya enak buat teman ngopi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mas Aris
      iya pas mas ya buat teman ngopi cupcake ini

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.