Siomay Bandung Rumahan - Monic's Simply Kitchen

Friday, July 31, 2020

Siomay Bandung Rumahan


siomay bandung rumahan


Hai hai... jumpa lagi ya kita di akhir bulan ini. Apa kabar semua? Semoga tetap sehat ya dan selalu menjaga diri dengan adanya pandemi corona ini. Tetap jaga jarak, tetap cuci tangan dan tetap pakai masker.

Selamat merayakan Idul Adha ya buat pembaca sekalian yang merayakan. Hmmm masak apa nih hari ini? Wuihhh pasti banyak yang membuat sate ya..he he he...

Nah saya kali ini tidak posting sate-sate an atau olahan daging merah ya.. kali ini saya posting resep siomay saja, siomay bandung tapi ala rumahan begitu. Sudah cukup sering saya membuat siomay ini dan sudah menjadi resep yang saya dan adik saya gunakan ketika akan membuat siomay. Adik saya malah lebih sering lagi membuat siomay daripada saya.

Kalau mau sedikit repot memang lebih enak dan puas kalau membuat siomay sendiri. Rasanya tentu saja enak loh. Hasil terbayar dengan menikmati siomay yang kita buat sendiri ini. Puas..puas dah..

Oh iya saya sebenarnya sudah cukup lama berniat membuat video masak, tetapi terkendala waktu, ini saja kejar-kejaran dengan aktifitas sebagai emak rumahan, yang merasa emak rumahan pasti tahu ya rasanya. Pekerjaan tidak habis-habis rasanya, apalagi saya juga sedang menjajal usaha menerima pesanan kue dan sebagainya, beuhhhh..kebayang kan repotnya, apalagi namanya baru menjajal ya, jadi tentu saja semua saya kerjakan sendiri.

Nah beberapa kali adik saya yang di Palembang menyarankan saya membuat video masak, tapi saya selalu mencari alasan. Hmmm akhirnya sudah sekitar 3 minggu lalu dia memposting video masak dia yang pertama, dan setelah itu diikuti dengan beberapa videonya, sampai hari ini sudah ada 9 video. Hmmm dia katakan kalau target dia adalah memposting video paling tidak 2-3 video seminggu, wowww... walupun dia katakan repot juga ya...ha ha ha..

Pemula memang, dan semoga nanti ke depan videonya semakin banyak, semakin banyak yang nonton dan semakin banyak subscriber nya...amin...

Ke depan rencana kami adalah saya dan dia berkolaborasi, entah itu dia menggunakan resep saya di blog ataupun saya menggunakan resep dia di channel youtubenya atau juga resep yang sama yang kami punya selama ini yang sudah sering sekali kami gunakan. Ada juga resep peninggalan almh ibu kami yang ternyata saya sempat catat di memo hp saya.

Kemarin saya mencoba resep roti jabrik dari channel youtubenya... roti yang sedang viral. Roti ini menggunakan metode autolisis, metode yang top buat yang tidak mempunyai mixer roti ataupun buat yang malas menguleni tentu saja. Dan hasil rotinya empuk, lembut bahkan sampai keesokan harinya, dengan catatan roti disimpan di wadah tertutup.  Di sini saya bungkus roti satu-satu dengan plastik.

Seperti halnya resep siomay ini, nah resep ini adalah resep yang kami gunakan selama ini kalau kami membuat siomay. Terakhir saya pulang ke Palembang, saya sempat minta dibuatkan siomay, enak kalau tinggal makan pikir saya, tapi apalah daya dengan segala kesibukan kami akhirnya batal deh rencana itu. Ya akhirnya buat sendiri di rumah... buat sendiri maning..

Di bawah nanti saya cantumkan video siomay buatan adik saya ya...sekarang inilah kesibukan dia di rumah sendirian ketika sudah tidak ada lagi ibu kami. Rencananya dia akan memulai mencari pekerjaan lagi setelah ibu tidak ada, tapi terkendala pandemi corona, ditunda dulu. Dan mencari kesibukan sebagai youtuber, jiahhhh... kalau bisa jadi mata pencaharian kan enak ya... tinggal masak dan posting dan tentu saja mencuci segala perabotan masak ha ha ha..

Hasil masak dan membuat kuenya tentu saja tidak dia nikmati sendiri, bisa mekar donk ha ha ha.. ya walaupun sampai saat ini badannya tidak pernah mekar, secara dia lebih suka masak dan membuat kue tapi sedikit saja menikmatinya. Hasil masakannya dia bagikan ke tetangga, kenalan dan sahabat.

Nah berikut adalah resep siomay ini, di sini ikan giling saya ganti dengan udang, secara hanya ada udang di freezer. Yang lebih suka lihat cara membuatnya daripada membaca cara membuat siomay yang saya tulis, cuzzzz tonton videonya dan jangan lupa subscribe ya.. karena masih banyak lagi resep-resep yang akan tayang.
Apa saja resep yang sudah tayang... cuzzz juga lihat videonya ya...

Siomay Bandung ala Rumahan

Bahan Siomay :
  • 350 gr tepung tapioka
  • 200 gr ikan giling, atau ikan yang dihaluskan dengan chopper, di sini saya menggunakan udang
  • 200 gr daging ayam giling, atau dada ayam yang dihaluskan dengan chopper
  • 200 gr labu siam, kupas, kukus dan parut halus
  • 1 sachet santan instan
  • 1 batang daun bawang, iris
  • 1 butir telur
  • 8 butir bawang merah, haluskan
  • 6 siung bawang putih, haluskan
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/4 sendok teh pala bubuk
  • 1-2 sendok teh garam
  • 1-2 sendok makan gula pasir

Bahan pelengkap : bisa disesuaikan jumlahnya
  • 10 lembar kol, kukus dan gulung
  • 3 butir telur rebus
  • 3 buah kentang
  • 1 buah pare, potong 5-6 bagian
  • 10 lembar kulit pangsit (kali ini saya tidak pakai)
  • 6 buah tahu putih, belah diagonal atau biarkan utuh, belah tidak putus

Bahan saus kacang :
  • 250 gr kacang tanah goreng
  • 10 buah cabe merah
  • 6 siung bawang putih goreng
  • 3 sendok makan gula merah disisir halus
  • 2 sendok teh garam
  • 2 sendok makan air asam jawa
  • 500 ml air
  • 1 sendok makan tepung maizena untuk mengentalkan saus, optional (saya tidak pakai)

Cara membuat :

Di mangkuk, campur ikan atau udang giling dengan daging ayam giling. Tambahkan santan instan, aduk rata. Tambahkan labu siam, daun bawang, telur, bumbu yang sudah dihaluskan, garam, gula pasir, aduk rata. Kemudian tambahkan tepung tapioka secara bertahap, aduk rata.
Masukkan adonan ke dalam pare yang sudah dilubangi bagian tengahnya, tambahkan adonan ke tahu dan kulit pangsit. Kukus selama kurang lebih 15-20 menit di mana kukusan sudah dipanaskan sebelumnya. Alasi kukusan dengan daun pisang atau oles saringan dengan minyak goreng. Sisa adonan dikukus dengan dibentuk menggunakan dua buah sendok.

Untuk membuat saus kacang :
Blender kacang tanah goreng, cabe merah dan bawang putih goreng. Gunakan sedikit air di takaran. Kemudian masak hasil blender, tambahkan sisa air, aduk sampai tercampur rata. Tambahkan gula merah, garam, air asam jawa, aduk rata. Terakhir masukkan tepung maizena yang sudah dicampur dengan sedikit air, masak hingga saus meletup. Cicipi rasanya.

Nikmati siomay dengan saus kacang, beri saus sambal atau saus tomat dan juga kecap manis... yumeee...

resep siomay rumahan


Nah semoga resep siomay bandung rumahan ini bisa bermanfaat ya.. silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...
Dan jika berkenan... jangan lupa subscribe ya channelnya untuk mengikuti resep-resep sederhana dan ciamik... nonamanis_sr


Selamat mencoba..







2 comments:

  1. Wah enak sekali siomay Bandung nya mbak, lihatnya kok jadi laper padahal baru sarapan tadi.

    Eh tapi ada pare nya ya, saya ngga suka pare soalnya pahit mbak. Kalo yang lain macam telor atau kol sih senang.😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ini enak mas Agus... apalagi buat sendiri gini, banyak dan murah he he he..

      memang pahit sih kalau pare.. tapi enak kok mas kalau sudah dikucuri kuah siomay, ahaiiii

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.
EmoticonEmoticon