Kiwi Strawberry Oatmeal Muffin - Monic's Simply Kitchen

Thursday, January 2, 2014

Kiwi Strawberry Oatmeal Muffin

Muffin Kiwi Strawberry

Resep muffin ini sudah banyak saya gunakan untuk resep-resep oatmeal muffin dan muffin -muffin lainnya.Resep ini berdasarkan trial an error juga...ya pastinya baca-baca juga di blog-blog yang lain...

Nah untuk informasi muffin ini tidak tahan lama karena penggunaan kiwi dan strawberry segar, 2 hari di suhu ruang dijamin tidak enak lagi...di kulkas paling hanya tahan 4 hari.

Oh iya, supaya gampang mengingat saya suka membedakan antara bahan kering, bahan basah dan bahan tambahan. Bahan kering yaitu tepung terigu atau oatmeal atau tepung ketan dan tepung tepung lainnya (belum pernah coba tepung-tepung lainnya), baru coba tepung terigu, oatmeal dan tepung ketan hitam. Bahan basah yaitu telur, gula pasir, minyak goreng (atau margarin/mentega cair), susu cair.
Bahan tambahan, bisa apa saja sesuai selera dan ketersediaan bahan, bisa pisang, chocochips, keju, buah segar, buah kering, dll

Nah dengan patokan di atas jadi gampang deh buatnya....itu menurut saya lho...

Lanjut ke resep ya...berikut resepnya :

Kiwi Strawberry Oatmeal Muffin

Bahan :
  • 2 cup oatmeal instant 
  • 1 sdm baking powder
  • 1/2 sdt garam
  • 2 butir telur
  • 1/2 cup gula pasir
  • 1/2 cup minyak canola (atau minyak goreng biasa)
  • 1 cup susu cair
  • 1 buah kiwi, potong sesuai selera
  • 10 buah strawberry, potong sesuai selera 
 Cara membuat :
  1. Panaskan oven, set di suhu 170' C (kalau saya set di medium heat karena oven saya tidak memiliki indikator temperatur)
  2. Campur bahan kering di mangkuk ukuran sedang, aduk rata
  3. Di mangkuk terpisah masukkan telur dan gula, aduk sehingga gula agak larut, bisa juga supaya gampang blender halus gula pasir
  4. Tambahkan minyak dan susu cair, aduk
  5. Masukkan bahan basah ke dalam bahan kering, aduk cepat asal rata, jangan mengaduk berlebihan karena muffin akan bantat
  6. Masukkan bahan tambahan yaitu kiwi dan strawberry, aduk cepat asal rata
  7. Tuangkan ke dalam paper cup  yang sudah dimasukkan ke dalam cetakan muffin sebanyak 3/4 penuh, atau bisa juga menggunakan cetakan bolu kukus seperti yang saya gunakan.
  8. Jika menggunakan cetakan bolu kukus supaya gampang letakkan cetakan bolu kukus yang sudah diberi paper cup dalam loyang kue kering, jadi bisa dimasukkan sekaligus ke dalam oven beserta loyangnya.
  9. Panggang selama kurang lebih 35 menit
  10. Test kematangan dengan tusuk sate

Nah semoga resep muffin oatmeal kiwi dan stroberi ini bermanfaat ya..silakan mencoba..semoga sesuai dengan selera ya...



Comments

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.
EmoticonEmoticon