Cara Membuat Gluten Daging Vegetarian

gluten daging tiruan
daging vegetarian
Beberapa hari yang lalu ada ide membuat gluten atau daging vegetarian atau daging palsu. Nah hari ini baru dieksekusi deh glutennya, secara baru kemarin beli tepung terigu protein tinggi lagi. Hmmm kenapa ya tiba-tiba saya ingin membuat gluten?

Hal ini ketika saya membuat pizza manis topping buah, Sophie minta juga tepung terigunya di taruh di dalam mangkuk. Dia ingin juga membuat kue katanya. Nah minta sendok juga, lalu dia tuang susu cair ke mangkuknya. Dia aduk-aduk hingga kental. Keesokan harinya ketika saya mau membersihkan mangkuk bekas dia main tepung, saya lihat tepungnya kenyal seperti karet, lalu berpikir ya inilah gluten itu ya.

Bagi vegetarian, tentu gluten ini tidak asing lagi kan, gluten ini seperti daging yang bisa dimasak apa saja seperti halnya daging. Nah saya tahu gluten sudah cukup lama ketika alm, bapak sempat sakit dan dirawat di rumah sakit advent yang notabene tidak menyediakan daging dan sebagai penggantinya adalah gluten. Waktu itu bapak cerita..kalau bapak menyantap menu gluten yang mirip sekali dengan daging. Saya tanya, rasanya bagaimana pak? ya enak..seperti daging begitu jawab bapak...tetapi saya tidak begitu penasaran waktu itu.

Sampai hari ini, baru ini saya menyantap yang namanya gluten itu. Rasanya kenyal-kenyal ya mirip bakso kali ya. Hanya karena gluten yang saya buat ini kurang begitu berasa bumbunya maka masih ada rasa tepung sedikit (jika dimakan begitu saja setelah direbus). Tetapi rasanya beda jika gluten ini sudah diolah. Nah saya olah gluten ini menjadi gluten bakso bakar yang dibumbui dengan kecap manis, saus tomat, bawang putih bubuk, merica bubuk dan sedikit garam. Rasanya? he he he...yang penasaran boleh coba ya...

Resep gluten (daging vegetarian) kali ini saya gunakan resep dari bang Dedy dentistvschef  resep cara membuat gluten daging vegetarian. Caranya cukup mudah, hanya saja agak sedikit lama dan sedikit membosankan ketika kita melakukan proses yang namanya membilas adonan dengan air. Adonan dibilas sampai airnya jernih. Hadeuh lama sekali, berkerut-berkerut deh jari  tangan..he he he.

Proses membilas ini tadi untuk 1/2 kg tepung saya habiskan waktu sampai 30 menit. Cukup lama kan..Tetapi karena penasaran dengan hasilnya saya tetap lanjutkan sampai selesai. Akhirnya jadi juga dan bening juga airnya...

Ok deh, sekarang resepnya ya...

Cara Membuat Gluten Daging Vegetarian

Bahan :
  • 2 1/4 cup / 500 gr tepung terigu protein tinggi /cakra kembar
  • 150 ml air ( sedikit heran, karena resep bang dedy 150 ml untuk 1 kg tepung)
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok makan minyak canola (bang dedy gunakan minyak biji anggur)

Cara membuat :
  1. Campur tepung, garam dan air lalu uleni hingga kalis (perhatikan penggunaan air, intinya hanya agar adonan bisa diulen dan bisa kalis, tadi dengan 100ml air saja, tepung saya masih buyar, jadi akhirnya saya gunakan 150 ml air, sesuaikan sendiri ya penggunaan air)
  2. Tambahkan minyak, uleni kembali hingga tercampur rata lalu diamkan 30 menit agar glutennya setting (saya tutup mangkok dengan piring saja)
  3. Cuci adonan untuk melarutkan starch/patinya sambil sedikit dipijat dibawah aliran air yang kecil sampai air pembilasnya bening dan didapatkan adonan gluten yang kuning seperti karet
  4. Angkat gluten dan letakkan di dalam mangkuk kering, diamkan selama 30 menit
  5. Campur dengan bumbu vegetarian sesuai selera (tadi saya hanya beri merica bubuk, bawang putih bubuk dan sedikit garam)
  6. Bentuk bulat kecil jika mau membuat bakso, atau bulatan besar untuk daging vegetarian
  7. Membentuk baksonya dengan cara ambil sedikit adonan, tekan-tekan dengan ibu jari sehingga bisa membulat
    gluten dagig palsu
    daging vegetarian
  8. Didihkan air (jika suka beri bumbu juga), lalu kecilkan api dan masukkan bakso gluten, masak hingga kurang lebih 1 - 3 jam dengan air yang tidak mendidih (saya masak hanya 30 menit saja)
  9. Angkat dan siap diolah 

Nah bagaimana cara membuat gluten daging vegetarian ini? ada gambaran kan caranya...yang tertarik silakan mencoba ya...semoga sesuai selera..



NewerStories OlderStories Home

12 comments:

  1. Jadi inget jajanan bakso pentol pas jaman SD dlu mba..
    Ga brasa dagingnya, tp enaak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Oki..kalo dulu waktu SD jajanan apa aja enak ya..he he he..
      dulu karena SD di Palembang, itu pempek ga kerasa ikan aja ya kok tetap enak ya...

      Delete
  2. Aku pernah menjadi seorang Vegetarian total selama 3 bulan penuh, jadi gak makan apapun yang bersumber protein hewani. Dan saat itu gak kepikiran tentang mencari resep-resep vegetarian, jadi kadang sampe bosen makan itu-itu aja :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Suzan, wah mantap tuh jadi vegetarian, tapi memang kalau menu vegetarian harus bervariasi biar ga cepat bosan...saya belum bisa jadi vegetarian, walaupun pernah terbersit sepertinya enak juga jadi vegetarian ya....

      Delete
  3. Replies
    1. hai mba Darfina,
      saya malah bingung mba harang itu apa...maaf ya saya tidak tahu, dan apa hubungannya dengan gluten daging vegetarian saya juga tidak tahu... he he he maaf ya mba...

      Delete
  4. semoga berhasil bunda
    ini sya mncoba menu vegan buat suami
    sya ska ngikutin blog nya bunda monic.....
    suxses sll yah bunda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga sukses bunda Aisyah..terima kasih ya bunda..
      sukses selalu juga buat bunda Aisyah..

      Delete
  5. Mbak minyak canola bisa diganti sama minyak goreng biasa ga? ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Exon, bisa kok minyak canola diganti minyak goreng biasa... mau diganti minyak jenis lainnya juga boleh, misalnya minyak jagung atau minyak kedelai atau minyak zaitun

      Delete
  6. itu bisa disimpen berapa lama (sebelum diolah)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mas Budi, saya belum pernah lagi buat gluten ini mas, yang sebelumnya begitu buat langsung saya olah jadi tidak sempat saya simpan, jadi maaf ya kalau saya tidak bisa menjawab

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.