Resep Roti Viral Roti Jabrik - Monic's Simply Kitchen

Monday, August 17, 2020

Resep Roti Viral Roti Jabrik

 

roti viral roti jabrik


Merdeka... hari ini kita memperingati HUT RI yang ke-75..walaupun di suasana pandemi Covid-19 ini tapi tetap ya kita tidak melupakan hari kemerdekaan bangsa Indonesia yang tercinta ini. Sepi memang dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Memang pandemi ini memberikan banyak perubahan di kehidupan kita ya. Tapi tetap semangat teman...

Masuk suasana new normal ini memang kita tetap harus menggunakan masker jika keluar rumah, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, tetap menjaga jarak dan selalu hindari kerumunan. Nah ini nih..semakin ke sini semakin longgar rasanya.. orang sudah pada bosan mungkin ya.. Semakin tidak seketat ketika awal maraknya pandemi di Indonesia ini.

Tadi saya ke swalayan dekat rumah, swalayan ini di dalam Plaza. Dan plaza ini berada di komplek perniagaan yang ramai. Ternyata karena memang hari ini hari libur jadi suasananya ramai sekali. Dan saya hanya geleng-geleng kepala di mana banyak orang tersebut pada berkerumun dan tidak menggunakan masker. Anak-anak kecil pun sudah mulai diajak oleh orang tuanya dan kebanyakan tidak menggunakan masker juga.  Anak-anak usia tanggung mungkin SD kelas akhir atau SMP awal, berkerumun di parkiran, mengobrol dan merokok. Duh..duh.. 

Kalau melihat suasana begini rasanya covid 19 itu jauh deh... tapi ketika mulai membaca berita berapa kasus tambahan di Batam, mulai lagi ngeri-ngeri sedap. Aihhhhh...  Sebagai orang yang masih peduli sebaiknya tetap ikuti aturan ya.. jangan kasih kendor mang... jiahhhhh

Walaupun semakin ke sini rasanya suasana memang sudah normal kembali, kegiatan sudah berlangsung seperti biasa dengan penerapan aturan new normal. Kecuali sekolah yang masih melakukan pembelajaran daring.

Wokeh... kembali ke pembahasan resep saja ya.. kalau membahas masalah pandemi ini tidak ada habisnya kan..

Nah resep roti jabrik termasuk resep yang viral juga, hanya saja lebih viral di youtube daripada di Instagram, menurut saya. Dan.. biasa ya.. kalau mencoba resep viral begini itu sesuatu deh.. Walaupun sebenarnya kalau mau diikuti masih banyak lagi resep-resep viral yang lain. Misalnya korean garlic cheese bread, saya sudah ada bahannya semua, tapi moodnya belum ada he he he.. lalu yang namanya cake jelita.. tinggal eksekusi tapi beuhhhhh malasnya luar biasa, padahal sebenarnya kalau saya pikir membuat cake jelita ini mudah sekali. Kemudian masakan pangsit goreng ala Lek Gino yang fenomenal itu..saya belum ada kepikiran mau coba.

Memang semua itu kembali kepada mood si tukang masak, walaupun sederhana tapi kalau belum ada mood tidak akan tereksekusi resep tersebut. 

Kalau yang ini karena saya terkompori oleh adik saya yang sudah duluan membuat roti jabrik, jadi saya ikutan deh, berbekal video dan resep yang dibuatnya saya akhirnya latah membuat roti jabrik juga. Dan sebenarnya sih menurut saya, intinya roti jabrik itu ya di topping kejunya yang semena-mena itu, yang kalau dilihat ya seperti rambut jabrik.

Resep roti bisa gunakan resep roti yang mana saja, bahkan resep donat pun ya sama saja. Nah kalau yang ini resep autolisis di mana adonan roti didiamkan selama 6-8 jam sebelum diolah. Jadi dengan sebentar menguleni begini pun kita bisa mendapatkan adonan yang kalis elastis dengan mudah. Tidak perlu capek mengulen manual yang bisa membuat tangan pegal-pegal he he he ataupun tidak perlu mixer khusus roti. Pokoknya gampang dan hasilnya tidak mengecewakan, bahkan roti ini tetap empuk sampai keesokan harinya dengan catatan di simpan di wadah tertutup.

Okeh... sebelum saya lanjutkan dengan resepnya, nah seperti yang sudah saya pernah tulis di resep siomay bandung... kalau saya akan menampilkan video yang sudah dibuat oleh adik saya, supaya jadi bahan referensi visual, sehingga lebih mudah jika mengikuti resep cara membuatnya.

Sippp lanjut ke resep ya... silakan...

roti jabrik


Roti Jabrik

Bahan :

Bahan Tahap 1 :

  • 250 gr tepung terigu protein sedang
  • 30 gr gula pasir
  • 1 butir telur
  • 120 ml air suhu ruang

Bahan Tahap 2 :
  • 30 gr margarin atau butter
  • 1 1/2 sendok teh ragi instan
  • 1/4 sendok teh garam

Bahan Topping :
  • Margarin atau butter cream (gunakan butter atau margarin yang dicampur dengan sedikit susu kental manis, kocok dengan balloon whisk sampai tercampur rata)
  • Keju cheddar parut

Bahan isian :
  • selai coklat

Cara membuat :



Di mangkuk campur semua bahan tahap satu, aduk saja dengan sendok, tutup mangkuk dan diamkan selama kurang lebih 6-8 jam. Setelah 6-8 jam, campurkan bahan tahap 2, mulai dari ragi instan, di sini ragi instan dicampur dengan sedikit air hangat (jangan air panas ya). Kemudian margarin/butter lalu garam, uleni selama kurang lebih 5 menit. Diamkan selama kurang lebih 30 menit. Kempiskan adonan, bagi menjadi 10 atau 12 bagian. Catatan : adonan lengket jadi lumuri tangan dengan tepung dan taburi alas kerja dengan sedikit tepung. Bulatkan, isi dengan bahan isian, pastikan agar bahan isian tertutup rapat sehingga nanti ketika digoreng tidak akan keluar. Lakukan sampai selesai dan diamkan kembali selama kurang lebih 30 menit. Goreng dengan menggunakan minyak yang sudah dipanaskan sebelumnya. Gunakan api sedang saja. Goreng hingga kecoklatan, balik dan goreng kembali hingga kecoklatan, angkat dan tiriskan lalu dinginkan.

Setelah dingin, olesi bagian permukaan dengan margarin atau butter cream, taburi dengan keju parut, siap dihidangkan.


roti kekinian roti jabrik


Nah, semoga resep roti viral kekinian  yaitu roti jabrik ini bisa bermanfaat ya.. silakan mencoba dan semoga bermanfaat ya... 

Jika bermanfaat dan mau mengikuti apa saja sih resep-resep yang sudah tayang di channel milik adik  saya.. nonamanis_sr    silakan di subscribe ya... terima kasih..


Selamat mencoba...



10 comments:

  1. Lezaat ... 😋!

    Kalau diperhatikan tampilannya sebenarnya mirip dengan donut isian rasa yang ditaburi keju, ya.
    Tadi awal kulihat kok jadi keingetan pernah makan roti ini tapi namanya bukanlah jabrik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas... benar... 100 buat mas Himawan..
      memang ini donat isian yang ditaburi keju.. nah karena kejunya mungkin kayak rambut jabrik makanya jadi roti jabrik
      orang ada saja idenya membuat sesuatu jadi viral walaupun ya mungkin itu-itu juga he he he

      Delete
  2. Biar empuk memang adonan tepung harus didiamkan 6-8 jam, cukup lama ya. Enaknya bikin adonan malam hari jam 9, paginya jam 5 baru dibuat donat.

    Sekarang memang sudah agak bebas, pasar disini juga mulai ramai lagi dan sebagian orang malah ngga pakai masker apalagi cuci tangan pakai sabun.😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini metode tanpa ulen mas Agus, jadi adonan roti itu kan harusnya diulen sampai kalis elastis sampai didapatkan adonan yang ketika direntangkan tidak putus, istilah perotian sampai window pane sehingga didapatkan roti yang empuk dan bisa tahan beberapa hari tidak menjadi keras selama disimpan di wadah tertutup.
      Supaya kalis elastis ini adonan diuleni dengan mixer roti, waktu lebih singkat atau dengan manual saja, lama dan tangan bisa pegal-pegal mas, adonan roti berat he he he
      kalau pakai metode autolisis, adonan tidak perlu diulen, tidak capek tapi hasilnya seperti roti yang diulen sampai kalis elastis.

      Nah iya mas, benar, sudah pada longgar ya... jadi ngeri-ngeri sedap juga kan

      Delete
  3. Selama musim pandemi jangan kendor jaga kesehatan
    PAtuhi saran pemeritah, dan yang pasti jangan panik.
    Wah saya kok baru tahu nama roti ini, roti jabrik
    Saya lihat isi kok tampak lumer sekali
    Mau ke YT nya biar lebih lengkap

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas.. benar jangan kendor nih... susah juga sih kalau berhadapan dengan masyarakat yang sudah tidak peduli lagi..

      iya mas... isinya lumer, enak mas

      Delete
  4. Replies
    1. yuhuuuuu..iya mas... sudah kebayang kan..he he he...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.
EmoticonEmoticon