Konversi Ukuran Cup ke Gram dan ml

konversi ukuran mudah cup ke gram dan ml
Measuring cup & spoon
Sebagian besar resep pada blog saya menggunakan measuring cup dan spoon untuk menakar bahan...
Hal ini karena menurut saya menggunakan alat ini lebih mudah dan simple dan tentu saja untuk mendapatkan alat ini mudah dan murah..ha ha ha...
Measuring cup sendiri saya beli hanya dengan harga Rp. 23.000 di toko peralatan dapur, sedangkan measuring spoon sudah saya beli terlebih dahulu di carrefour dengan harga Rp. 11.900...murah sekali kan..

Penggunaan measuring cup dan spoon ini sangat mudah jika kita mau mempraktekkan resep-resep dari luar karena mereka menggunakan alat ini jadi kita tidak perlu lagi mengkonversi ukuran...

Nah saran saya sih baiknya punya tiimbangan juga selain ini...cuma sampai saat ini saya belum lagi memiliki timbangan..he he he...

Ok...terlalu panjang pembukaannya...
Berikut konversinya ya...

Measuring cup sendiri standar terdiri dari 4 buah yaitu :
  • 1 cup
  • 1/2 cup
  • 1/3 cup
  • 1/4 cup
Measuring spoon standar terdiri dari 5 buah yaitu :
  • 1 sendok makan (tablespoon : tbs)
  • 1/2 sendok makan
  • 1 sendok teh (teaspoon : tsp)
  • 1/2 sendok teh
  • 1/4 sendok teh
Untuk bahan-bahan umum yang kita gunakan :

Tepung Terigu, Gula Bubuk dan Coklat Bubuk
  • 1 cup    : 110 gr
  • 3/4 cup : 85 gr
  • 2/3 cup : 75 gr
  • 1/2 cup : 60 gr
  • 1/3 cup : 40 gr
  • 1/4 cup : 30 gr
  • 1/8 cup : 15 gr
Butter / margarin dan Gula Pasir
  • 1 cup    : 225 gr
  • 3/4 cup : 170 gr
  • 2/3 cup : 150 gr
  • 1/2 cup : 115 gr
  • 1/3 cup : 75 gr
  • 1/4 cup : 55 gr
  • 1/8 cup : 30 gr

Nah kalau beras?  konversinya 1 cup beras berapa gram?

1 cup    : 200 gr
1/2 cup : 100 gr


Sedangkan untuk konversi volume adalah sebagai berikut :

1/4 teaspoon 1.23 ml
1/2 teaspoon 2.5 ml
3/4 teaspoon 3.7 ml
1 teaspoon 4.9 ml
1 1/2 teaspoons (1/2 tablespoon) 7.5 ml
2 teaspoons 10 ml
3 teaspoons (1 Tablespoon) 15 ml
1/8 cup (2 tablespoons/1 ounce) 30 ml`
1/4 cup (4 tablespoons/2 ounces) 60 ml
1/2 cup (8 tablespoons/4 ounces) 120 ml
3/4 cup (12 tablespoons/6 ounces) 180 ml
1 cup (16 tablespoons/8 ounces) 240 ml
2 cups (32 tablespoons/1 pint/16 ounces) 480 ml
2 1/4 cups (18 ounces) 540 ml
2 1/2 cups (20 ounces) 600 ml
2 3/4 cups (22 ounces) 660 ml
3 cups (1 1/2 pints/24 ounces) 720 ml
4 cups (1 quart/32 ounces) 960 ml
4 quarts (1 gallon/128 ounces) 3.8 l

Mudah-mudahan cukup jelas ya dengan konversi ukuran cup ke gram dan ke ml....

Oh iya ada tambahan contoh kasus...jika ada resep misalnya tepung terigu 375 gr..mau dijadikan cup..maka yang saya lakukan yaitu : 3 cup + 1/4 cup + 2 tbs = 330 gr + 30 gr + 15 gr  = 375 gr

Semoga membantu ya...

NewerStories OlderStories Home

22 comments:

  1. kenapa 1 cup tepung = 110 gr sementara 1 cup margarin = 225 gr, kok jauh banget bedanya? apa cup tepung berbeda besarnya dgn cup margarin?
    lalu kenapa di tabel konversi 1 cup = 240 ml (=240gr)? Jadi yang mana bisa dijadikan patokan pasti?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo....
      cup yang digunakan untuk mengukur bahan-bahan ini sama ya, biasanya standar nah makanya bisa ada konversi begini, walaupun kadang ada sedikit perbedaan...
      Jadi logikanya begini, jika 1 cup diisi tepung, dan tepung tersebut ditimbang maka beratnya kurang lebih 110gr, sedangkan jika cup tersebut diisi dengan margarin dan margarin tersebut ditimbang beratnya adalah 225 gr, kenapa berbeda? karena tepung lebih ringan daripada margarin, wajar kalau 1 cup margarin menghasilkan 225gr.
      Nah supaya tidak bingung, jika cup yang sama diisi dengan kapas sampai penuh, kemudian cup yang sama diisi dengan beras sampai penuh, tentu saja 1 cup beras lebih berat dari 1 cup kapas kan?
      Nah untuk cairan, 1 cup diisi dengan air misalnya, ketika diukur dengan satuan ml, maka akan menghasilkan 240ml.
      Jadi tidak usah bingung lagi ya...konversi ini sudah dilakukan dan dikonversi sesuai dengan bahan-bahan yang tercantum, jadi kalaupun ada perbedaan antara cup yang satu dengan cup yang lain paling hanya berbeda beberapa gram saja...

      Delete
  2. sangat. bermanfaat, brarti selama ini salah takaran saya.. hahahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Nadiya, wakakak kok bisa salah takaran mba? pakai ilmu kirologi ya...he he he...

      Delete
  3. terima kasih, amat bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mba Clara,
      terima kasih juga sudah berkunjung dan meninggalkan jejak ya..

      Delete
  4. kalau misal 1 cup = berapa sendok makan biasa bund?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mas Agus..
      kalau untuk ukuran sendok makan biasa sih bisa beda-beda karena memang sendok makan itu beda ukuran
      kalau untuk ukuran sendok makan standar alat ukur, 1 cup = 16 sendok makan, nah kalau sendok makan biasa kurang lebih 16 sendok makan kalau ukuran sendoknya cukup besar atau mungkin sekitar 18-20 sendok makan kalau ukurannya cukup kecil

      semoga membantu ya...

      Delete
  5. ijin share ya mbk

    ReplyDelete
  6. Thanks. ..infonya.sangat2 bermanfaat. God bless

    ReplyDelete
  7. Trm kasih infonya, sangat bermanfaat buat sy yang jarang di daput,,,krn slm ini setiap kali masuk dapur dan ingin bikin kue bingung dgn ukuran krn sy gak terlalu tau menggunakan ukuran cup dan akhirnya sering salah takaran..wkwkwkwk..Gb

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he... sama-sama mba Jeane, iya neh mba kalau salah takaran suka berabe ya.. apalagi kalau sudah buat kue ya

      semangat mba Jeane, sukses selalu ya...

      Delete
  8. Kalau ada resep jus buah, 1 cup itu kira2 berapa buah ya? misalnya 1 cup mangga, itu bisa 1 mangga atau gimana? makasih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mas Jonathan, 1 cup itu bisa berapa buah tergantung mas, nah misalnya 1 cup mangga, jika mangga ukuran kecil bisa jadi 1 cup kalau besar lebih dari 1 cup

      jadi untuk mengukur buah, potong buah ukuran kotak, masukkan ke dalam cup, nah itu ukurannya
      cup di sini biasanya standar tapi kalau misalnya tidak ada cup standar bisa pakai wadah apapun yang volumenya kira-kira 240 ml
      tapi ini untuk ukuran membuat jus buah saja ya, tidak perlu patokan standar, gunakan mangkuk juga tidak masalah
      misalnya 1 cup mangga jadi 1 mangkuk mangga, nah 1 cup susu jadi 1 mangkuk susu, dengan catatan mangkuknya sama ya..

      tapi untuk proses baking untuk mendapatkan hasil yang oke gunakan cup standar

      Delete
  9. Passsss nyari passssss bgt nemu ini... kmrn liat resep baru yg takerannya cup semua dan ga punya cup 😂😂. Mksh bnyak ya mbaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Candra, sama-sama mba...
      terima kasih sudah mampir, sukses dengan resep konversinya ya..

      Delete
  10. Terimakasih sharing info nya ya mba :)
    -etha-

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mba Etha... terima kasih juga sudah mampir ya..

      Delete
  11. Hai mbak..
    Makasih loh yah ilmunya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mas Gabriel, sama-sama mas, terima kasih sudah berkunjung ke sini ya...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.