Resep Black Forest Cupcake - Monic's Simply Kitchen

Wednesday, July 31, 2019

Resep Black Forest Cupcake

resep cupcake blackforest

Oh tidak... hari ini hari terakhir di bulan Juli, gawat.. hampir tidak ada satu pun postingan saya di bulan Juli ini. Akhirnya malam begini saya sempatkan dulu posting ya. Dan kali ini saya posting resep blackforest cup cake saja ya. Resep ala-ala saja, resep simple yang mudah dibuat tapi tetap enak rasanya. 


Nah makin hari makin ke sini semakin malas saja saya untuk ngeblog, padahal di pikiran saya sudah ada rencana mau posting resep ini resep itu tapi tertunda dulu. Seperti resep nastar daun jumbo, atau resep samosa, masih antri dulu.

Emak satu ini sedang sibuk di dunia nyata, sibuk-sibuk ala emak-emak rumahan deh... coba deh kalau yang merasa jadi emak terus harus mengurus anak-anak, suami dan satu lagi menjadi pekerja yang harus mengerjakan semua pekerjaan rumah, tanpa embel-embel asisten rumah tangga atau baby sitter atau mba pengasuh anak atau tukang ojek anak-anak. Coba.. terasa waktu itu habis dengan pekerjaan yang itu-itu saja, jiahhhh.. ini ceritanya bukan curhat malam hari ya.. hanya iseng saja menulis begini, biar panjang intronya... ha ha ha..

Yang salut itu emak pekerja di luar rumah tapi masih sanggup juga jadi emak pekerja rumahan, top dah.. nah yang suka buat sebal nih ada yang suka bicara, ya iyalah enak di rumah, kalau kita kan harus bekerja tidak banyak waktu untuk di rumah, memandang sebelah mata emak pengurus rumah tangga. Helowww...

Dulu saya pun bekerja sebelum saya memutuskan untuk berhenti bekerja, soalnya jadi susah membagi waktu, ketika saya sering terlambat datang ke kantor, lalu ketika anak sakit harus pulang lebih awal... lah dikira apa perusahaan itu punya nenek moyang saya... bisa seenaknya saja. Akhirnya saya memutuskan berhenti bekerja. Dan tada.... jadilah status saya emak rumah tangga. Walaupun begitu tetap semangat, apalagi kalau sudah punya hobi masak dan buat aneka makanan.. hmmm paling tidak ada yang bisa membuat hidup emak rumah tangga lebih berwarna seperti cup cake case yang saya gunakan kali ini..he he he..

Saya itu ketika membuat cup cake black forest ini sebenarnya sudah beberapa waktu sebelumnya sudah ingin membuat cake black forest tapi terhadang mood yang belum mengumpul dengan sempurna jadi buat yang versi cepat saja. Walaupun beberapa hari yang lalu saya sudah membuat cake black forest hanya saya malas untuk mengambil fotonya. Jadi habis begitu saja.

black forest cupcake resep

Nah cup cake black forest ini resepnya mirip dengan resep cup cake moka yang pernah saya posting sebelumnya, hanya sedikit modifikasi supaya lebih mendekati versi blackforest. Nah di cupcake ini saya menambahkan selai blueberry di tengah bagian cup cake, jadi adonan diisi dulu setengah bagian, baru semprotkan selai blueberry yang sudah dimasukkan ke dalam kantong segitiga. 

Untuk frosting, saya hanya menggunakan softcream yang saya beli di toko bahan kue, merk hollman. Di sini saya hanya mengocoknya dengan balloon whisk. Softcream hanya dicampur dengan susu kental manis. Sangat mudah.. kalau tidak ada softcream bisa gunakan whipped cream atau hanya gunakan butter dicampur susu kental manis atau bahkan bisa gunakan margarin, kembali ke pilihan selera dan ketersediaan bahan.

Okeh sekarang langsung ke resep ya... silakan..

Resep Black Forest Cupcake
untuk 12 buah

Bahan cupcake:
  • 130 gr tepung terigu protein rendah * ayak bersama
  • 25 gr coklat bubuk *
  • 1 sendok teh baking powder *
  • 1/2 sendok teh baking soda *
  • 1/4 sendok teh garam
  • 2 butir telur
  • 150 gr gula pasir
  • 80 ml minyak goreng
  • 120 ml buttermilk (susu cair ditambah 1 sendok makan cuka atau air jeruk nipis, aduk dan diamkan hingga mengental)
  • selai blueberry secukupnya 

Bahan frosting : (campur jadi satu dan aduk hingga lembut, gunakan saja sendok atau balloon whisk)
  • 125 gr softcream
  • 3 sendok makan susu kental manis

Bahan topping :
  • dark cooking chocolate, serut kasar
  • cherry merah tangkai

Cara membuat :
Siapkan loyang muffin/cupcake, alasi dengan paper case. Panaskan oven, set di suhu 180 derajat celcius. Di mangkuk, campur tepung, coklat bubuk, baking powder, baking soda dan garam. Aduk rata dengan balloon whisk atau garpu, ayak, sisihkan.
Di mangkuk lain campur telur dan gula pasir, kocok dengan garpu atau balloon whisk hingga tercampur rata, tambahkan minyak goreng dan buttermilk, aduk rata. 
Tuangkan campuran buttermilk ke dalam campuran bahan kering, aduk cepat asal rata, jangan overmix, adonan agak encer tidak kental. Tuangkan ke dalam paper case sebanyak 1/2 bagian case. Semprotkan selai blueberry secukupnya kurang lebih 1/2 sendok makan. Tuang lagi adonan sampai 3/4 bagian case. Panggang selama kurang lebih 15-18 menit. Keluarkan dari oven dan dinginkan. Beri frosting cream, hias dengan coklat serut dan cherry merah.


resep cup cake blackforest simple

Nah semoga resep black forest cup cake ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...


8 comments:

  1. Hai hai mbak Monic....

    Kangen bgt sama mbak Monic. Ditunggu2 postingannya gak muncul2. Sering2 posting dong mbak...

    Aduuhhh... Enak bgt itu cakenya mbak. Menggoda sekali, jd pengen nyomot.


    Mama Al

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai hai mama Al, iya nih belakangan memang jarang posting, maunya sih sering-sering kayak dulu mama Al, tapi terkendala waktu, kesibukan dan tentu saja kemalasan ha ha ha..

      maafkan ya, semoga ke depan lebih rajin... semangat...
      terima kasih banyak ya mama Al.. luv luv..

      Delete
  2. Saya doyan banget makan black Forest Mbak, rasanya itu loh, makyuzz ngak ketulungan.

    Tapi yang belum saya makan kayaknya buahan yang berwarna merah yang ada di atas Black forest diatas. Itu buah benaran atau cuma plastik, heheheh....#kepo

    ReplyDelete
    Replies
    1. toss kang... kita sama doyan makan black forest.. ha ha ha rasanya memang ga ketulungan ya..

      itu buah asli kang, bisa dimakan, itu manisan cherry merah, banyak dijual di toko bahan kue, ada juga dink di swalayan tertentu..

      tapi kalau rasanya cherry merah itu saya tidak begitu suka kang... menurut saya cherry merah ini hanya cocok sebagai pemanis saja he he he..menurut saya loh kang..

      Delete
  3. Keliatan nyam-nyam itu cupcake. Moist lagi. Mendadak mak glek hihihi.... Udah lama aku ga bikin cake lembut dan moist. Apalagi pakai toping. Belum bikin creamnya, si kue udah habis duluan hahahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha...berarti kudu diniatin banget deh kalau buat cake yang mau pake topping, harus disembunyiin dulu, setelah dikasih topping baru deh... tada..

      Delete
  4. Yah udah ngetik panjang, ilang huhuhu... Kalo disuruh ketik ulang mesti ada yg ketinggalan.
    Aku dulu juga pernah ngalami dilema gitu. Rasa sungkan terhadap rekan kerja itu lho yg rasanya ganjel banget di hati. Kerjaan mereka bisa jadi terhambat krn ketiadaan kita di tempat kerja. Serba salah jadinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya..... karena si Tri ya.. he he he

      ya gitu ya mba kalau kerja, ada saja yang jadi ganjelan, kalau berhubungan dengan orang banyak ya gitu deh harus sabar-sabar he he he

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.
EmoticonEmoticon