Cara Membuat Coklat Cornflakes Ekonomis

resep membuat coklat cornflakes
coklat cornflakes

Kali ini saya posting cara membuat coklat cornflakes ekonomis dan praktis yang sangat mudah. Nah ini salah satu olahan coklat yang sering sekali saya buat. Baik itu untuk konsumsi sendiri (jarang), untuk bingkisan kepada teman dan kenalan atau bahkan untuk saya jual dalam kemasan toples.

Membuat coklat cornflakes ini memang tidak membutuhkan bahan yang banyak, alat yang rumit serta tidak membutuhkan waktu yang lama dan prosesnya amat teramat sangat mudah sekali....he he he...
Nah kalau sudah mau masuk lebaran begini kan pastinya coklat cornflakes ini menjadi salah satu makanan yang dijual bersamaan dengan kue kering. Sudah banyak sekali yang menjualnya kan.....

Tertarik untuk membuat sendiri atau bahkan berniat untuk menjualnya? nah bagi yang belum pernah membuatnya semoga dengan posting saya kali ini bisa memberi gambaran ya...jadi yang belum pernah sekali pun masuk dapur...he he he...yakin deh..pasti bisa membuat coklat cornflakes ini....

Untuk membuat coklat cornflakes ini semua bahan biasanya tersedia di toko bahan kue. Jadi tinggal datang saja ke toko bahan kue terdekat ya...

Coklat cornflakes yang saya buat ini standar ya...toppingnya diberi sprinkle gula-gula warna-warni. Kalau mau bisa juga toppingnya menggunakan coklat warna atau coklat putih saja. Semua tergantung selera. Nah jika mau lebih enak untuk konsumsi sendiri maka bisa kita campur dengan cincangan kismis atau buah kering. Atau juga dicampur dengan kacang sangrai yang dicincang. Semua tergantung selera kita untuk memodifikasinya. 

Karena ini coklat cornflakes yang ekonomis maka tentu saja saya gunakan coklat jenis compound dark coklat. Di toko bahan kue biasa tersedia merk tulip, colatta dan mercolade. Pilih saja yang disuka, mengenai harga tidak beda jauh kok.

Membuat coklat cornflakes ini berdasarkan pengalaman saya tidak membutuhkan proses pengerasan coklat di dalam kulkas. Dengan suhu ruang saja cukup, coklat cukup mudah dan cepat untuk mengeras. Kadang-kadang malah ketika saya membuat cukup banyak, maka coklat yang sudah bercampur cornflakes harus saya tim ulang karena sudah mulai mengeras.

Oh iya untuk pemberian topping gula-gula warna-warni ini harus saat coklat masih belum mengeras ya..supaya lengket toppingnya. Beda jika kita menggunakan topping coklat juga. Bisa dilakukan malah sebaiknya dilakukan saat coklat cornflakes ini sudah mengeras.

Untuk perbandingan coklat dan cornflakes itu sesuai selera saja ya..pastikan semua bagian cornflakes terlapisi dengan coklat, sehingga nantinya cornflakes tidak terlepas-lepas setelah mengeras. Yang biasa saya lakukan adalah memasukkan secukupnya dulu cornflakes ke dalam coklat leleh, kemudian mengaduknya hingga semua cornflakes terlapisi, kalau masih terlihat coklatnya cukup banyak maka saya tambahkan lagi cornflakesnya sedikit, aduk lagi sampai dirasa cukup.

Kalau kita terlalu banyak memasukkan cornflakes maka jangan kuatir, cukup tambahkan coklat cincang kemudian tim kembali. Mudah kan...
Nah untuk memberi hasil cornflakes yang renyah kriuk-kriuk, kuncinya adalah pastikan cornflakesnya masih renyah. Setelah coklat cornflakes mengeras segera masukkan ke dalam wadah tertutup. Aman deh...

Tertarik juga untuk membuat coklat praline sendiri di rumah? silakan lihat di cara membuat coklat praline selai blueberry ya atau tertarik juga untuk membuat chocoball berbahan dasar biskuit? silakan lihat di chocoball (biscuit truffle) ya... semua bisa jadi alternatif untuk suguhan hari raya yang sangat mudah untuk dibuat.

Ok deh..sekarang lanjut ke cara membuat coklat cornflakes ini ya...

Jika tertarik untuk menjual coklat cornflakes ini dalam kemasan toples, bisa dilihat di coklat cornflakes dan perhitungan harga jual, dilengkapi juga dengan gambar steps pembuatan coklat cornflakes.

Cara Membuat Coklat Cornflakes Ekonomis

Bahan :
  • dark cooking coklat compound secukupnya (saya gunakan merk mercolade)
  • cornflakes secukupnya
  • sprinkle coklat warna-warni secukupnya
  • paper cup warna hitam

Alat :
  • panci kecil
  • mangkuk stainless atau kaca
  • sendok
  • pisau
  • sendok kecil

Cara membuat :
  1. Isi panci kecil dengan air secukupnya
  2. Potong-potong coklat ukuran kecil, masukkan ke dalam mangkuk lalu tim dengan api kecil hingga meleleh (mangkuk stainless letakkan di atas panci)
  3. Angkat, lalu masukkan cornflakes, aduk sampai benar-benar rata
  4. Siapkan paper cup, sendokkan campuran coklat dan cornflakes secukupnya ke dalam paper cup
  5. Lakukan hingga beberapa buah sebelum terlihat coklat mengeras
  6. Taburi dengan sprinkle gula warna-warni
  7. Diamkan hingga mengeras
  8. Simpan di wadah tertutup

Catatan : jika ketika menyendokkan coklat ke dalam paper cup coklatnya mengeras, jangan teruskan ya.. cukup tim kembali saja..supaya hasilnya bagus. 

Nah mudah sekali kan cara membuat coklat cornflakes ekonomis ini...semoga tertarik untuk membuatnya sendiri ya..selamat mencoba..semoga suka...





NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. Salam Mba Monic,
    Mau tanya Mba, di resep coklat cornflakes ini memang gak pakai butter yah? Apa krn ini versi ekonomis jd butter sengaja di skip? Soalnya saya lihat2 di internet memang ada 2 versi, ada yg pakai butter, ada yg tidak, seperti resep Mba Monic ini. Mba pernah mencoba yg versi pakai butter ngga? Bedanya apa ya di hasilnya? (rasa, tekstur, aroma,dsb2)
    Thanks sebelumnya ya Mba :)
    Leena

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Leena,
      Memang ga pakai butter mba, soalnya saya suka cornflakes itu yang bener2 renyah kriuk, kalau pake butter belum pernah nyoba sih mba...
      nah kayaknya kalau pake butter sih lebih harum dan gurih pastinya, hanya mungkin tidak serenyah yang tanpa butter...
      saya sih kalau olahan coklat memang murni coklat ga dicampur bahan lain, soalnya pernah dulu buat campur susu kental manis eh malah ga bisa keras coklatnya, jadinya sekarang ga pernah campur2 lagi, kecuali coklat fudge yang teksturnya memang empuk..

      Delete
  2. Mba kalo cornflakes nya udh ga renyah lagi gimana? Kebetulan sekali nih beli udh ga renyah,malah keras.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Athina,
      kalau ga renyah lagi pengaruh ke rasa juga nantinya...
      kalau keras tapi ketika dicicip masih suka dengan teksturnya tidak masalah, pakai saja, tapi kalau tidak suka dengan tekstur kerasnya lebih baik jangan, karena tekstur awal conflakes jadi penentu akhir

      terima kasih sudah mampir, semoga membantu ya jawaban saya...

      Delete
  3. Sore mbak Monic...
    Mau tanya dong..
    Cornflakes dngan coklat'a d cmpur lgsg atw dipisah ya mbak..

    Klo seandainya kita msukin k dlm lmari es utk ngerasin'a bkal meleleh gk ya mbak klo kita taro d toples..

    Mkasih bnyak mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Ely,
      Begitu coklat sudah meleleh, langsung dicampur dengan cornflakes mba supaya rata coklatnya membalut cornflakes.
      Sebenarnya kalau tidak buru2, coklat cornflakes ini tidak perlu dimasukkan ke dalam kulkas, lama2 akan mengeras sendiri di suhu ruang, pengalaman saya sih kurang lebih 30 menit sampai 1 jam sudah keras tanpa masuk kulkas.
      Jadi coklatnya tidak akan meleleh kalau masuk toples mba, coklat akan meleleh kalau dipanaskan saja mba, atau terkena benda panas... nah semoga cukup jelas ya mba...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.