Resep Pad Thai

pad thai khas thailand
pad thai recipe
Makanan dari Thailand yang cukup terkenal, apalagi kalau bukan pad thai. Sering lihat di acara kuliner tentang makanan satu ini. Nah ketika makan di salah satu restoran di Batam ada nih salah satu menunya adalah pad thai. Karena penasaran langsung order, dan ternyata rasanya tidak seperti mie goreng biasa, ada rasa asam-asam manis gurih begitu.

Pelengkapnya adalah tauge mentah, kacang tanah cincang dan cabe flakes serta potongan jeruk nipis. Nah jika ditambah perasan jeruk nipis maka rasa pad thai ini makin mantap deh. Apalagi dengan cincangan kacang tanahnya, makin memperkaya rasa.

Selain pad thai saya juga pesan yang namanya mango sticky rice yang memang terkenal juga, yang akhirnya saya coba buat sendiri, ini dia resep mango sticky rice yang pernah saya buat, jika ada yang tertarik untuk membuat mango sticky rice ini.
Untuk membuat pad thai ini biasanya mie yang digunakan seperti kwetiau hanya ukurannya tidak selebar kwetiau. Nah ini contoh mie yang saya gunakan untuk membuat pad thai kali ini. 
mie beras
mie beras pad thai
Yang khas dari pad thai ini adalah sausnya ya, yang pastinya ada menggunakan kecap ikan. Di beberapa resep ada yang menggunakan saus khas pad thai siap pakai, nah tentu saya tidak bisa gunakan resep seperti ini secara belum pernah lihat saus ini sebelumnya. Dan akhirnya ketemu dengan resep yang saya pikir cukup mudah, yang akhirnya saya jadikan acuan resep pad thai kali ini.
Resep yang saya gunakan adalah authentic pad thai recipe milik Alice- Savory Sweet Life dengan sedikit modifikasi sesuai bahan saya yang ada dan sedikit cara berbeda. Dan ternyata membuatnya cukup mudah...nah yang tertarik dengan resepnya ini dia ya....

Pad Thai

Bahan :
  • 1 kemasan mie beras /kwetiau - 200 gr, masak sesuai petunjuk kemasan, sisihkan
  • 1 buah wortel ukuran sedang, potong korek api, sisakan sedikit untuk hiasan
  • 3 batang sawi minyak, potong-potong
  • 2 genggam tauge, sisakan sedikit untuk hiasan
  • 200 gr dada ayam tanpa kulit dan tulang, potong-potong sesuai selera
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • 1 batang daun bawang, potong 1cm
  • 1 buah bawang bombay ukuran sedang, iris tipis
  • 4 siung bawang putih, haluskan
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis

Bahan saus :
(gunakan setengah resep di bawah jika ingin sausnya hanya sekali pakai, karena takaran di bawah berlebih untuk pad thai ini)
  • 1/2 cup air asam jawa (1 sendok makan asam jawa dilarutkan dengan 1/2 cup air)
  • 1/3 cup kecap ikan
  • 1/2 cup gula palem (atau gunakan gula merah yang disisir)
  • 4 siung bawang putih halus
Bahan pelengkap :
  • tauge mentah
  • wortel mentah
  • kacang tanah sangrai, cincang
  • daun ketumbar (saya tidak pakai)
  • potongan jeruk nipis
  • sambal (saya tambahkan sendiri)

Cara membuat :
  1. Untuk saus, masak semua bahan saus sampai gula palem larut, dinginkan sejenak (jika ingin pedas bisa tambahkan cabai bubuk)
  2. Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum, masukkan potongan ayam, aduk rata dan masak hingga ayam berubah warna
  3. Singkirkan tumisan ayam ke tepi wajan atau teflon, tuangkan telur kocok, masak orak-arik hingga matang, kemudian baru campur dengan tumisan ayam, masukkan wortel, masak hingga lunak
  4. Masukkan sawi, masak sebentar lalu tambahkan mie beras, aduk rata, tambahkan 3-5 sendok makan saus, aduk rata
  5. Cicipi rasanya, tambahkan lagi saus jika dirasa kurang, aduk rata kembali, tambahkan daun bawang dan tauge, masak sebentar saja
  6. Angkat dan siap dihidangkan, sajikan dengan bahan pelengkap

Untuk membuat sambal :
  • 10 butir cabai rawit merah, haluskan kemudian campur dengan 2-3 sendok makan saus dan 2-3 sendok makan air, masak sebentar
resep pad thai
pad thai
Nah semoga resep pad thai ini bermanfaat ya..silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera ya...



NewerStories OlderStories Home

8 comments:

  1. yummy...sy suka liat mi beras ini di tukang beras, cuma gapernah beli bingung gimana masaknya dan blm tau apa orang rumah suka/ngga..makasihr esepnya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ini saya juga baru coba mba masak mie ini....dibuat pad thai enak juga ternyata, tapi ga tau ya mba apa semua orang suka, beda-beda sih ya... hanya kami di rumah suka sam pad thai...

      Delete
  2. Jadi pengen coba nih mba monic, keliatan yummy. lom pernah coba pad thai sama sekali..hehehe
    btw klo gak punya kecap ikan, bole pakai soy sauce aja gak?
    and ngomong2, makan nya di resto mana mba? lom pernah nemu resto thailand di batam >,<

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak lho ternyata pad thai ini...ayo coba buat deh mba Vika, kalau ga buat ya beli..he he he...
      boleh kali ya pakai soy sauce tapi rasa mungkin jadi berbeda sedikit....
      makannya di resto apa..lupa namanya...dan bukan resto thailand banget sih, hanya menu yang laris manis di sana itu ya menu2 khas thailand.
      restonya itu di mega mall dekat bakso lapangan tembak dan solaria gitu, dekat yang jual kripik2 gitu di lt 2, tempatnya sih ga begitu besar, moi..moi apa ya namanya..lupa...kalau tidak salah sih itu namanya..he he he..

      Delete
  3. Duuuhhj... illfeel liat toge mentah gituuu...
    Padahal suka bgt dg resep mie nya...


    *ngemut piring....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ga suka tauge mentah ga usah ditaroh di atas piringnya atuh...itu cuma pelengkap, khasnya begitu sih..ihh tapi enak tauge mentah kriuk2 gimana gitu...sama kayak karedok, semua sayurannya kriuk2 gimana gitu...kalau oyong mentah baru aneh..he he he..

      Delete
  4. aww...suka..suka..sukaaa..
    bookmarked!

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip...sip....nambah lagi bookmarked list nya...he he he...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.